Sahabat Boombastis semua pasti sudah tidak asing dengan musisi yang satu ini. Ia adalah Didi Prasetyo atau lebih dikenal dengan nama panggung Didi Kempot, penyanyi campursari yang sangat legend di industri musik tanah air. Berkat karya-karyanya, Didi Kempot dijuluki sebagai Godfather of Broken Heart atau Dewa Patah Hati.

Setelah lama tak terdengar namanya, baru-baru ini Didi Kempot muncul lagi di Twitter dan sempat menghebohkan para netizen. Kembalinya Didi membuat para penggemarnya –para Sad Boys dan Sad Girls, kembali antusias.

Didi Kempot sudah menciptakan lebih dari 800 judul lagu

Meski tak sering tampil di layar kaca, nama Didi Kempot layak diperhitungkan sebagai musisi campursari legendaris di Indonesia. Didi Kempot mengaku, sudah menciptakan 800 lagu. Ia sengaja memilih lagu dengan tema patah hati, cinta tak berbalas, penantian, rindu, untuk menyesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Selain itu, dalam lagu-lagunya, ia juga menyiratkan pesan yang secara mudah bisa dipahami pendengar musiknya.

Patah hati di usia yang masih muda

Didi Kempot [sumber gambar]
Rupa-rupanya bukan tanpa alasan ia menciptakan lagu patah hati. Itu karena ia juga pernah mengalami bagaimana sakitnya karena cinta. Melalui lagu-lagunya ia mengungkapkan hal itu. Oleh karena itulah Didi mendapat julukan ‘Lord Didi’, ‘Bapak Patah Hati Nasional’ oleh para penggemarnya. Hingga sekarang, ada banyak sekali Sad Boys and Girls di seantero Indonesia. Mengenai hal ini, Didi hanya mengatakan bahwa ia tak keberatan, malah berterima kasih karena sudah banyak yang mengidolakan dan menyukai lagu-lagunya.

Mengawali karier sebagai musisi jalanan

Mengawali karier sebagai musisi jalanan [sumber gambar]
Di balik nama besar yang ia sandang, Didi dulunya bukan siapa-siapa. Didi mengawali karier sebagai musisi jalanan. Sejak tahun 1984, Didi mengadu nasib dengan mengamen di jalanan kota Solo. Dua tahun kemudian, ia nekat pergi ke Ibu Kota bersama teman-temannya dan mencoba peruntungan merekam lagu dan menawarkannya langsung ke produser. Pertemuan dengan Pompi, mantan personel No Koes lah yang kemudian menjadikan ia seperti sekarang. Sekarang, siapa sih yang enggak kenal dengan Didi Kempot?

Didi Kempot sering manggung di Suriname

Sering manggung di Suriname [sumber gambar]
Lagu-lagu Godfather of Brokenheart ini enggak hanya populer di Indonesia, namun terkenal hingga Negara Suriname. Bahkan di negara yang sebagian besar warganya keturunan Jawa tersebut, Didi Kempot sedikitnya sudah manggung sebanyak empat kali. Melansir dari kompas.com, Didi menceritakan bahwa dirinya sempat kaget karena mengetahui banyak orang-orang Suriname keturunan Jawa yang hapal lagu-lagunya di luar kepala.

BACA JUGA: 4 Fakta yang Membuktikan Kalau Orang Suriname Ternyata Lebih “Njawani” Ketimbang Orang Jawa

Tidak ada orang besar yang lahir hanya dengan leyeh-leyeh. Didi Kempot berjuang dari nol untuk menjadi seperti dirinya yang sekarang. Ya, walaupun ia lahir memang dari keluarga entertain, di mana sang ayah dan kakaknya adalah pelawak. Namun, sejauh ini, Didi sudah sukses menghibur para Sad Boy di seluruh penjuru Indonesia.