in

Fakta Kehidupan Sungai Gangga yang Akan Membuatmu Bergidik

2. Mayat yang Tidak Dikremasi Dihanyutkan di Sungai Gangga

Umat Hindu India memiliki ritual pembakaran mayat jika ada seseorang yang meninggal. Pembakaran mayat ini dilakukan di tepi sungai Gangga. Setelah upacara kremasi ini selesai, maka sisa-sisa abu dan tulang si mayat akan dibuang ke sungai ini. Tapi tidak hanya abu sisa kremasi saja, keluarga yang tidak mampu mengkremasi seseorang yang meninggal akhirnya hanya menghanyutkan mayat mereka begitu saja di sungai ini.

Mayat-mayat sering ditemukan di sungai Gangga [Image Source]
Mayat-mayat sering ditemukan di sungai Gangga [Image Source]
Sebagian umat Hindu India memang yakin bahwa jika jasad seseorang yang meninggal dihanyutkan di sungai ini, maka mereka akan terlahir kembali di tengah-tengah keluarga. Tidak hanya itu saja, karena sungai Gangga dianggap suci, maka menghanyutkan mayat juga dipercaya akan mensucikan jasa orang yang sudah meninggal tersebut. Akibatnya, pemandangan mayat-mayat di sekitar sungai adalah hal yang biasa di sini.

Meski begitu, kebiasaan ini mulai menimbulkan banyak kekhawatiran. Pasalnya yang dihanyutkan di sungai ini adalah setiap orang tanpa batasan. Bahkan mereka yang meninggal karena penyakit, digigit ular, keracunan, bunuh diri, semua dihanyutkan di sungai ini. Bisa dibayangkan betapa berbahaya dan tingginya tingkat racun di sungai ini karena banyaknya mayat yang dibiarkan membusuk begitu saja.

Sisa tengkorak di pinggir sungai gangga [Image Source]
Sisa tengkorak di pinggir sungai gangga [Image Source]
Mayat-mayat ini dibiarkan mengapung begitu saja, dan jika air sungai surut, terkadang mayat ini tersangkut di pinggir-pinggir sungai dan dibiarkan tergeletak di mana-mana. Pada Januari, lebih dari 100 mayat ditemukan tersangkut saat sungai surut sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Tidak jarang juga binatang liar seperti burung gagak dan anjing ikut memakan jasad yang dibiarkan di ruang terbuka ini.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Versi Kisah Cinderella dari Berbagai Negara (Ada yang Seram!)

5 Misteri Terbesar yang Hingga Detik ini Belum Ditemukan Jawabannya