in

Fakta Android Oreo, Sistem Operasi Terbaru Keluaran Google dengan 7 Fitur Super Canggih

Momen gerhana matahari agaknya dimanfaatkan dengan baik oleh raksasa teknologi Google. Berbarengan dengan momen langka itu Google mengumumkan peluncuran operating system (OS)  yang disebut Android Oreo 8.0. Nama unik mengusung brand makanan populer bukan pertama kalinya dilakukan Google. Sebab sebelumnya telah ada OS yang disebut dengan Android 4.4 KitKat.

Pengumuman nama unik Android Oreo di lakukan di pabrik Nabisco, tempat Oreo pertama ditemukan. Dalam acara tersebut, pihak Google mempertontonkan berbagai fitur canggih yang mendukung Android Oreo. Saat ini, sebagian fitur OS tersebut dalam tahapan developer preview. Dan dipastikan, tahun ini semua jajaran perangkat Android bisa melakukan pembaruan ke Android Oreo. Seperti apa fitur-fitur unggulan versi terbaru Android tersebut? Berikut ini uraiannya.

Fitur Background Limits Memungkinkan Baterai Lebih Tahan Lama

ilustrasi baterai tahan lama [image: source]
Android Oreo memiliki fungsi khusus mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang berjalan pada background (latar belakang) namun tak berpengaruh pada apa yang sedang dilakukan pengguna. Maka proses apapun pada background, fitur Android otomatis mengubahnya ke cara kerja paling efisien. Hal ini membuat daya tahan baterai handphonemu lebih hemat dari sebelumnya.

Autofill API, Memungkinkan Penggunan Login Pada Aplikasi Tertentu

Fitur Autofill [image: source]
Umumnya, beberapa orang kerap kali lupa pada sandi atau password aplikasi yang mereka pakai. Hal ini kemudian diatasi dengan manager password yang terdapat pada versi Android sebelumnya. Sayangnya, beberapa cela membuat pemakaian manager password membuat pengguna tidak nyaman. Dengan kehadiran Android Oreo, pengguna disuguhi autofill yang mempermudah proses login. Memilih autofill pada pengaturan bahasa dan input akan menjadikan proses login lebih mudah kapan pun dibutuhkan. Selain itu, sistem tersebut dapat memverifikasi pemindai sidik jari yang aman.

Mode Picture in Picture

Ilustrasi PiP [image: source]
Android 8.0 memilii keunggulan multitasking yang cukup mempuni. Hal ini memungkinkan penggunanya bisa nonton video sembari melakukan aktivitas lain dengan perangkat yang sedang mereka pakai.  Dulu, perangkat yang didukung fitur ini hanya Android TV. Tapi kini, semua aplikasi yang mendukung video PiP seperti Chrome, Youtube, dan VLC sudah bisa menggunakannya.

Notification Dots

Notifikasi [image: source]
Fitur Notification Dots memungkinkan aplikasi untuk memunculkan titik kecil pada notifikasi yang belum dibaca. Hebatnya, kita tinggal menyentuh dan menahan titik ini, maka otomatis quick preview seperti speech bubbles akan muncul. Hebat bukan?

Android Install App

Ilustrasi [image: source]
Kecanggihan lain yang ditawarkan si manis Android Orea adalah penggunaan aplikasi tanpa perlu melakukan instalasi. Artinya, pengguna langsung bisa menggunakan aplikasi baru dari browser. Tentu hal ini efisien ketimbang harus terlebih dahulu mendownload dan menunggu proses instalasinya

Smart Text Selection

Smart Text Selection [image: source]
Fitur ini membuat proses copy paste lebih simple dengan mengaplikasikan on device machine learning. Contoh simple saat kita butuh melihat tulisan alamat dan ingin menyalinnya. Kalau dulu langkah yang harus dilakukan adalah memblok kata per kata, kini tak perlu lagi melakukan hal itu. Sebab Android Orea memungkinkan Google untuk mengenali frasa dan konteks tulisan dan otomatis memblok kata per kata tersebut sendiri. Fitur ini juga mampu menyarankan peta pada alamat, serta menyarankan akses call  saat melihat deretan nomor telepon.

Google Play Protect Dan Segudang Emoji Baru Kekinian

Google Play Protect [image: source]
Fitur Google Play Protect bertugas mengamankan perangkat dari aplikasi yang tidak sesuai. Caranya dengan memindai aplikasi-aplikasi yang ada. Selain itu, Android Oreo akan memberikan pengalaman chatting yang seru dengan adanya berbagai emoji baru.

Tak hanya memiliki nama menarik, Android Oreo juga memuat berbagai fitur andalan yang sayang untuk dilewatkan. Kemudahan-kemudahan dalam memakai gadget pun akan semakin memanjakan pengguna. Jadi, kamu siap memakai OS terbaru Android Oreo 8.0?

 

 

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Seperti Inilah Foto Masa Muda 5 Pemain Film Dewasa Sebelum Terkenal, Dijamin Bikin Melongo

10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita