Nama tenar Cynthia Rothrock sempat menghiasi sinema layar lebar Indonesia di era 90-an. Pada masa itu, film Indonesia tengah mengalami zaman keemasan, di mana ada banyak sineas dalam negeri yang menggandeng sejumlah pemeran asing untuk beradu akting dengan pemain lokal. Salah satunya adalah aktris pirang nan cantik, Cynthia Rothrock.

Dikenal sebagai ahli beladiri yang menguasai beragam aliran, Rothrock kerap bermain di film-film laga yang penuh dengan adegan pertarungan keras. Pun dengan dirinya saat bermain dalam sinema layar lebar di Indonesia, aksi beladirinya yang memukau membuat wanita kelahiran 8 Maret 1957 menjadi idola para remaja di era 90-an. Seperti apa sosoknya?

Ikut bermain dalam film-film laga Indonesia

Film lady Dragon yang melambungkan namanya [sumber gambar]
Sosok Cynthia Rothrock mulai dikenal oleh publik Indonesia setelah bermain dalam film Lady Dragon (1990) dan Lady Dragon 2 (1991). Dalam film keluaran Rapi Films tersebut, wanita berambut pirang itu beradu akting dengan sejumlah aktor tenar Indonesia seperti Advent bangun, Hengky Tornando, H.I.M Damsyik dan sederet nama besar lainnya. Dalam Dragon Lady, Rothrock berperan sebagai Seorang mantan agen CIA (Kathy Gallagher) yang tinggal di Indonesia. Saat itu, dirinya tengah melacak seorang penjahat yang bernama Ludvig Hauptman, pedagang senjata yang membunuh suaminya. Pada film itulah, sosok mendapat pengakuan luas dari penikmat hiburan dalam negeri.

Sosok wanita yang dikenal sebagai ahli beladiri

Dikenal sebagai ahli beladiri [sumber gambar]
Dikenal karena gerakan beladirinya yang luwes, Rothrock diketahui telah mendalami beragam macam seni pertarungan sejak usia dini. Dilansir dari laman cynthiarothrock.org, memulai hasratnya untuk seni bela diri ketika dia berusia 13 tahun dan memenangkan beragam kategori beladiri sepanjang era 80-an. Sampai saat ini, Rothrock memiliki tujuh sabuk dalam seni bela diri: Tang Soo Do, Taekwondo, Karate, Eagle Claw, Wu Shu, Shaolin Utara, dan Pai Lum Tao Kung Fu. Sabuk hitam terbarunya adalah untuk Tang Soo Do, gelar ke-8 dan diuji oleh Grand Master Robert Kovaleski.

Laris bermain film di wilayah Asia

Saat beradu akting dengan aktris Michelle Yeoh [sumber gambar]
Karier akting Cynthia Rothrock dimulai pada tahun 1983, ketika rumah produksi asal Hongkong, Golden Harvest menemukannya bakatnya. Dalam film pertamanya, ia bahkan beradu akting dengan aktris sekaligus ahli beladiri ternama, Michele Yeoh. Bersama Golden Harvest, kesempatannya berakting semakin berkembang dengan banyaknya film yang ia bintangi. Bahkan hingga di penghujung karirnya, Rothrock tercatat telah bermain dalam 30 film dan sempat tinggal di sana demi keperluan syuting.

Pensiun dari dunia keartisan dan menjadi guru beladiri

Pensiun dari dunia artis dan melatih beladiri [sumber gambar]
Sebelum memutuskan untuk mengakhiri kariernya di dunia entertainment pada 2004, Rothrock membuat beberapa film, penampilan TV, dan lainnya. Setelah benar-benar pensiun, ia memutuskan untuk menjalankan studio seni bela diri California dan memberikan pelatihan pribadi. Utamanya beladiri. Sebagai seorang ibu, Rothrock juga banyak menghabiskan waktu bersama putrinya Skyler Sophia.

BACA JUGA: Jadi Jagoan Kids 90-an, Inilah Para Aktor Gahar Hollywood yang Kini Telah Beranjak Sepuh

Meski namanya tak familiar oleh generasi milenial, sosok Cynthia Rotrock akan tetap menjadi legenda tersendiri bagi insan perfilman Indonesia. Terutama bagi mereka yang tumbuh besar di era 90-an. Karakter dirinya yang berciri khas bule berambut pirang, wajah cantik dan pintar ilmu beladiri, menjadi sesuatu yang menarik bagi penikmat hiburan tanah air di masa-masa kejayaan film-film laga layar lebar.