Inilah 5 Alasan Banyak Orang Asing yang Fasih dan Cinta Mati dengan Bahasa Jawa

Orang asing saja cinta mati, orang Jawa tidak boleh kalah dong

oleh Arief Dian
10:00 AM on Jul 30, 2017

Akhir-akhir ini netizen dihebohkan dengan sebuah video viral orang Korea yang menggunakan logat medoknya dengan bahasa Jawa. Lebih hebatnya, orang Korea ini bahkan sampai menunjukkan betapa bangganya dirinya menggunakan bahasa daerah itu. Salut bukan main, orang Korea ini akhirnya mendapatkan pujian dari netizen.

Pria Korea itu hanya satu dari banyaknya orang asing yang bisa bahasa Jawa. Saking banyaknya sampai-sampai ada sekolah sendiri di luar negeri untuk mereka yang mau belajar bahasa daerah ini. Jadi kira-kira apa ya alasan mengapa sampai begitu banyak bule yang bisa menuturkan bahasa Jawa? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Bahasa Jawa sudah digunakan di beberapa negara

Siapa sangka kalau penutur Jawa tidak hanya di Indonesia saja. Ya, ternyata di luar negeri pun masih banyak penduduk negara asing yang menggunakan bahasa Jawa. Misalnya saja Suriname, Kaledonia Baru dan beberapa negara lainnya. Semua itu bisa terjadi mengingat pada masa penjajahan dulu banyak orang kita yang dikirim untuk bekerja di sana.

Bahasa Jawa [image source]
Karena tidak ingin kehilangan ciri khasnya, akhirnya orang Jawa itu tetap mempertahankan budaya hingga cucu dan anak mereka. Bukan hanya itu, faktor lain yang mempengaruhi banyaknya penutur Jawa adalah beberapa negara ternyata mengakui bahasa ini sebagai salah satu pembelajaran di sekolah. Misalnya saja di Australia atau Belanda, di sana ada kelas khusus bahasa Jawa. Bangga dong bahasa daerah kita bisa mendunia.

Kosakata bahasa Jawa itu banyak namun simpel

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa orang asing membuktikan kenapa bahasa Jawa ini lebih kaya kosakata ketimbang milik mereka. Tak hanya itu, bahasa Jawa juga dikenal simple namun penuh arti. Misalnya jika dalam bahasa asing perlu digunakan beberapa kata untuk menyebutkan sesuatu hal, di Jawa hanya butuh satu sampai dua kata.

Bahasa Jawa [image source]
Misalnya saja “Have something between your teeth”  memiliki padanan Seliliten. Mungkin akan sulit buat bule jika ingin menghafal banyaknya kosakata dalam bahasa Jawa, namun di sisi lain, mereka  bisa lebih meringkas penggunaan kata dengan bahasa daerah ini.

Orang Jawa ada di mana-mana

Tidak hanya di pulau Jawa, ternyata penutur bahasa ini pun tersebar di mana-mana. Baik di beberapa pulau di Indonesia hingga luar negeri. Itu bukan hal yang aneh mengingat pada era zaman Soeharto dulu digalakannya program transmigrasi. Jadi wajar jika bakal menemui orang  Jawa di pulau lain.

Alhasil saat menggunakan bahasa Jawa dirasa akan lebih mudah dan akrab bila berkomunikasi. Selain itu orang Jawa memang dikenal ramah dan sopan, jadi saat ada orang asing yang bisa menggunakannya bahasanya, mereka akan bangga dan pasti akan memberikan perlakuan lebih baik ketimbang biasa.

Budaya di Jawa yang menggiurkan

Tradisi dan budaya dari Jawa rupanya sangat dilirik oleh warga asing. Buktinya, gamelan, wayang, batik dan segala budaya Jawa lainnya rupanya menjadi trend di sana. Beberapa  universitas terkemuka di dunia sampai-sampai membuatkan sebuah kelas khusus untuk mempelajari budaya Jawa. Dengan mempelajari budaya Jawa otomatis mereka juga harus mempelajari bahasanya pula.

Budaya Jawa [image source]
Jadi jangan kaget kalau bakal banyak orang asing yang bisa bahasa Jawa walaupun masih terbata-bata. Tidak sampai di situ, bahkan kebanyakan orang asing itu sampai-sampai datang dan menetap di Jawa sendiri demi mempelajari secara langsung budayanya.

Banyak orang asing yang kerja atau menikah di Jawa

Faktor pekerjaan juga menjadi salah satu penyebab kenapa banyak orang asing yang bisa bahasa Jawa. Entah itu bisnis atau memang mencari peruntungan lain di negara orang, namun banyak orang asing yang kerja di pulau Jawa.

Menikah di Jawa [image source]
Mau tak mau mereka harus bisa menggunakan bahasa setempat. Begitu pula dengan yang menikah dengan orang Jawa, kudu wajib bisa, pasalnya orang Jawa sangat menghargai budayanya jadi ada nilai plus jika mereka mampu menguasai bahasa daerahnya itu.

Jadi itulah beberapa alasan mengapa banyak bule yang fasih menggunakan bahasa Jawa. Kita mesti malu dengan mereka, pasalnya para bule ini malah bangga jika bisa bahasa Jawa. Kita tidak boleh kalah dengan para bule ini, jangan malu menggunakan bahasa daerah karena orang asing saja cinta mati dengannya, masa kita nggak.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA