in

5 Fakta yang Belum Kamu Ketahui Soal Kapal Titanic

Sinyal SOS yang Diabaikan (C)bbc uk
Sinyal SOS yang Diabaikan (C)bbc uk

Titanic adalah salah satu kapal paling megah dan paling besar yang pernah dibangun manusia. Kapal tersebut demikian dibanggakan oleh penciptanya hingga dinamakan “Titanic” alias “Si Raksasa”. Namun sayang sekali, kapal yang mengangkut banyak bangsawan dan orang-orang penting tersebut mengalami kecelakaan dan karam di laut.

Kisah tentang kapal Titanic telah diangkat ke layar lebar dan menjadi salah satu film paling sukses yang pernah diciptakan manusia. Film ini laris di berbagai belahan dunia dan Leonardo DiCaprio sebagai pria ganteng yang diinginkan semua wanita kala itu. Namun, ada beberapa fakta tentang titanic yang sangat jarang diketahui oleh orang. Apa saja fakta misterius tersebut?

1. Memilih Kapten Kapal yang Salah

Kaptern Edward John Smith dipercaya untuk menjadi awak dari kapal megah itu. Kala itu, pria berumur 62 tahun tersebut akan menjalani pelayaran terakhirnya di Samudera Atlantis. Sama sekali tidak ada yang menyangka bahwa kapal yang dibangga-banggakan tersebut justru akan tenggelam di bawah kepemimpinannya.

Kapten Edward Smith (via Wikipedia)
Kapten Edward Smith (via Wikipedia)

Meski telah mengabdi menjadi kapten kapal selama 28 tahun di White Star Line, ternyata Edward tidak familiar dengan kapal berteknologi uap. Dia juga diduga tidak mempelajari teknologi baru meski telah berpuluh tahun menjadi kapten kapal. Itulah sebabnya dia menyuruh anak buah kapal untuk memasang 22 knot (kecepatan penuh dalam pengendalian kapal) padahal kapal telah memasuki area yang dipenuhi dengan gunung es. Seperti yang kita ketahui bersama gunung es tersebutlah yang akhirnya menenggalamkan si kapal raksasa.

Written by Centralismo

Leave a Reply

Lebih Bisa Mengenali Ancaman Bahaya

5 Bukti Bahwa Wanita Punya Kekuatan Super

Menginap di Hotel Transparan, Saat Privasimu Dilihat Semua Orang!