Categories: Trending

7 Daratan Terlupakan yang Kini Hanyut di Dalam Air!

Jutaan tahun yang lalu, bumi hanya berupa satu daratan yang sangat besar. Namun perlahan-lahan daratan ini jadi pecah. Ada yang hanyut dalam air laut, ada pula yang menjadi benua baru. Banyak sekali daratan-daratan penting yang akhirnya terlupa, meski sebenarnya mereka memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan peradaban manusia.

Baca Juga : 10 Kenangan Tak Terlupakan di Jaman 90an, Bikin Kangeeenn!

Well, inilah tujuh daratan terlupakan itu. Semoga di masa depan tak ada lagi daratan yang tenggelam. Terlebih akibat manusia yang membuat bumi jadi semakin panas. Langsung saja, mari kita simak sama-sama.

1. Lion City

Lion City sering disebut sebagai Atlantis dari timur. Namun yang membedakan adalah kota ini benar-benar ada. Tidak seperti Atlantis yang keberadaannya simpang siur. Bahkan dianggap tidak ada oleh beberapa orang. Lion City terletak di Povinsi Zhejiang, China sebelum akhirnya tenggelam pada tahun 1959.

Konstruksi bangunan di sungai Xinan menyebabkan 300.000 orang harus dievakuasi. Kota ini benar-benar tenggelam dan tak bisa ditempati lagi. Lion City adalah kota berumur 1.300 tahun yang menyimpan banyak sekali bangunan bersejarah. Tenggelamnya kota ini adalah kesalahan terbesar China dalam menata wilayahnya.

2. Sundaland

Saat belajar Geografi kita pernah mendengar dua daratan besar yang berada di kawasan Asia  Tenggara dan Australia. Daratan itu bernama Sunda dan Sahul. Sekitar 19.000 tahun yang lalu terjadi pencairan es di kutub hingga menyebabkan permukaan air naik sebanyak 100 meter.

Sundaland [image source]
Daratan Sunda yang tersisa saat ini adalah Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan negara di Semenanjung Malaya. Kita tak akan pernah tahu jika sebenarnya ada daratan yang tenggelam yang menghubungkan semua pulau utama di Indonesia.

3. Verdronken Land Van Reimerswaal

Verdronken Land Van Reimerswaal adalah sebuah kota pelabuhan penting di Belanda sekitar abad 16. Banyak kegiatan ekonomi terjadi di daerah ini. Namun sayang kota ini benar-benar tenggelam dalam laut dan tidak bisa digunakan lagi.

Verdronken Land Van Reimerswaal [image source]
Kita mengenal Belanda sebagai negara yang separuh wilayahnya berada di bawah permukaan air laut. Itulah mengapa mereka selalu memiliki dam atau tempat penampung lainnya. Pada abad ke 17 daerah ini sering terjadi badai dan menyebabkan dam jebol.  Pada abad ke-18 seluruh kota benar-benar resmi tenggelam dalam air laut.

Baca Juga : 7 Legenda Kota Misterius yang Hilang

4. Dataran Tinggi Kerguelen

Dataran tinggi Kerguelen adalah sebuah dataran yang memiliki gunung api terbesar di dunia. Namun sayang, beberapa juta tahun yang lalu dataran ini tenggelam akibat bencana. Meski demikian, gunung api yang ada di dataran ini masih aktif, bahkan sampai sekarang.

Dataran Tinggi Kerguelen [image source]
Orang pertama kali menemukan Kergeulen sekitar tahun 1772. Mereka adalah penjelajah dari Prancis yang ingin menemukan daratan baru. Ilmuwan meneliti mengapa ada gunung api di dalam laut, hingga mendapati kesimpulan jika sebenarnya Kergeulen adalah dataran tinggi.

5. Mauritia

Mauritia adalah sebuah daratan kecil yang tenggelam akibat naiknya permukaan air laut di bumi. Kita bisa menemukan fosil Mauritia di Samudra Hindia bersebelahan dengan negara Mauritius. Seorang ilmuwan dari Mauritius menemukan daratan hilang ini setelah meneliti sebuah kristal batuan yang berumur  2 juta tahun. Dan ternyata kristal itu berasal dari lava gunung yang juga ikut tenggelam.

Mauritia [image source]
Dahulu kala India dan beberapa negara di sekitarnya tergabung menjadi sebuah benua bernama  Rodinia. Saat bumi mulai berkembang, mereka terpecah dan sebagian menjadi pulau atau hilang dan tenggelam.

6. Beringia

Beringia adalah sebuah daratan panjang yang menghubungkan antara Asia dan Amerika Utara. Dipercaya jalan panjang ini ada sekitar 12.000 tahun yang lalu. Saat ini nyaris semua bagian dari Beringia telah tenggelam dalam air laut. Beberapa menjadi pulau-pulau kecil.

Beringia [image source]
Jalan ini mencapai 1.600 km dan lebar sekitar 4.800 km. Jika Berigia masih ada, kita bisa mengendarai mobil atau bahkan menjelajah antara benua. Asia ke Amerika. Namun sayang, lagi-lagi kenaikan permukaan air laut diduga menyebabkan Beringia lenyap.

7. Pulau Lohachara

Lohacahara adalah pulau yang baru-baru ini hilang. Sekitar 2006, pulau yang terletak di India ini tenggelam akibat perubahan iklim dunia. Sekitar 10.000 orang harus dievakuasikan keluar pulau agar bisa hidup dengan lebih baik. Tenggelamnya Pulau Lohachara adalah contoh nyata bahaya dari pemanasan global yang mengerikan.

Pulau Lohachara [image source]
Bisa jadi sekarang kita aman-aman saja di Indonesia. Tapi beberapa puluh tahun lagi pulau kecil di Indonesia bisa mengalami nasib yang sama. Bahkan ibu kota kita, Jakarta bisa tenggelam akibat banjir atau air laut yang naik.

Baca Juga : 5 Pulau Menakjubkan Ini Adalah Buatan Manusia

Sebagian besar dari bencana tenggelamnya daratan di atas memang karena pengaruh alam. Namun di era modern seperti sekarang, tengelamnya pulau atau daratan bukanlah hal yang mustahil. Terlebih pemanasan global yang terjadi di dunia sudah kian parah. Jika kita tak menjaga alam maka alam juga tak akan menjaga kita.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

14 hours ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

7 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago