Menjadi wanita tidaklah mudah. Wanita sering kali dianggap sebagai makhluk lemah yang harus selalu tinggal di rumah dan tidak perlu menuntut ilmu tinggi-tinggi. Namun, seiring perkembangan zaman, persamaan hak antara wanita dan priapun bisa diterima.

Tapi itu tidak serta-merta membuat wanita dan laki-laki menjadi makhluk yang sama. Tentu ada hal-hal unik dari wanita yang tidak dimiliki pria dan sebaliknya. Berikut ini adalah beberapa kekuatan super yang dimiliki oleh wanita beserta bukti ilmiah dari penelitian yang dilakukan mengenai hal tersebut.

1. Wanita Bisa Mendeteksi Tukang Selingkuh Hanya Lewat Foto

Selain memiliki intuisi yang kuat, wanita sering dinilai sebagai makhluk yang sensitif terhadap sebuah hal tersirat. Hal ini ternyata bukan mitos belaka. Sekumpulan ilmuwan di sebuah universitas di Australia mengumpulkan 34 wanita dan menyodorkan foto beberapa pria kepada mereka. Para wanita tersebut diminta untuk menilai, hanya dengan melihat foto, pria mana yang tidak setia pada pasangannya.

Artikel Lainnya
70 Tahun Berada dalam Konflik, Ini Momen Bersejarah Saat Korea Mengusung Bendera Persatuan
Heboh Jokowi Freestyle Naik Moge, Inilah Fakta Stuntman yang Asyik Sekaligus Uji Nyali
Wanita Bisa Mendeteksi Tukang Selingkuh Hanya Lewat Foto
Wanita Bisa Mendeteksi Tukang Selingkuh Hanya Lewat Foto (sumber : gersik.com )

Sangat menakjubkan, 66 persen dari 34 wanita bisa mengetahui pria tipe peselingkuh dan tipe setia hanya dengan melihat foto. Sementara, ketika penelitian yang sama dilakukan pada pria, mereka cenderung salah dengan tingkat kegagalan 77 persen. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa para wanita bisa membedakan pria-pria yang cenderung tidak setia hanya dari penampilannya. Tapi, meski begitu, kenapa masih banyak wanita yang tertipu dengan para tukang selingkuh, ya? Jawabannya, karena ketika jatuh cinta wanita jarang mendengarkan intuisinya sendiri sehingga sering tertipu. Dia tahu pria itu tukang selingkuh, namun pura-pura “berpositif thinking”.

2. Punya Sistem Imun yang Lebih Kuat

Menurut para ilmuwan dari Ghent University, kromosom X ekstra membuat wanita memiliki microRNA, yang membuat sistem imun wanita menjadi lebih kuat. MicroRNA juga berfungsi sebagai pencegah kanker. Ini membuat wanita lebih kuat menahan virus dan bakteri dibanding pria.

memiliki sistem imun tubuh yang lebih kuat (C)ign
memiliki sistem imun tubuh yang lebih kuat ( sumber : st283911.sitekno.com )

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Katsuiku Hirokawa juga menyatakan bahwa sistem imun wanita bertahan lebih lama. Hirokawa menduga inilah penyebab wanita biasanya hidup lebih panjang dari laki-laki. Sementara level testosteron pada laki-laki justru bisa melemahkan sistem pertahanan tubuh.

3. Multitasking

Hal ini sudah diketahui secara luas. Wanita adalah makhluk yang paling jago melakukan beberapa hal sekaligus dalam waktu yang sama. Daya konsentrasi wanita bisa terbagi untuk beberapa pekerjaan sekaligus, sementara pria cenderung fokus pada satu hal hingga selesai.

Woman Multitasking and Overworked
Woman Multitasking and Overworked (sumber : kaskus.co.id )

Kita telah menyaksikan buktinya sehari-hari. Seorang ibu bisa memasak dua jenis hidangan dalam waktu yang bersamaan dengan dua kompor berbeda. Selain itu, wanita juga jago dalam berdandan sambil mengobrol di telepon. Atau yang paling sering kita lihat; mengobrol sambil memegang gadget dan chatting dengan lawan bicara lainnya.

4. Lebih Bisa Mengenali Ancaman Bahaya

Sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2012 menyatakan bahwa wanita lebih peka terhadap bahaya. Penelitian tersebut dilakukan oleh Nobuo Masataka dan Mashahiro Nabasaki dari Kyoto University. Mereka mengetes kemampuan 60 wanita dalam mengenali bahaya dengan cara menunjukkan sejumlah foto dimana terdapat gambar ular yang tersembunyi. ternyata para wanita sangat cepat mengetahui dimana posisi ular dalam foto tersebut.

Lebih Bisa Mengenali Ancaman Bahaya
Lebih Bisa Mengenali Ancaman Bahaya ( sumber : datingcoachsatrian.wotrdpress.com )

Uniknya lagi, kemampuan wanita untuk mengenali ancaman bahaya jadi lebih kuat ketika mereka sedang dalam gejala menstruasi. Memang, ketika sedang menstruasi, wanita menjadi lebih perasa. Mungkin itu juga sebabnya wanita menjadi gampang sedih, tersinggung dan marah ketika sedang menstruasi.

5. Senang Membantu dalam Kondisi Apapun

Dalam sebuah penelitian yang dirilis tahun 2014 di Psychoneuroendocrinology membuktikan bahwa wanita menjadi lebih perasa ketika mereka sedang stress. Dalam penelitan tersebut disimpulkan bahwa meski mereka sedang dalam keadaan tertekan, wanita tetap akan membantu orang di sekitarnya yang kesusahan. Sementara pria biasanya cenderung untuk menyelesaikan stres mereka sendiri, lalu menolong orang lain.

Senang Membantu dalam Kondisi Apapun
Senang Membantu dalam Kondisi Apapun ( sumber : kaskus.co.id )

Inilah sebabnya wanita adalah tempat terbaik untuk berbagi dan bercerita. Mereka biasanya akan lebih bisa mengerti perasaan orang lain, meski tidak mengalami situasi yang sama. Sepertinya, ini juga yang membuat wanita senang mengadakan sesi curhat.

Itulah tadi beberapa keahlian alamiah yang dimiliki para wanita. Meski ada beberapa keuntungan, namun, sifat wanita yang terlalu perasa terkadang juga menimbulkan kerugian. Pintar mengendalikan diri adalah hal yang harus dilakukan wanita agar semuanya menjadi seimbang.

Bagaimana menurut anda? Apakah kekuatan super wanita yang tidak dimiliki para pria? (HLH)