Beberapa waktu lalu, sempat beredar sebuah berita mengejutkan yang viral karena telah banyak dibagikan di sosial media dan menyebar lewat aplikasi Whatsapp (WA). Isinya memperlihatkan sebuah bayi yang memiliki kondisi kulit tidak wajar dan sekilas mirip dengan alien.

Dalam narasi disebutkan, bayi tersebut memakan usus sang ibu yang mengandungnya dan kemudian disuntik sebanyak 17 kali sampai meninggal dunia. Belakangan, informasi tersebut ternyata keliru alias hoax belaka. Jika dilihat dari sisi ilmiah, kelainan yang ada pada bayi itu bernama Harlequin Ichthyosis. Selengkapnya, simak ulasan Boombastis.com berikut ini.

Penyakit kulit langka yang bisa diderita oleh bayi

Penyakit kulit seperti Harlequin Ichthyosis memang tergolong langka dan bukanlah hal yang biasa dijumpai. Rata-rata, para penderita merupakan bayi yang baru saja dilahirkan. Dilansir dari Tirto.id (06/12/2019), Harlequin Ichthyosis merupakan kelainan kulit genetik langka yang menyebabkan kulit mereka akan tampak kering.

Tak hanya kering, bayi yang menderita penyakit ini juga memiliki kulit yang sangat keras dan tebal hingga menutupi sebagian besar tubuhnya. Pada beberapa bagian, terlihat seperti persegi yang terpecah-pecah. Mirip seperti tanah yang mengalami kekeringan. Alhasil, kelopak mata, hidung, mulut, dan telinga akan terpengaruh dari penyakit yang ditimbulkan.

Sempat menghebohkan dan menjadi berita viral yang ternyata hoax belaka

Fenomena ini sejatinya merupakan hal yang bisa diteliti dalam dunia medis. Sayangnya, keberadaan para penderita Harlequin Ichthyosis kerap menjadi sasaran eksploitasi oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Seperti postingan berita bayi yang memakan usus ibunya yang viral beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Express.co.uk (23/01/2017), seorang bayi perempuan di India ditolak oleh sang ibu karena menderita penyakit aneh yang tak lain adalah Harlequin Ichthyosis. Meski informasinya benar, beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab kemudian membuat konten menyesatkan (missleading) dari fenomena tersebut, dengan menambahkan narasi yang tidak sesuai fakta.

Penyebab timbulnya Harlequin Ichthyosis

Ada penyebab khusus yang mengakibatkan bayi mengidap penyakit kulit Harlequin Ichthyosis. Dilansir dari Klikdokter.com, mutasi genetik-tepatnya mutasi pada gen ABCA12 pada kromosom 2, menjadi sebab dari timbulnya Harlequin Ichthyosis pada bayi. Padahal, gen ini berfungsi memproduksi protein yang penting untuk pembentukan sel kulit normal.

Ilustrasi bayi dengan penyakit kulit harlequin ichthyosis [sumber gambar]
Karena telah bermutasi, kulit yang tumbuh pun menjadi tidak normal. Dalam dunia medis, resiko kelahiran bayi dengan Harlequin Ichthyosis hanya berkisar 25 persen di setiap kehamilan. Beberapa ciri-ciri penderita penyakit kulit ini adalah mulut yang lebar dan menganga, mata yang menonjol, dan tidak memiliki hidung (aplasia).

BACA JUGA: Pityriasis Alba, Penyakit Kulit Mirip Panu yang Dipercaya Akibat Sengatan Matahari

Dalam dunia medis, penyakit kulit seperti Harlequin Ichthyosis memang bisa saja diidap oleh bayi yang baru dilahirkan. Sayangnya, segala keanehan yang ditimbulkan terkadang membuat sebagian orang dengan teganya melakukan pemelintiran dengan menambahkan narasi yang macam-macam. Salah satunya seperti bayi aneh pemakan usus yang ternyata hoax belaka.