Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang rawan terjadi gempa. Seperti yang terjadi beberapa hari lalu yaitu di Palu dan sekitarnya. Gempa dengan magnitudo sebesar 7,4 SR tersebut telah menelan banyak korban sebanyak 834 orang. Diyakini banyak korban yang berjatuhan lantaran BMKG terlalu cepat mencabut peringatan potensi tsunami.

Nah, berbicara tentang gempa di Indonesia, ada satu wilayah yang disebut-sebut aman dari bencana tersebut. Adalah pulau yang bersebelahan dengan Sulawesi yakni Kalimantan. Memang sih pada beberapa bulan lalu, ada gempa yang mengguncang daerah Katingan, Kalimantan Tengah. Namun Kepala BMKG Barito Utara, Juli Budi Kisworo menyebutkan jika gempa di Kalimantan Tengah tersebut dalam skala instensitas (III-IV MMI) alias masih dalam kategori aman. Jadi, kalau sudah begitu, apa Kalimantan masih bisa disebut aman dari guncangan gempa?

Tak aman karena pernah terjadi beberapa kali gempa

Pernah terjadi gempa beberapa kali [Sumber Gambar]
Jika dilihat dari laman geomagz.geologi.esdm.go.id, Kalimantan tak sepenuhnya aman dari gempa lho Sahabat Boombastis. Selain gempa yang telah terjadi di Kalimantan Tengah tadi, bencana ini juga sempat menyambangi Borneo pada tahun 2015 di wilayah Ranau dengan kekuatan 5.7 SR. Lalu, disebutkan lagi jika Kalimantan masih berisiko diguncang gempa lantaran adanya endapan batuan lunak di morfologi dataran pulau tersebut.

Adanya beberapa sesar berkumpul di wilayah Kalimantan

Adanya beberapa sesar [Sumber Gambar]
Sementara itu, Daryono selaku Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG juga berpendapat jika Kalimantan tak sepenuhnya aman dari bencana tersebut. Ia menjelaskan gempa bumi tetap bisa terjadi pada pulau terbesar di Indonesia ini karena terdapat banyak sesar di wilayah tersebut. Contohnya saja seperti Sesar Sangkulirang, Maratua dan juga Mangkulihat. Sesar sendiri merupakan zona rekahan pada lapisan batuan bumi yang terjadi akibat gaya lempeng tektonik. Nah, sesar yang dapat bergeser sewaktu-waktu bisa mengakibatkan terjadinya gempa Sahabat Boombastis.

Terdapat patahan di wilayah laut sebelah timur

Patahan di zona laut sebelah timur [Sumber Gambar]
Ketidakamanan Kalimantan terhadap gempa juga diungkapkan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak yaitu Sutikno. Menurutnya, gempa lebih banyak terjadi di derah Kalimantan Utara dan Timur. Hal ini disebabkan kedua wilayah tersebut dilewati jalur gempa. Terdapat patahan dari struktur lempeng bumi di wilayah laut sebelah timur, yakni di dekat Pulau Sulawesi. Sehingga tiga provinsi lainnya seperti Kalimantan Tengah. Barat dan Selatan bisa dikategorikan daerah yang aman dari guncangan gempa.

Ternyata, anggapan kalau Kalimantan aman dari guncangan gempa itu tidak sepenuhnya benar Sahabat Boombastis. Dilihat dari pendapat para ahli di atas, jika Kalimantan pernah menghadapi gempa beberapa kali. Kemudian, terdapat beberapa sesar di wilayah Kalimantan yang dapat bergerak aktif kapan saja. Selain itu, menurut ahli geologi dan kebencanaan Universitas Gadjah Mada yaitu Wahyu Wilopo, mengatakan jika suatu daerah pernah mengalami gempa, maka suatu saat bencana tersebut bisa datang kapan saja. Sehingga, kita simpulkan kalau Kalimantan tidak sepenuhnya bebas dari potensi terjadi gempa walaupun dalam skala kecil sekalipun.