in

Dikenal Paling Gahar Se-ASEAN, Namun Cuma Segini Gaji Tentara Indonesia Dibanding Malaysia

Tidak bisa dipungkiri, kehebatan tentara Indonesia memang diakui dunia. Buktinya negara-negara seperti Vietnam dan Afrika, sampai-sampai harus “berguru” pada para tentara kita. Jadi bukan hal yang aneh kalau TNI jadi yang nomor satu di kawasan Asia.

Namun di balik semua prestasi tersebut, gaji yang dimiliki para tentara Indonesia bisa dibilang lumayan kecil loh. Bahkan angkanya sangat jauh ketimbang negara tetangga Malaysia. Sampai-sampai di zaman dulu gaji para TNI ini hanya seperdua puluh milik Malaysia alias mereka lebih banyak 20 kali lipat. Lalu sekarang seperti apa? Simak ulasannya berikut.

Jadi tentara Malaysia lebih makmur ketimbang TNI

Siapa sangka negara tetangga Malaysia memberi  gaji lebih tinggi ketimbang TNI Indonesia. Dilansir dari Tempo,  gaji para tentara kita tingkat satu adalah 4,4 juta per bulannya, sedangkan di Malaysia sendiri mereka sudah bisa mendapatkan sampai 7,8 juta per bulannya.

tentara militer indonesia [image source]
Padahal kalau dihitung-hitung sendiri jumlah tentara Indonesia ini sangat jauh lebih banyak. Sedangkan untuk sekelas Jenderal, Laksamana, dan Marsekal di Indonesia , di Indonesia diberikan gaji sebesar 5,3 per bulan, jelas kalah jauh dengan mereka para petinggi militer yang sampai 23 juta per bulannya. Itu masih belum tunjangan lain yah.

Ternyata perbedaan gaji signifikan ini sudah ada dari dulu

Ternyata masalah gaji yang ibarat langit dan bumi ini sudah terjadi sejak zaman tahun 1972. Dilansir dari merdeka, rupanya diketahui dari catatan-catatan sejarah yang mengungkapkan mengenai perbandingan gaji antara dua institusi tadi. Bayangkan saja di zaman itu rupanya gaji tentara Malaysia bisa sampai dua puluh kali lebih besar dari TNI.

Tentara Malaysia [image source]
Ya, ternyata para tentara kita waktu itu diberi bayaran hanya sekitar Rp 3.120 sedangkan para prajurit Malaysia bisa bisa sampai 650 Ringgit atau setara dengan Rp 62 ribu. Nah setelah mereka nantinya pensiun pun bakal masih banyak tunjangan dan dana pensiunan yang siap menanti.

Para mantan perajurit Malaysia bisa dibilang lebih berjaya

Kalau masalah kesejahteraan mantan tentara, harus diakui Indonesia sepertinya kalah dengan Malaysia. Ya, rupanya para veteran dan mantan tentara Malaysia diberikan dana pensiun setiap bulannya sekitar 1,4 juta, itu pun kadang masih bisa ditambah.

veteran malay vs indo

Belum lagi mereka juga akan mendapatkan bantuan uang pendidikan untuk anak atau keluarganya sekitar tiga ratus ribu hingga jutaan rupiah. Hal ini pastinya sangat beda dengan Indonesia yang memberikan tunjangan dana pensiun sebesar 1,4 hingga 1,6 juta, itu pun masih banyak para veteran yang kadang mengaku belum mendapatkan atau uang yang tak kunjung cair-cair.

Masalah finansial boleh kalah, tapi kalau kekuatan militer tunggu dulu

Meskipun perbandingan gaji antara tentara Malaysia dengan Indonesia memang sangat jauh, bukan berarti kekuatan militer kita mlempem. Buktinya, negara kita rupanya memiliki sekitar 400-an unit tank yang siap menjaga kedaulatan Indonesia, sedangkan Malaysia sendiri hanya memiliki sekitar 78 unit saja.

Indonesia vs Malaysia

Sedangkan masalah jumlah personel tentara yang aktif milik Indonesia adalah sekitar 900 ribu, atau sekitar dua kali lipat total prajurit Malaysia. Oleh sebab itu saat ini Indonesia masuk dalam peringkat 14 dunia, sedangkan negeri Jiran hanya nangkring di posisi 34. Ini membuktikan kalau gaji besar tentara suatu negara tidak membuktikan kalau militer di sana juga kuat.

Berdasarkan data-data di atas membuktikan meskipun digaji lebih rendah dari negara tetangga tapi semangat tentara kita dalam membela negara jadi lebih tinggi. Oleh sebab itu kita mesti bangga dengan para tentara kita, apalagi melihat peringkat militer kita yang luar biasa, jadi tambah bangga dibuatnya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Balapan Ban Bekas, Permainan Super Seru yang Zaman Bocah Namun Sekarang Tinggal Kenangan

Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh