in

Dukungan RMK Energy Terhadap Kemandirian Ekonomi Masyarakat Melalui Pertanian di Selat Punai

Penyerahan alat pertanian oleh RMK Energy

Di tengah kelangkaan dan kenaikan harga beberapa bahan pokok belakangan ini, penting bagi kita untuk menaruh perhatian lebih pada sektor pertanian. Belum lagi saat ini Indonesia dan berbagai negara di belahan dunia lain tengah dilanda El Nino yang sedikit banyak berdampak pada hasil pertanian.

Berbagai upaya dilakukan untuk terus mendukung para petani khususnya di Indonesia, seperti salah satunya dilakukan oleh PT RMK Energy Tbk (RMKE). Perusahaan energi ini beberapa waktu lalu membuat sebuah program di daerah Palembang, tepatnya di RT 025 RW 026 Selat Punai Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus. Program yang dimaksud adalah pemberdayaan petani dengan tujuan utama agar warga bisa lebih mudah dan cepat mengelola sawah mereka yang selama ini menggunakan sistem tadah hujan.

RMK Energy dukung peningkatan produktivitas panen warga

penyerahan traktor oleh RMK Energy
Sumber gambar

Program pemberdayaan yang dilakukan RMK Energy sendiri beragam. Misalnya adalah dengan penyerahan beberapa peralatan pertanian termasuk dua unit mesin traktor. Pemberian alat ini adalah langkah riil dan manfaatnya langsung bisa dirasakan warga. Untuk area yang di-cover cukup luas yakni sekitar 178,5 hektar yang digarap oleh kurang lebih 80 petani. Dengan penyerahan peralatan ini harapannya adalah bisa meningkatnya produktivitas padi yang sebelumnya mencapai 5,3 ton per Ha menjadi 6 ton per Ha.

Terkait penyerahan alat bantuan ini, warga pun menyambutnya dengan suka cita. “Bantuan mesin traktor ini tentu akan sangat berguna bagi masyarakat, kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan perusahaan, dan kami menunggu program selanjutnya,” ungkap Lili salah satu warga RT 025 yang merangkap Ketua Kelompok Tani Suka Maju 2.

Dalam momen penyerahan ini juga hadir beberapa tokoh yakni Tim PPL Gandus, Ketua RW 04, Ketua RT 025, serta Ketua dan Pembina Iksowdus (Ikatan Solidaritas Warga Gandus). Tak hanya berbaur mengikuti acara, salah satu tokoh juga menyampaikan uneg-uneg bahwa selain padi masyarakat sekitar juga membudidayakan berbagai jenis tanaman mulai dari cabai, terung, dan sayuran lain. Sayangnya kondisi yang belum turun hujan membuat penanaman berbagai jenis tanaman tersebut tidak maksimal. Harapannya dengan adanya bantuan dari RMK Energy ini potensinya bisa lebih dioptimalkan.

Bantuan berkesinambungan RMK Energy untuk atasi El Nino

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dampak El Nino begitu terasa di berbagai sektor khususnya pertanian. Memang benar ada sebagian yang mampu memanfaatkan situasi ini, namun secara umum produksi komoditas pangan mengalami penurunan.

Gelaran kegiatan berupa pendampingan dan penyerahan alat seperti upaya yang dilakukan RMK Energy adalah salah satu cara untuk mengatasi situasi tidak menentu seperti sekarang. RMKE sendiri mengatakan bahwa program ini adalah untuk jangka panjang dengan tujuan akhir yaitu kemandirian dari para petani.

“Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk mendukung kemandirian ekonomi di wilayah operasional RMKE, tentunya ini akan dilakukan secara konsisten sehingga dapat memberikan manfaat langsung dan berkelanjutan kepada masyarakat sekitar, sehingga ke depannya masyarakat dapat lebih mandiri secara ekonomi,” ungkap Direktur Operasional RMKE, William Saputra.

BACA JUGA: Kisah Hidup Preman Insyaf yang Dulunya Serabutan, Kini Jadi Juragan dari Hasil Pertanian

Nantinya RMKE juga akan bekerja sama dengan pihak terkait sehingga program ini bisa berkesinambungan dan selalu memberikan manfaat “Ke depannya, dalam program jangka panjang, RMKE akan terus bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang melalui UPTD Badai Penyuluh Pertanian (BPP) Gandus agar saling mendukung dalam program yang sedang dijalankan melalui PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) setempat,” pungkas William.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Tri Wahyu Pengsaha Sukses

Mengenal Tri Wahyu, Pengusaha Baju dengan Omzet 10 Miliar Kurang dari 1 Tahun Berbisnis

Naik Haji Gowes dari Tangsel ke Mekkah

Kisah Kakek Supriadi Kayuh Sepeda dari Tangsel ke Mekah untuk Naik Haji