Dikenal luas sebagai wanita tangguh yang memiliki kemampuan bela diri, Chintya Candranaya jadi sorotan lantaran aksi-aksi ekstrem yang dilakukannya dianggap editan dan bohong belaka. Semua hal tersebut berusaha dibongkar oleh Suwardi, mantan juara One Pride MMA, yang kemudian melakukan analisa tersendiri.

Tak sendiri, Suwardi bersama rekan-rekan MMA lainnya seperti Rudy Agustian, dan Theodorus Ginting kemudian membentuk gerakan #BeladiriBersatu, dan bersama-sama mendatangi markas Chintya di Lampung. Selengkapnya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Sempat didatangi ke markasnya namun tidak ditemui oleh Chyntia Chandranaya

Suwardi bersama anggota gerakan #BeladiriBersatu yang terdiri dari atlet MMA menyempatkan diri untuk datang ke markas Chintya dan guru bela dirinya, Agus Setiawan Jayadi, di Lampung agar bisa bertemu secara langsung. Sayang, hal tersebut tidak terlaksana karena keduanya tidak muncul meski telah ditunggu. Sebelumnya, para anggota MMA itu meminta pembuktian lewat sosial media namun tidak ditanggapi.

Video menghindar dari peluru yang dianggap editan

Salah satu aksi Chintya yang mencengangkan adalah saat dirinya memamerkan kemampuan menghindari tembakan peluru, yang kemudian diunggah di media sosial miliknya. Namun hal tersebut dibongkar pegiat seni bela diri silat Herri Pras yang menyebut video tersebut adalah editing. Salah satu kejanggalan yang disorot adalah pecahan botol yang menghilang saat pecah karena tembakkan.

Kejanggalan soal kisah Chintya yang mampu mengalahkan 40 orang sekaligus

Chyntia Chandranaya bersama guru bela dirinya, Agus Setiawan Jayadi [sumber gambar]
Manajer Chintya Candranaya, Anjar Weni, sempat mengklaim bahwa Chintya mampu mengalahkan 40 orang sekaligus dan membunuh lima di antaranya. Hal sempat dibahas oleh Deddy Corbuzier lewat podcast #CloseTheDoor bersama Theodorus Ginting, Suwardi, dan Mustadi Anetta, yang menjadi bintang tamunya. Kisah tersebut dirasa janggal karena kalau memang terjadi, pasti diusut oleh polisi karena ada yang terbunuh.

Investigasi terhadap video Chintya yang memukul pilar beton hingga hancur

Mantan atlet sekaligus wasit MMA, Mustadi Anetta, ikut tergerak untuk menyelidiki soal kemampuan Chintya menghancurkan pilar tembok bangunan yang tebal. Menurutnya, pilar tersebut dihancurkan dengan hantaman benda-benda keras jika dilihat dari sejumlah titik yang terlihat. Bahkan, Mustadi mencoba menghantam pilar tersebut dengan besi dan butuh beberapa kali hingga hancur. Temuannya ini mengungkap kejanggalan Chintya yang menghancurkan pilar hanya dengan tiga kali pukulan.

Soal membengkokkan besi dengan tendangan yang dikomentari oleh Deddy Corbuzier

Selain menanggapi kejanggalan Chintya yang mampu mengalahkan 40 orang sekaligus, Deddy Corbuzier dalam podcast #CloseTheDoor-nya juga berbagi kisah soal kemampuan Chintya membengkokkan batang besi dengan tendangan. Saat itu keduanya bertemu dalam sebuah acara televisi. Deddy bercerita bahwa kaki Chintya bengkak setelah menendang besi. “Ambil dah tuh besi, ditendang sama dia. Bengkak tuh kaki,” ujar Deddy dalam video tersebut.

BACA JUGA: Push Up Satu Jari Hingga Samsak Pakai Tabung Gas, Sosok Pesilat Cantik Ini Bakal Bikin Penjahat Minder

Terlepas dari tudingan soal editing dan dianggap penipuan terhadap dirinya, Chintya Chandranaya dikenal luas sebagai sosok wanita cantik yang tangguh dan memiliki kemampuan bela diri. Aksi-aksi ekstrem yang diunggah di saluran YouTube miliknya, sukses mendulang jutaan penonton. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?