Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya

Bahkan dalam jarak puluhan meter pun masuh tetap tepat sasaran

oleh Arief Dian
14:00 PM on Nov 21, 2017

Bukan rahasia kalau para tentara kita memang dibekali skill khusus yang bikin negara asing ngeri. Mulai dari makan daging ular lah, ilmu kebal lah dan lain-lain. Alhasil saat ada latihan gabungan dengan negara lain, sudah dipastikan banyak tentara asing yang takjub dengan kemampuan TNI. Ini bukti kalau memang militer kita diakui.

Namun siapa sangka kalau tentara Indonesia  pada masa masa orde lama dulu juga disegani oleh para prajurit asing. Salah satunya adalah Djonie Liem, veteran Indonesia keturunan Tionghoa yang bisa menembakkan jarum berbisa dari mulutnya. Kok bisa seperti itu? Yuk mengenal lebih dekat kakek yang dijuluki “Mulut berbisa” ini.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Satu-satunya orang pemilik semburan berbisa di Indonesia

Ternyata teknik melempar jarum dengan mulut mirip para ninja ini hanya dimiliki oleh Djoni Liem seorang saja. Dia mengatakan, kalau kemampuan uniknya ini dilatih sejak umur 6 tahun belajar dari teman kakeknya, dan sampai umur 82 tahun masih digunakan. Uniknya, meskipun sudah menginjak usia senja, siapa sangka kalau Djonie Liem masih bisa menembakkan jarum beracun dari mulut dalam jangkuan puluhan meter dan tepat sasaran.

Djoni Liem mengaku sangat terbantu apalagi saat dulu membela Indonesia melawan penjajah, sebelum para pasukan lawan bersiap dengan senjatanya, Djonie Liem sudah menembakkan jarum beracunnya. Entah beliau mewariskan kemampuannya itu atau tidak, namun yang pasti hanya dia seorang yang memilikinya. Namun kabarnya teknik ini diajarkan pada satuan Ipam (Intai Amfibi Korps Marinir), namun sangat jarang ditunjukkan di media.

Ternyata di negara asalnya, teknik ini sudah punah sejak dulu kala

Tidak sembarangan Djoni Liem mendapatkan kemampuan unik ini, dia berlatih dan belajar selama bertahun-tahun. Usut punya usut, saat kedatangan beberapa ahli bela diri dari sana, Djoni Liem sempat menanyakan mengenai teknik lempar jarum yang dia miliki itu.

Teknik semburan Djoni Liem

Namun siapa sangka, hal mengejutkan diungkap oleh ahli bela diri itu, bahwa kemampuan seperti Djoni Liem ini terakhir ditemui pada masa Dinasti Ming. Hal ini membuktikan, kalau mungkin hanya Djoni Liem lah satu-satunya orang di dunia yang memiliki kemampuan lempar jarum berbisa dari mulut. Sebuah Prestasi bagi Indonesia.

Salah satu perwira tangguh di masa mudanya

Siapa sangka di masa muda beliau, Djonie Liem ternyata juga seorang pejuang yang tangguh. Buktinya saat operasi Dwikora dilaksanakan, Djonie Liem dengan sukarela bergabung dengan pasukan ABRI untuk membela Indonesia. Akhirnya dirinya dikirim ke negeri jiran untuk melakukan operasi khusus. Sayang di sana Djonie Liem sempat kelaparan dan harus tinggal di hutan hingga berhari-hari. Nahas nya lagi, kakek veteran itu juga mesti ditangkap oleh para pasukan Malaysia.

Perwira Tangguh [image source]
Tiga tahun di negeri orang, hingga ada keputusan dari masing-masing negara untuk membebaskan para tawanan. Dari 25 orang kelompok Djonie Liem, hanya empat yang pulang ke Indonesia, termasuk dirinya  sendiri. Salut deh dengan kakek veteran yang satu ini, dulunya prajurit tangguh.

Di masa tua, Djonie Liem hidup bersahaja dan sederhana

Meskipun kita tahu tentang kemampuan dan prestasi hebat sang veteran ini, tapi bagaimana keadaannya di masa tua ya? Ternyata Djonie Liem masih terbilang makmur,  dia menerima tunjangan sekitar dua juta per bulannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Djonie Liem tua [image source]
Veteran ini juga masih sehat dan rutin melakukan olahraga kendati masih ada proyektil yang sampai saat ini bersarang di sekitar pinggulnya. Ya, meskipun begitu, rupanya Djonie Liem sama sekali tidak menyesal membela tanah air, karena memang merah putih ada di hatinya.

Dari kakek hebat yang satu ini kita belajar bagaimana kecintaan pada bangsa Indonesia harus diutamakan. Bahkan setelah melewati penderitaan panjang di Malaysia, tetap saja bumi pertiwi jadi nomor satu. Kita generasi muda tidak boleh kalah, dengan menjunjung tinggi persatuan dalam negeri.

 

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA