Guncangan gempa yang menerjang Donggala, Palu dan sekitarnya masih terus berlanjut. Hingga berita ini ditulis, ada ribuan nyawa yang telah melayang, ribuan orang kehilangan tempat tinggal, serta suasana kota yang porak poranda karena tersapu bencana.

Dari kejadian tsunami dan gempa yang masih terus berlanjut, ada beberapa kejadian yang menjadi pusat perhatian dan mendapat sorotan dari warga Indonesia dan media tanah air. Kejadian ini ada yang membuat pilu, ada juga yang membuat kita kembali mengingat betapa kuatnya Sang Maha Kuasa. Inilah serangkaian hal yang yang terjadi selama gempa Donggala.

Sosok heroik yang selamatnya banyak nyawa penumpang pesawat

Anthonius Gunawan Agung yang heroik [Sumber gambar]
Salah satu sosok yang paling banyak dibahas adalah Anthonius Gunawan Agung, petugas bandara yang meninggal akibat melompat dari gedung setelah mengarahkan pesawat Batik Air yang akan lepas landas menuju Makassar. Pria 22 tahun ini layak disebut pahlawan, karena memilih bertanggung jawab atas tugasnya dan selamatkan banyak nyawa penumpang pesawat. Mungkin, jika Anthonius tidak bertindak dan mengizinkan pesawat take off, semua crew dan orang yang ada di dalamnya bisa saja ikut menjadi korban. Ya, dia adalah real hero, korbankan nyawa demi selamatkan banyak orang.

Penjarahan minimarket, SPBU serta mesin ATM

Penjarahan supermarket dan SPBU Palu [Sumber gambar]
Bencana yang mengguncang Palu tentu membuat semua masyarakat kalang kabut, tak ada makanan yang bisa dimakan, bahan bakar juga susah didapatkan. Alhasil, mereka menjarah minimarket dan SPBU untuk bisa bertahan hidup. Namun, tak sampai di sana, bencana yang menimpa ini sayangnya juga dimanfaatkan oleh orang yang ingin berbuat kejahatan. Melansir merdeka.com, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, setidaknya ada sekitar lima kali percobaan penjarahan uang di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Kota Palu. Beruntung upaya tersebut dapat dicegah aparat kepolisian. Kok sempat aja ya?

Korban gempa melahirkan bayi kembar tiga

Bayi kembar tiga [Sumber gambar]
Di tengah bencana yang terus berlanjut, ternyata ada kabar bahagia yang datang dari korban gempa Palu. Tiga bayi kembar –dua perempuan dan satu laki-laki, lahir dari pasangan Atina (31) dan Zainal Abidin (37). Melansir Suara.com, menurut Zainal, ia terpaksa membawa istrinya yang hamil tua keluar Sulteng lantaran rumah mereka di Kabupaten Sigi, tak lagi aman. Atina melahirkan ketiga anaknya melalui operasi caesar di RSUD Daya Makassar. Hingga sekarang Atina masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Masjid terapung yang terendam air

Masjid sebelum dan sesudah gempa [Sumber gambar]
Masjid Arwam Bab Al Rahman atau lebih dikenal dengan masjid terapung adalah ikon kota Palu yang dibangun pada tahun 2011. Masjid ini berlokasi di dekat Pantai Talise, lokasi penemuan korban tsunami Palu terbanyak. Walaupun begitu, saat tsunami menerjang dan jatuh banyak korban jiwa, masjid ini tetap berdiri. Hanya saja, separuhnya kini terendam oleh air. Begitulah kuasa Tuhan, ada banyak sekali kejadian mengenai rumah ibadah yang masih kokoh walaupun diterjang bencana besar. Subhanallah memang!

Siswa yang selamat meski terendam selama 2 hari

Korban selamat dari gempa [Sumber gambar]
Keajaiban selamat dari maut dialami oleh Nurul, seorang gadis SMA korban bencana gempa dan tsunami asal kota Palu. Melansir beberapa sumber, Nurul ditemukan masih hidup saat terjebak di dalam kubangan air di Kompleks Perumnas Bala Roa, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Kubangan air tersebut berasal dari PDAM yang mengalami kebocoran. Nurul ditemukan berdampingan dengan jamaah ibunya yang sudah meninggal. Nurul ditemukan oleh Basarnas dalam kondisi letih dan lemah, ya jelas saja karena dua hari tak ada yang dimakan dan diminum Sahabat.

Ribuan narapidana yang kabur dari rumah tahanan

Kehancuran gempa palu [Sumber gambar]
Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo membuat bangunan rusak parah dan runtuh, termasuk juga Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Kelas II A Palu. Karena hal tersebutlah, ada ribuan narapidana yang kabur dan menyelamatkan diri. Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami mengungkapkan bahwa ada 1.425 napi dan tahanan yang lolos. Terkait hal ini, pemerintah mengatakan bahwa untuk saat ini fokus masalah lebih kepada memberi bantuan dan sumbangan untuk para korban –termasuk juga di dalamnya para tahanan. Masalah ini mungkin akan ditindaklanjuti setelah korban tertangani.

Ya, 6 kejadian di atas cukup menyita perhatian media. Hingga sekarang, BMKG masih terus memberitakan adanya gempa, tak hanya di Palu, Sumba juga mengalami guncangan. Untuk Indonesia dan untuk semua saudara kita, mari kita kirimkan doa semoga keadaan segera membaik. Semoga negeri kita tercinta ini diberi keamanan dan bisa menanggulangi setiap bencana yang datang.