Baru-baru ini berita panas mengenai nasib miris para mahasiswa Indonesia di Taiwan dijadikan ‘buruh’ memenuhi kolom-kolom berita tanah air. Bahkan sejumlah radio yang pagi tadi didengarkan penulis juga memberitakan kasus ini. Seperti salah satunya adalah Delta FM, yang mengungkapkan kalau beberapa anak bangsa di negara Asia Timur itu disuruh kerja paksa.

Seperti dikutip Boombastis dari Kompas.com, kabarnya mahasiswa yang sebagian muslim itu juga ada yang dipaksa makan babi. Menurut laporan BBC salah satu Universitas yang dikabarkan menjalankan praktek tersebut adalah Universitas Hsing Wu, tempat kuliah yang ada di Distrik Linkou, New Taipei. Lalu seperti apakah salah satu Universitas tempat mahasiswa-mahasiswa tanah air menimba ilmu itu sebetulnya, simak ulasannya berikut ini.

Salah satu Universitas tua di wilayah Taiwan

Universitas Hsing Wu [Sumber Gambar]
Dari deretan perguruan tinggi yang ada di Taiwan, Universitas Hsing Wu bisa dikatakan menjadi salah kampus yang mempunyai umur yang tidak mudah. Sejak berdirinya bisa dihitung kalau tempat tersebut sudah berdiri puluhan tahun. Melansir laman Tempo.com, Hsing Wu sudah berdiri sejak tahun 1965. Bila melihat laman resminya perguruan tinggi sejak berdiri sudah ada delapan kali pergantian kepemimpinan. Saat Hsing Wu di kepala oleh Zhou Cande yang sudah memulai pekerjaan ini tahun 2015 lalu. Dahulunya pria satu ini juga memegang jabatan Departemen pendidikan.

Merupakan Universitas yang berperingkat ‘menarik’ di Taiwan atau Dunia

Hsing Wu [Sumber Gambar]
Sebagai salah satu Universitas swasta kerap menampung pelajar-pelajar asal Indonesia, Hsing Wu merupakan salah kampus yang mempunyai peringkat ‘menarik’, baik di lingkup perguruan tinggi Taiwan atau Dunia. Menurut penelusuran Boombastis.com yang dikutip dari Wab Rangking Universitas, ‘sekolahan’ yang terletak di Distrik Linkou, New Taipei ini menduduki peringkat 138 untuk wilayah lokal, sementara dunia berada pada 11389. Pastinya menjadi capaian lumayan untuk perguruan tinggi yang sudah berdiri puluhan tahun lalu itu. Jadi agaknya tidak salah bila ada pelajar asal tanah air belajar di sana. Kalau menurutmu bagaimana sobat Boombastis?

Universitas yang Mempunyai 5 unit akademik inti

Ilustarsi kuliah [Sumber Gambar]
Selain menawarkan peringkat yang ‘menarik’ tadi. Perguruan tinggi ini juga dibekali dengan beragam jurusan. Mulai dari bisnis, pariwisata, sampai desain mode serta digital. Namun, usut punya usut, seperti penelusuran yang dilakukan oleh Boombastis semua ragam jurusan itu dipilah dan masuk dalam empat unit akademik inti yakni Sekolah Administrasi Bisnis, Perguruan Tinggi Pariwisata, Sekolah Tinggi Seni Rupa, Sekolah Desain, dan Pusat Pendidikan Umum. , Layaknya Universitas lain di berbagai penjuru Indonesia, perguruan tinggi Hsing Wu juga dilengkapi beragam fasilitas mulai tempat olahraga sampai gedung-gedung mengembangkan mahasiswa.

Menampung lebih dari seratus orang Mahasiswa Indonesia

Mahasiswa Indonesia di Taiwan [Sumber Gambar]
Dari data yang dikumpulkan oleh Boombastis saat ini dikabarkan Universitas tersebut menampung ratusan mahasiswa asal tanah air. Menurut laporan BBC, kini di Hsing Wu ada 200-300 pelajar tanah air yang menimba ilmu di sana. Sementara itu, dilansir Boombastis dari Kompas.com Mahasiswa yang dikabarkan menjalani kerja paksa itu merupakan pelajar dari program kuliah-magang yang dibuat oleh Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI). Setelah kabar tadi kini program tersebut kabarnya diberhentikan sementara.

BACA JUGA: 4 perilaku Nyeleneh Para Bos di China Pada Pekerjanya, Ada yang Disuruh Minum Urine

Meski menjadi sebuah kabar yang mengejutkan, namun hingga berita ini dituliskan pihak Universitas menyangkal praktek kerja paksa tersebut. Selain itu pihak terkait Indonesia yang juga menangani kasus ini belum memberikan klarifikasi resminya. Besar harapan kalau memang Universitas Hsing Wu tidak melakukan hal-hal kotor itu.