in

Fakta Kehidupan Sungai Gangga yang Akan Membuatmu Bergidik

4. Sempat Menjadi Sungai Dengan Tingkat Polusi Urutan ke-5 Tertinggi di Dunia Pada Tahun 2007

Varanasi yang rutin membuat limbah kotoran manusia ke sungai Gangga membuat sungai ini memiliki kandungan bakteri faecal coliform yang sangat tinggi. Bakteri yang asalnya ada di usus besar ini biasa ditemukan dalam feses dan jika berada dalam jumlah yang besar, bisa menjadi indikasi adanya penyakit di sana.

Gangga yang penuh sampah dan polusi [Image Source]
Gangga yang penuh sampah dan polusi [Image Source]
Normalnya, air dianggap aman untuk mandi tidak boleh mengandung lebih dari 500 faecal coliform per 100 ml air. Tapi aliran pembuangan di Varnasi sudah mencapai 120 kali lipat lebih banyak, yaitu 60 ribu faecal coliform per 100 ml. Jika untuk mandi saja sudah berbahaya, apalagi untuk minum?

Setelah melewati Varanasi dan menerima 32 aliran pembuangan mentah dari kota, jumlah faecal coliform di sungai Gangga naik drastis dari 60 ribu menjadi 1,5 juta per 100 ml. Yang tertinggi bahkan pernah mencapai 100 juta faecal coliform per 100 ml. Karena itu, mandi dan minum di air sungai ini akan menimbulkan resiko yang tinggi terhadap infeksi.

Dengan banyaknya limbah manusia dan mayat-mayat yang dibiarkan hanyut di sungai, pada tahun 2007 sungai ini berada di urutan ke-5 dalam hal sungai paling tercemar di dunia. Polusi ini tidak hanya mengancam manusia yang tinggal di sekitar sungai Gangga, tapi juga semua makhluk hidup yang tinggal di sana. Bahkan 80 persen penyakit dan sepertiga kasus kematian yang ada di India dihubungkan dengan penyakit akibat air yang tercemar polusi.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Versi Kisah Cinderella dari Berbagai Negara (Ada yang Seram!)

5 Misteri Terbesar yang Hingga Detik ini Belum Ditemukan Jawabannya