in

Fakta Paus Sperma, Si Penyelam Terdalam Penghasil Muntahan Berharga sampai Miliaran

Ambergris salah satu harta karun di laut

Siapapun yang bisa menemukan ambergris, bisa auto tajir. Gimana tidak tajir, sebongkah ukuran kecil saja bisa bernilai fantastis. Sehingga ambergris ini bisa dibilang mirip seperti harta karun laut. Mengapa bisa sangat mahal? 

Ilustrasi ambergris [sumber gambar]
Rahasianya terletak pada zat kandungan pada ambergris yang diyakini memiliki banyak khasiat, seperti meningkatkan kekuatan, kejantanan, menyehatkan jantung, dan fungsi otak. Bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai bumbu pelengkap makanan dan minuman. Selain itu juga dapat mengatasi epilepsi, pilek, menghilangkan sakit kepala, dan berbagai penyakit lainnya.

Ambergris bisa untuk parfum

Siapa di sini yang sudah pernah mencoba aroma parfum Chanel No. 5? FYI, aroma pada parfum ini ternyata dibuat dari campuran kimia ambrein yang berasal dari ambergris. Makanya tidak heran jika ambergris sebagai komponen yang pas untuk aroma parfum dari hewani. 

Ilustrasi paus sperma [sumber gambar]
Zat pada ambergris memang diyakini memiliki efek yang mampu memperpanjang aroma pada produk parfum. Bongkahan ambergris yang telah lapuk juga mampu memberikan aroma manis, mirip seperti pinus, tembakau atau mulsa. Ambergris ini mirip seperti anggur, semakin tua semakin baik kualitasnya.

BACA JUGA: Gigi hiu hingga Muntahan Paus, Bagian Tubuh Hewan Ini Banyak Dicari karena Bernilai Tinggi

Jangan heran ya, jika paus sperma semakin langka. Penyebabnya karena hewan ini dahulu sering diburu untuk diambil cairan spermaceti-nya. Sepertinya aktivitas perburuan paus sperma pun masih ada hingga sekarang, meski tidak seperti dulu.

Written by Hendra Digital

Setelah Sempat Menanti 14 Tahun untuk Menikah, Ini 10 Potret Bahagia Raja dan Ratu Bhutan

4 Fakta Taliban, Kelompok yang Ambil Alih Kekuasaan Afghanistan hingga Bikin Kacau