Siapa yang nggak kenal Setya Novanto? Meski bukan selebriti, namun hampir semua masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan sosok yang akrab disapa ‘Papa’ ini. Wajar saja, wajah dan namanya selalu wira-wiri jadi pemberitaan media. Terlebih, netizen Indonesia juga kerap menggunakan wajah papa sebagai inspirasi karya. Mulai dari meme kepala bakpao sampai game tabrak tiang untuk android.

Kasus korupsi E-KTP yang menjerat Setya Novanto memang masih diusut hingga kini. Sewajarnya orang berduit, papa Setnov juga membayar beberapa pengacara. Dan Otto Hasibuan merupakan salah satu pengacara yang dipercaya papa. Namun, baru-baru ini berita kemunduran Otto Hasibuan juga mengejutkan masyarakat. Mengenai kemunduran Otto, disebut-sebut karena ketidakcocokan Otto dengan pengacara Setnov yang lain. Terlepas dari kemunduran Otto sebagai kuasa hukum Setnov, berikut ini adalah beberapa fakta tentang salah satu pengacara paling kondang di Indonesia.

Otto merupakan pengacara yang dulu membela Jessica Kumala Wongso

Otto dan Jessica [image source]
Sebelum viralnya kasus Papa Setnov, kita lebih dulu dibikin gregetan dengan alotnya persidangan Jessica Kumala Wongso atas kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin akibat kopi sianida. Meski berjalannya persidangan selalu berlangsung alot, nyatanya Otto Hasibuan terus setia mendampingi kliennya hingga persidangan berakhir. Memang, awalnya Otto dibuat ragu dengan keterangan kliennya. Ia bahkan mengaku dengan jujur di saat persidangan berlangsung, bahwa ia masih belum yakin dengan keterangan klien, meski begitu pada akhirnya ia terus berjuang hingga kasus Jessica benar-benar selesai.

Artikel Lainnya
4 Sosok Keturunan Indonesia yang Sukses Jadi Tentara di Negara Lain, Salah Satunya Anak Artis
Nostalgia 5 Aplikasi Chatting Populer Anak 90-an yang Sekarang Cuma Tinggal Baunya Saja

Merupakan pengacara yang nggak pernah setengah-setengah

Otto Hasibuan [image source]
Jika kamu salah satu saksi yang menyaksikan sidang Jessica yang alot di tahun 2016 silam, tentu kamu juga jadi salah satu saksi betapa Otto Hasibuan terus mati-matian membela Jessica. Saking pedulinya pada Jessica, Otto bahkan kerap membawa kasus tersebut pada tiap-tiap doanya. Ia mengharap campur tangan Tuhan pada kasus Mirna yang membuatnya ragu tersebut. Dari kasus Jessica, sudah bisa dipastikan bahwa Otto memang pengacara yang nggak setengah-setengah. Namun, keputusan kemundurannya jadi kuasa papa Setnov memang mengejutkan banyak pihak.

Merupakan Ketua Ikadin

Otto ketua Ikadin [image source]
Seperti kita ketahui, Otto memang salah seorang pengacara kondang yang jasanya dipakai orang-orang besar. Selain itu, ternyata Otto juga pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Pria kelahiran Pematang Siantar pada 5 Mei 1955 ini dipercaya sebagai ketua organisasi profesi advokat yang didirikan di Jakarta pada tanggal 10 November 1985 ini. Dan ia telah menjabat selama dua periode, antara 2002 sampai 2007 dan 2007 hingga 2012. Dan ternyata, ia kembali dipercaya menjabat sebagai ketua tahun 2013 hingga 2015 secara aklamasi.

Selalu dipercaya menangani kasus-kasus besar

Otto hasibuan [image source]
Nama Otto Hasibuan memang makin melambung setelah menjadi kuasa hukum bagi Jessica Kumala Wongso. Namun, selain kasus tersebut, ternyata masih ada lagi kasus besar yang ia tangani. Salah satunya adalah kasus suap yang menjerat Akil Mochtar. Diketahui jika Otto juga menangani kasus mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut. saat itu, Otto masuk barisan penasihat hukum Akil saat itu. Dalam kasus itu, Akil dihukum seumur hidup karena menerima suap gratifikasi terkait penanganan belasan sengketa pilkada di MK, dan juga tindak pencucian uang.

Itulah fakta Otto Hasibuan, pengacara papa Setnov yang memutuskan mundur dari bagian kasus tersebut. Apa pun keputusan Otto, semoga itu jadi keputusan yang paling tepat, bagi Otto dan juga bagi papa Setnov juga.