Lebaran sudah mulai tercium keberadaannya. Dan pastinya banyak orang yang sudah mempersiapkan rencana libur lebaran. Ada yang pulang ke kampung halaman atau bahkan berlibur ke tempat wisata. Namun, sebelum berlibur, ada baiknya kalian harus berhati-hati. Khususnya bagi yang ingin menggunakan jasa travel.

Yup, jangan sampai Sahabat Boombastis mengalami nasib serupa dengan ibu-ibu sosialita ini. Emak-emak yang bernama Herika Widyastuti, dr. Erlina Diamastuti, dan Ni Luh Puti Nindya ditipu oleh agen yang bernama Loda Travel. Mereka bertiga sudah membayar DP puluhan juta, tapi tak kunjung diberangkatkan ke Inggris dan Korea Selatan sesuai dengan kesepakatan. Nah, supaya kalian tidak tertipu, simak ulasan tentang ciri travel abal-abal di bawah ini.

Harga yang sangat murah dibandingkan agen travel lainnya

Harga murah [Sumber Gambar]
Sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan agen travel, ada baiknya untuk tidak tergiur dengan kata murah. Apalagi biayanya sangat jauh di bawah agen travel lainnya. Karena bisa saja ini adalah jebakan orang untuk menarik peminat menggunakan jasanya. Jadi, lebih baik kalian cari-cari terlebih dulu mana travel yang sesuai dengan jauhnya perjalanan beserta segala fasilitasnya.

Jadwal berangkat yang tidak pasti

Jadwal berangkat tidak pasti [Sumber Gambar]
Ciri kedua yang bisa kalian lihat adalah jadwal keberangkatan tidak pasti. Memang awalnya mereka bisa menyebutkan tanggalnya. Tapi, setelah hari itu mendekat, pasti si pelaku akan mengundurkan jadwalnya dengan beragam alasan. Misalnya masih ada pelanggan lain yang belum bayar atau kuotanya orangnya belum cukup. Intinya, si pelaku akan banyak alasan ketika ditanya kapan jadwal keberangkatannya.

Tidak ada atau sedikit testimonial dari pengguna jasa travel

Cek testimonial [Sumber Gambar]
Kalian juga bisa menengok dari sisi testimonialnya gengs. Biasanya bagian testimonial terdapat di akun instagram resminya. Nah, kalian bisa lihat tuh apakah jumlah testimonialnya banyak atau sedikit. Mungkin dari tanda ini agak susah karena bisa saja testimonial dipalsu oleh si pemilik jasa travel. Butuh analisa yang tepat untuk memutuskan apakah jasa perjalanan tersebut asli atau abal-abal.

Nama travel tidak ditemukan di laman pencarian Google

Tidak ada nama travel di laman pencarian google [Sumber Gambar]
Cara termudah untuk memastikan apakah agen travel tersebut asli atau palsu yaitu dengan mengecek namanya di pencarian Google. Yup, cara ini ampuh gengs untuk mendeteksinya. Apabila nama travel tidak ada di laman pencarian, kalian wajib waspada. Lebih baik urungkan niat kalian untuk menggunakan jasa dari agen travel itu dan mencari yang lain.

BACA JUGA : 6 Tips Memilih Agen Travel Umroh Terpercaya Agar Nggak Sampai Ketipu

Itulah ciri-ciri dari agen travel yang palsu gengs.Jadi, jika kalian ingin liburan menggunakan agen travel, lebih baik cek-cek dulu deh. Jangan sampai kalian tertipu dan akhirnya batal liburan. Lebih amannya sih, kalian tanya kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa agen travel untuk liburan.