Bisnis MLM yang kerap menjanjikan keuntungan berlipat dan barang-barang mewah, ternyata masih sukses membius banyak kalangan di Indonesia untuk ikut terjun di dalamnya. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh PT Amoeba International menjalankan bisnis di bidang tersebut. Setelah sekian lama berjalan, apa daya sang pemilik malah diciduk oleh pihak kepolisian.

Dilansir dari Radar Madiun, Direktur PT Amoeba International yang berafiliasi dengan PT Q-Net yang menjalankan bisnis dengan sistem money games itu, akhirnya ditangkap atas dugaan tipu daya dengan janji penghasilan jutaan. Jelas, skema bisnis dengan pola yang mirip ponzi itu sangat dilarang di Indonesia. Herannya, Karyadi malah bisa sukses hingga memiliki kekayaan yang berlimpah. Kok bisa sih?

Jalankan perusahaan MLM yang hingga membuatnya jadi miliarder

Sebagai direksi dari sebuah perusahaan yang bernama PT Amoeba International, Karyadi sukses mengumpulkan pundi-pundi kekayaan dari hasil kerja kerasnya tersebut. Diketahui, ia menjalankan bisnis dengan sistem piramida dengan cara merekrut member dan terus berjenjang hingga masing-masing anggota memiliki apa yang disebut sebagai ‘kaki’ di kanan dan kiri.

Pemilik rumah mewah yang kerap didatangi pejabat daerah

Dari hasilnya menjalankan bisnis tersebut, Karyadi sukses hingga berhasil membangun rumah megah bak istana di Desa Singgahan, Kecamatan Kebonsari, Madiun pada 2006 silam. Hal tersebut dilakukan oleh Karyadi setelah ia sukses menjalankan bisnis MLM tersebut dan telah menelan biaya sebesar Rp 3 miliar selama pembangunannya. Rumah bercat putih itu juga kerap digunakan untuk berkumpul dan acara presentasi anggota baru yang ikut di perusahaannya.

Kerap pamer kekayaan dan kesuksesan bisnis yang dijalankan

Sebagai seorang miliarder, ada yang kurang jika dirinya tak memamerkan segala pernak-pernik kesuksesannya. Mungkin, Sahabat Boombastis pernah melihat sekilas tayangan Karyadi yang bisa ditemukan di YouTube. Salah satunya adalah akun Amoeba Tube, di mana ada sosok Karyadi tengah memperkenalkan diri dan memamerkan kekayaannya dengan durasi selama 06:14 detik. Motor Harley Davidson, mobil Hummer, Toyota Alphard, Mazda RX-8, dan Fortuner, adalah barang-barang mewah yang tampil dalam video tersebut.

Dikenal sebagai sosok yang dermawan

Sosok Karyadi dalam tangkapan layar di YouTube [sumber gambar]

Kekayaan berlimpah yang dimiliki oleh Karyadi, tak lantas membuatnya lupa diri. Dituturkan Sekretaris Desa Singgahan yang bernama Joni Anwar, pria empat anak itu juga dikenal sebagai donatur berbagai kegiatan sosial, seperti acara 17 Agustus maupun kegiatan lainnya. Tak hanya itu, ia juga kerap menerima tamu dari kalangan pejabat dan orang-orang penting di kediamannya.

Diciduk aparat kepolisian karena terkait penipuan

Hingga pada akhirnya, pupus sudah jejak Karyadi sebagai pelaku bisnis MLM. Ia berhasil ditangkap oleh Tim Cobra Polres Lumajang dugaan penipuan berunsur money game yang dijalankan olehnya. Uniknya, bisnis Karyadi terbongkar setelah ada laporan anak hilang. Setelah dilakukan penelusuran, ternyata ia bergabung dengan usaha karyadi sebagai anggota atau member. Dikutip dari Radar Madiun, anak tersebut diwajibkan membayar Rp 10 juta. Sembari menjanjikan member baru dipekerjakan dengan upah Rp 3 juta sebulan.

BACA JUGA: Mengenal Ponzi, Bisnis Penipuan Berantai yang Sukses Embat Duit Triliunan di Indonesia

Memang, bisnis MLM yang menjamur di Indonesia kerap menjadi sasaran empuk bagi orang-orang tertentu untuk meraup keuntungan dengan cara yang salah. Meski tak semua pelaku bisnis tersebut menggunakan cara yang demikian. Dengan tertangkapnya Karyadi di atas, tentu kita bisa mengambil pelajaran penting dan waspada terhadap modus-modus pekerjaan dengan iming-iming hadiah yang tidak masuk akal. Btw, kamu pernah ikut bisnis di atas Sahabat Boombastis?