in

Fakta Kehidupan Sungai Gangga yang Akan Membuatmu Bergidik

5. Usaha Membersihkan Sungai Gangga dari Polusi yang Gagal

Pemerintah setempat sebenarnya tidak tinggal diam melihat kondisi sungai Gangga yang menjadi pusat kehidupan banyak orang ini tercemar. Usaha membersihkan sungai Gangga pertama kali dilakukan pada tahun 1986 oleh Perdana Menteri Rajeev Gandhi. Program ini dinamakan Gangga Action Plan. Namun usaha ini gagal meski telah mengeluarkan uang hingga 9.017 juta Rupee sehingga pada tahun 2000, rencana ini ditarik kembali.

Membersihkan sungai dari sisa-sisa upacara keagamaan [Image Source]
Membersihkan sungai dari sisa-sisa upacara keagamaan [Image Source]
Kegagalan ini terjadi karena usaha ini banyak digunakan untuk agenda politis, bukan benar-benar untuk membersihkan sungai. Masyarakat yang tidak dilibatkan, kurangnya kontrol limbah manusia dan limbah industri juga menjadi salah satu penyebab gagalnya usaha ini.

Meski begitu, pemerintah dan beberapa aktivis India tidak menyerah, mereka terus berusaha untuk membuat sungai ini menjadi lebih bersih. Bahkan ada yang sampai melakukan protes mogok makan agar penambangan liar yang berkontribusi terhadap tercemarnya sungai Gangga ditutup. Nigamanand, nama pria yang melakukan mogok makan tersebut akhirnya meninggal, namun usahanya berhasil karena penambangan ilegal tersebut akhirnya ditutup dan dilarang dibuka.

Baca Juga : 7 Bukti Bahwa Indonesia Adalah Negara Paling Kaya di Zaman Dahulu

Kita tinggal di bumi ini bersama berbagai makhluk hidup lainnya. Melindungi alam dari kerusakan adalah tugas kita. Jadi jangan sampai keberadaan kita malah merusak lingkungan. Karena jika lingkungan mulai tercemar dan rusak, maka kehidupan manusia di bumi juga bisa terancam.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Versi Kisah Cinderella dari Berbagai Negara (Ada yang Seram!)

5 Misteri Terbesar yang Hingga Detik ini Belum Ditemukan Jawabannya