Kalau ditanya bagaimana cara mencintai tanah air, tentu banyak cara yang bisa dilakukan ya Sobat. Mulai dari berkarya di berbagai bidang, mencintai produk dalam negeri, sampai mengharumkan bangsa kita di kancah internasional. Lantas jika anak bangsa tinggal di luar negeri apa masih bisa mencintai negeri ini?

Tentu saja bisa, seperti yang dilakukan oleh perempuan dari Suku Jawa di Dubai bernama Widya Fahmaani Sykorova. Meski bermil-mil jauhnya dari tanah air, perempuan ini telah berhasil mengenalkan bahasa Jawa di kancah internasional. Berikut ini kisah selengkapnya.

Sang announcer, perempuan asal Malang Jawa Timur

Berawal dari video pengumuman di bandara internasional, Dubai Uni Emirat Arab yang ternyata salah satunya berbahasa Jawa, Widya Fahmaani menjadi sosok yang paling dicari. Tentu hal ini merupakan hal istimewa, sebab di tanah air sendiri jarang atau mungkin belum ada pengumuman di bandara dengan menggunakan bahasa Jawa. Setelah ditelusuri, Widya sendiri merupakan warga Malang yang pernah mengenyam jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Surabaya.

Perjuangan sampai di posisi penutur bahasa Jawa di bandara Dubai

Widya [Sumber Gambar]
Perjalanan Widya menjadi penutur bahasa Jawa di bandara Dubai adalah saat ada rekruitmen data suara Amerika yang bercabang di Praha mencari announcer wanita berbahasa Jawa. Widya yang telah 13 tahun menetap di Praha pun mencoba mengikuti seleksi ketat. Mulai dari wawancara hingga mengirimkan contoh suara, proses tersebut memakan waktu sekitar 2 bulan. Tak disangka-sangka, Widya terpilih dari delapan orang pelamar dan berhak mendapat kontrak kerja selama empat tahun.

Alami masa sulit selama rekaman, Widya tetap semangat

Sebelum melakukan proses perekaman, Widya menjalani sesi latihan dengan arahan sound engineering. Perempuan dua anak ini diharuskan mengerti kode-kode linguistik. Selain itu, yang membuat proses rekaman tidak mudah adalah pengulangan kalimat yang sama berkali-kali. Terlebih yang harus direkam adalah pengumuman jadwal penerbangan pesawat mulai keberangkatan pukul 00.00 hingga 24.00 dengan interval per menit.

Widya [Sumber Gambar]
Tak cuma itu, perempuan ini harus menyampaikan pengumuman dengan suara optimis, ceria, dan jelas. Tentu sangat melelahkan dan membuatnya cukup stress. Tapi berpikir bahwa apa yang dilakukannya merupakan misi untuk negara, mengenalkan salah satu bahasa suku di Indonesia, kesulitan menjadi tak ada artinya bagi istri pria berkewarganegaraan Ceko tersebut.

Selalu mempromosikan sesuatu berbau Indonesia, termasuk kuliner

Widya S. [Sumber Gambar]
Selain bahasa Jawa, Widya juga turut aktif dalam promosi berbagai hal terkait Indonesia di tempatnya menetap, Ceko. Berbekal fasih berbahasa Ceko, Widya meluangkan waktu untuk mempromosikan kuliner tradisional Indonesia di festival petani di Praha. Tak hanya itu, ia juga aktif mengkampanyekan karya seni dan budaya dari tanah air.

BACA JUGA: Inilah 5 Alasan Banyak Orang Asing yang Fasih dan Cinta Mati dengan Bahasa Jawa

Membanggakan sekali ya Sahabat Boombastis. Meski telah puluhan tahun menetap di luar negeri, kecintaan Widya pada tanah air tetap diwujudkan dengan hal-hal konkret. Ya, semoga kiprahnya bisa menginspirasi kita semua ya.  Karena di manapun berada, kita tetap satu Indonesia.