5 Fakta Ngeri Guillotine, Pisau Raksasa yang Dipakai Untuk Memenggal Kepala Para Penjahat

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 6, 2016

Hukuman mati mungkin masih jadi hal yang kontroversial hari ini. Namun, di masa lalu eksekusi cenderung merupakan sesuatu yang wajar. Bahkan kadang hukuman ini disaksikan oleh masyarakat luas. Berbicara soal metode eksekusi, orang-orang zaman dulu punya caranya sendiri untuk melakukan hal tersebut. Dan salah satu cara yang bisa dibilang paling terkenal adalah menggunakan pisau raksasa yang bernama Guillotine.

Disebut pisau raksasa lantaran ukuran belati Guillotine sendiri memang besar. Mekanismenya adalah ia ditarik dengan tali lalu kemudian dilepaskan. Guillotine yang berat akan menghujam ke bawah di mana di situ akan ada seorang terpidana mati yang terlentang. Guillotine sangat efektif sebagai metode eksekusi, namun pada akhirnya ia dimuseumkan lantaran dianggap sangat mengerikan.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Lebih jauh tentang pisau satu ini, berikut adalah fakta-fakta Guillotine yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

1. Digunakan Sebagai Metode Eksekusi Manusiawi

Perancis adalah negara pertama dan mungkin satu-satunya yang mengaplikasikan metode eksekusi dengan Guillotine. Ada alasan kenapa mereka memberlakukan ini dan hal tersebut bertujuan baik sebenarnya. Jadi, dipercaya jika eksekusi dengan Guillotine akan membuat si terpidana mati tidak perlu merasakan sakit yang terlalu lama. Diketahui, eksekusi menggunakan kapak dan pedang memang sering gagal. Entah karena tumpul atau mungkin sudut tebas yang tak pas.

Guillotine [Image Source]
Guillotine [Image Source]
Setelah Guillotine diciptakan, eksekusi pun berjalan sangat lancar. Ya, dijamin Guillotine akan langsung memenggal kepala seseorang tanpa pernah meleset atau gagal. Soal penciptaan Guillotine, alat ini ternyata didesain oleh seorang pria bernama Joseph Ignace Guillotin. Uniknya, pria ini sebenarnya tak pernah setuju dengan hukuman mati. Ironisnya, alat yang diciptakannya justru sudah memenggal puluhan ribu kepala.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA