in

Facebook Inc. Resmi Ganti Nama Jadi Meta, Masih Bisa Main Facebook dan Medsos Lain?

Ada yang ganti nama, nih. Bukan orang, melainkan platform media sosial yang digunakan oleh miliaran orang, yaitu Facebook. Ya, jejaring sosial yang biasa dipakai untuk berbagi apa saja bareng orang lain itu, resmi memiliki nama baru, yaitu Meta.

Meta merupakan induk perusahaan dari semua media sosial yang dinaungi CEO Mark Zuckerberg. Sebagai catatan, pria yang pernah ikut Pak Jokowi blusukan ke Pasar Tanah Abang itu, memegang Facebook, WhatsApp, Instagram, dan banyak lagi lainnya. Berikut adalah fakta tentang Meta, induk semang dari perusahaan media sosial terbesar di dunia.

Perubahan nama menjadi Meta, diumumkan dalam konferensi tahunan Connect

Mark Zuckerberg umumkan perubahan nama perusahaannya. [sumber gambar]
Jumat (29/10) dini hari, atau Kamis (28/10) waktu Amerika Serikat, CEO Mark Zuckerberg secara resmi mengumumkan perubahan nama grup perusahaannya. Identitas baru tersebut adalah Meta, yang menaungi media sosial dan perusahaan-perusahaan yang sebelumnya di bawah Facebook Inc. Pria yang akrab disapa Zuck itu, mengambil momen konferensi tahunan Connect untuk pengumuman tersebut.

Ada makna dan tujuan besar di balik nama Meta

Ada makna di balik Meta. [sumber gambar]
Perubahan nama menjadi Meta, tak secara sembarangan dilakukan oleh Zuckerberg. Ia mengatakan, terselip tujuan besar yang saat ini sedang dibangun perusahaannya. Sebagai catatan, Zuck punya impian untuk menggabungkan dunia nyata dengan virtual lewat istilah “Metaverse.” Perubahan nama ini, tampaknya juga merupakan strategi untuk semakin memperkenalkan Metaverse kepada masyarakat.

Apakah media sosial Facebook akan berganti nama juga?

Facebook Inc. berubah nama menjadi Meta. [sumber gambar]
Untungnya, pengguna medsos bikinan Zuckerberg nggak perlu ikutan heboh dengan Metaverse ini. Perubahan nama Facebook Inc. menjadi Meta, tidak akan memberikan nama baru bagi aplikasi-aplikasi jejaring sosial lainnya. Facebook akan tetap memiliki namanya yang legendaris. Begitu juga dengan Instagram, WhatsApp, dan lain-lain tak akan ikut-ikutan berubah nama, setidaknya untuk saat ini.

Adakah imbas dari perubahan nama Facebook Inc. ke Meta?

Tak banyak yang berubah ketika Facebook Inc. berganti jadi Meta. [sumber gambar]
Seperti dijelaskan di atas, bahwa perubahan nama Facebook Inc. menjadi Meta tidak memberikan dampak besar bagi semua media sosial yang ada di bawah naungannya. Hanya ada perubahan kecil pada kode saham yang dipasarkan. Bila sebelumnya saham Facebook Inc. di bursa dinamai dengan “FB,” bersamaan dengan perubahan nama menjadi Meta, kode sahamnya juga akan berganti menjadi MVRS per 1 Desember nanti.

Mark Zuckerberg janjikan perubahan untuk kemudahan ekonomi kreatif

Mark Zuckerberg menjanjikan perubahan ekonomi internet. [sumber gambar]
Lewat surat terbukanya, Zuckerberg menjelaskan bahwa ia berharap Meta nantinya bisa menjadi ekosistem digital berbiaya rendah. Menurutnya, ekonomi internet saat ini dihambat oleh biaya tinggi dan kurangnya variasi pilihan bagi konsumen. Impiannya adalah mengajak banyak orang untuk berjalan bersamanya, menciptakan ekosistem digital tersebut. Semakin banyak orang semakin baik karena akan membuat biaya semakin murah. Bila miliaran orang menyukai layanannya, ratusan juga bisnis juga akan mengandalkan Metaverse.

BACA JUGA: Menilik Keberadaan Facebook yang Diramalkan Bakal Jadi ‘Kuburan Massal’ di Masa Depan

Ujung-ujungnya duit? Tidak juga, mengingat di era yang serba digital, impian Mark Zuckerberg itu nantinya akan semakin memudahkan banyak orang. Namun layak ditunggu, gebrakan-gebrakan seperti apa yang nantinya akan dibawa oleh Zuck ke dalam Metaverse.

Written by Bayu Yulianto

Viral Rumah Lapis Emas di Sumsel, Mulai dari Dinding sampai Semua Perabotan Serba Emas

Jimmy Harijanto, Pemilik Situs Klenik Primbon yang Eksis dari Tahun 2000-an sampai Sekarang