Bagi Sahabat semua yang merupakan generasi lawas 90-an, tentu tau lagu-lagu easy listening yang dinyanyikan oleh Shania Twain kan? Salah satu yang masih terus sering kita dengar adalah You Are Still The One –yang hits pada tahun 1997-an.

Masih tentang Shania Twain, di Indonesia ternyata ada seorang ibu-ibu pengamen yang sempat dijuluki sebagai Shani Twain dengan kearifan lokal karena suaranya yang merdu saat membawakan lagu legendaris di atas, namanya Ibu Ella. Perempuan berumur 46 tahun bernama asli Rela Hati ini menjadi pengamen jalanan karena tuntutan ekonomi. Baru-baru ini, ia kembali viral karena menyanyikan lagu lain. kira-kira sekarang kehidupannya seperti apa ya?

Tergabung dalam grup band Pelni’s Band

Ibu Rela Hati [Sumber gambar]
Punya suara yang bikin tenteram para pendengar, ternyata Ibu Ella memang pernah bergelut di dunia music. Melansir beritatrans.com, perempuan ini dulunya pernah tergabung dalam sebuah band Pelni’s Band, yang bernyanyi di kapal-kapal milik PT Pelni. Menjadi penyanyi di kapal itu sudah ia lakoni sejak tahun 2004. Bersama beberapa rekannya, Ella pernah berlayar menaiki Kapal Pelni Lambelu yang ke Ternate serta Kapal Pelni Bukit Siguntang ke Sorong. Setiap satu kali pelayaran, mereka akan dibayar 1,5 juta rupiah.

Berhenti setelah 8 tahun melakoni pekerjaannya

Bersama Anak-anaknya [Sumber gambar]
Bukan sebentar. Di kapal Pelni, Ella menekuni pekerjaan tersebut selama 8 tahun –bahkan ia dan band-nya sudah berkeliling Indonesia berada di atas panggung dan menghibur penumpang. Awal bekerja pada 2001, 2009 menjadi akhir kariernya. Hal tersebut terjadi karena ia harus menjadi karena kontraknya telah habis. Ella juga harus merangkap peran menjadi ibu sekaligus ayah bagi kelima anaknya, karena suaminya pergi tanpa alasan pada tahun 2014 lalu.

Menjalani pekerjaan serabutan

Pernah bekerja serabutan [Sumber gambar]
Pasca bercerai dari suaminya ditambah berhenti menyanyi di Kapal Pelni. Ella harus banting tulang sendirian demi menghidupi anak-anaknya. Ia melakukan segala macam pekerjaan yang kiranya bisa menghasilkan rupiah. Mulai dar tukang bekam (pijat dan urut) panggilan, hingga mengarak ondel-ondel (jam 1 siang-10 malam). Namun, hal tersebut ternyata masih belum tercukupi penghasilannya. Karena hal tersebutlah Ibu Ella mencoba menjadi musisi jalanan –yang uniknya ia lebih sering menyanyikan lagu barat).

Menjadi musisi jalanan sejak tahun 2015

Video menyanyi Ibu Ella –yang ketika itu menyanyi di depan warteg—tersebar di facebook. Dari sana-lah dirinya mendapat banyak sekali undangan oleh stasiun televisi untuk menjadi bintang tamu mereka, salah satunya Hitam Putih. Ibu Ella mengaku jika menjadi musisi jalanan di Jakarta membuat ia lebih punya waktu untuk anak-anaknya, karena hanya bekerja beberapa jam saja (jam 12-14 siang, disambung lagi 19-21 malam). Pendapatan yang dihasilkanpun jauh lebih banyak. Jika menjadi pengarak ondel-ondel ia hanya mendapatkan 35 ribu saja, mengamen bisa membuatnya punya uang hingga 300 ribu. “Bahkan kalau sedang rame seperti malam minggu, bisa sampai 500 ribu”, katanya.

Terkenal dan sering dicari oleh pendengarnya

Menjadi pengamen jalanan ternyata bukanlah hal yang mudah. Ibu Ella sendiri mengatakan bahwa ia hampir bunuh diri saking tidak kuatnya menahan beban hidup. Untung, ada seseorang yang ia temui dan menjadi semangat hingga ia sadar masih ada anak-anak yang harus ia besarkan dan layak mendapat Pendidikan. Ibu Ella mengamen di salah satu warung Jakarta, ketika ia tidak lewat untuk bernyanyi, para pendengar akan mencarinya. Si ibu ini emang bukan kaleng-kaleng ya, Sahabat.

BACA JUGA: 5 Pengamen Tanpa Nama ini Suaranya Lebih Dahsyat dari Musisi Abal-Abal Indonesia

Hingga sekarang, Ibu Ella masih menekuni passionnya di dunia musik sebagai musisi jalanan. Uang yang ia dapat juga dikumpulkan sedikit demi sedikit sehingga bisa mencukupi kebutuhan hidup dan membiayai sekolah anak-anaknya. Semoga sukses terus ya, Bu. Tuhan Bersama orang yang mau terus bekerja keras, kok.