Beberapa hari lalu, Siti Badriah dihujat habis-habisan oleh netizen perkara penampilannya di closing ceremony Asian Games 2018. Kini, ada dua penyanyi yang mengikuti jejaknya—di-nyinyirin netizen hingga babak belur. Mereka adalah Cita Citata dan Chikita Meidy.

Hal ini diungkapkan langsung oleh keduanya melalui instagram story dalam akun masing-masing. Oleh akun gosip @makrumpita, postingan tersebut lalu diunggah ulang dan membuat netizen semakin panas. Kira-kira apa sih yang menyebabkan keduanya dibanjiri kritikan pedas oleh netizen?

Sheila on 7 feat Cita Citata [sumber gambar]
Pada Sabtu (15/9) lalu, band legendaris tanah air, Sheila on 7, mengadakan sebuah konser bertajuk “Kisah Klasik” yang ditayangkan di sebuah stasiun televisi. Meskipun pertunjukkan tersebut merupakan konser tunggal, tak sedikit musisi tanah air yang diundang untuk berkolaborasi. Mulai dari Tantri Kotak, Chicco Jerikho, dan juga Cita Citata. Meskipun menyanyikan lagu genre dangdut, Cita Citata merupakan salah satu penyanyi multitalenta yang dimiliki Indonesia. Enggak kalah dari Via Vallen. Oleh sebab itu, pihak stasiun televisi mengundangnya untuk berkolaborasi dengan Sheila on 7. Sebuah kesempatan langka bagi Cita Citata? Bisa dibilang begitu. Tak ayal, jika ia berlatih habis-habisan demi memberikan performa yang baik di panggung.

Klarifikasi Cita Citata [sumber gambar]
Namun rupanya, latihan yang ia persiapkan dengan matang tak berjalan mulus di panggung. Pembagian suaranya yang Cita Citata latih dengan susah payah di belakang panggung dengan Duta menjadi kurang maksimal. Netizen pun ramai-ramai melontarkan kalimat pedas hingga membuat Cita Citata akhirnya buka suara. Melalui instagram story-nya, ia mengunggah video latihannya bersama Duta di belakang panggung. Ia pun menyebutkan bahwa dirinya bela-belain ke ruang ganti Sheila on 7 demi berlatih harmonisasi lagu Bila Kau Tak Di Sampingku. “Gue ngga mau komentar tdnya tp banyak org yg blg gue g effort, gue sampe datengin backstage nya sheilaon7 karna biar d stage ngga fals,” tulisnya.

Melihat video duet Cita Citata dengan Duta Sheila on 7 di panggung memang menggelegar, apalagi penonton ikut bernyanyi bersama. Namun, harmonisasi yang keduanya bangun memang cukup dipaksakan, sehingga terdengar kurang sinkron. Tak ayal jika banyak netizen yang protes. Selain itu, melihat Cita Citata mengunggah video dan teks klarifikasnya membuat netizen semakin geleng-geleng kepala. Mereka mulai membandingkan kritikan yang diterima oleh Siti Badriah beberapa hari lalu. Ketika aransemen lagu Lagi Syantik disebut tak sebaik lagu aslinya. “Beda sama Sibad atau Via Vallen yang dikritik langsung minta maaf, ini cari pembelaan aja,” tulis @nyetih. “Fals!!! Tinggal bilang aja iya fals aja susah, namanya juga manusia fals aja udah biasa klo situ kaset gak bakalan fals lah. Knp harus malu???? Lucu! Tinggal diperbaiki sdh selesai,” komentar @louiseyunike_ltoneproject.

Chikita Meidy Dinyinyir Netizen [sumber gambar]
Berbeda dengan kisah Chikita Meidy. Artis cilik yang kembali ke panggung hiburan ini baru saja merilis single terbarunya yang berjudul Kau Pantas. Sembari mempromosikan lagunya di televisi, Chikita Meidy mendapat kritikan pahit dari netizen. Ia mengunggah beberapa komentar netizen yang nama penggunanya disensor ke dalam instagram story-nya. Komentar-komentar tersebut berbunyi “Cikita meidy gak bgt…lagu nya kagak laku juga…hahaha…so artis…haa,” dan “Eneg bgt liat cikitameidi L astaghfirullah.” Chikita pun menyebutkan bahwa single-nya yang baru dirilis ini merupakan kado pernikahan untuk sang suami, mengingat ia baru saja duduk di pelaminan beberapa bulan lalu.

Jarang tampil di televisi membuat Chikita Meidy tak dikenal publik zaman now. Layaknya Bowo Tik Tok yang hanya mengenal Ayu Ting Ting dan Younglex di jagat hiburan tanah air. Tak ayal, jika beberapa komentar netizen menyebut dirinya “sok artis,” kemungkinan besar mereka tidak lahir ketika Chikita Meidy menjadi artis favorit semua kalangan. Hal ini juga ditanggapi Chikita dengan tepok jidat. Ia menyebutkan bahwa netizen maha benar dengan komentar-komentarnya. “Laku ga laku urusan belakangan…yg nyanyi aja ga mikirin laku apa ngga..ini karya buat suami (hadiah nikah)..kan kamu juga ga bayar produksi single ini. Kok repot amat jadi kompor?” tulisnya.

Chikita Meidy dulu dan sekarang [sumber gambar]
Setelah diunggah ulang oleh akun gosip @makrumpita, jadi banyak netizen yang tahu single terbaru Chikita Meidy. Bukannya setuju dengan komentar netizen di instagram Chikita Meidy, mereka malah menyebutkan bahwa lagu Kau Pantas enak didengar. Suara Chikita Meidy pun masih merdu seperti awal tahun 2000an, ketika dirinya ngehits abis. Netizen juga menyebutkan bahwa lagu baru Chikita Meidy memiliki lirik yang magis, apalagi bagi pasangan yang baru menikah. Wah, ternyata Chikita Meidy malah mendapat dukungan dari followers akun gosip, ya. Tak seperti Cita Citata.

Hidup sebagai public figure di Indonesia memang semakin berat, apalagi semenjak eksistensi akun gosip di instagram merebak. Maka dari itu, artis yang memang memiliki kualitas dengan sendirinya bisa terseleksi dengan hadirnya akun gosip. Kalau memang karya-karyanya oke, pasti mendapat timbal balik yang positif juga, kan?