Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang mengajukan protes bahwa tayangan televisi Indonesia sudah mulai tak bekualitas. Bahkan, pada tahun 2016 lalu, rapper kontroversial, Younglex juga menciptakan lagu yang liriknya berbunyi “YouTube, YouTube, YouTube lebih dari TV, boom!” yang sekaligus menandakan bahwa masyarakat lebih berminat pada YouTube daripada tayangan televisi.

Ternyata, tayangan televisi yang makin ke sini semakin alay—kata netizen, juga meresahkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Mereka baru-baru ini memberikan peringatan ke beberapa acara televisi yang dianggap kurang mendidik dan harus dihentikan. Pasti kalian penasaran kan, program apa saja yang diberi teguran oleh KPI?

Pesbukers dapat teguran [sumber gambar]
Acara pertama ditempati oleh Pesbukers. Acara yang dinaungi oleh stasiun televisi ANTV ini sempat beberapa kali mendapat teguran dari KPI pusat. Pada tahun 2016, KPI pusat telah melayangkan teguran kepada Pesbukers karena beberapa bintang tamu serta host mengeluarkan kata-kata kasar yang tak sepatutnya didengar oleh masyarakat, dikutip dari cnnindonesia.com. Hal ini membuat acara Pesbukers mengalami pemberhentian sementara. Kini, setelah kembali tayang, acara yang dipandu oleh Raffi Ahmad, Jessica Iskandar, Ayu Ting Ting, Dewi Perssik, hingga Eko Patrio kembali mendapat teguran tertulis.

Ngabuburit Happy dan Brownis Sahur dapat teguran [sumber gambar]
Disusul oleh Ngabuburit Happy dan Brownis Sahur yang ditayangkan oleh Trans TV. Dua acara Ramadan ini bukan lagi diberi teguran, tetapi sanksi karena dinilai melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012, seperti yang ditulis oleh situs resmi KPI, kpi.go.id. “Ada tampilan seorang anak yang berperan dan berperilaku layaknya seorang dewasa,” ungkap Ketua KPI pusat, Yuliandre Darwis, mengenai dua program Ramadan milik stasiun Trans TV tersebut. Namun, KPI pusat baru melayangkan teguran satu, masih belum ada sanksi pemberhentian program. KPI pusat hanya menunggu Trans TV melakukan perbaikan pada kedua programnya sehingga tak ada lagi teguran selanjutnya.

Brownis dapat teguran [sumber gambar]
Selain itu, netizen juga mengkritik acara Pagi Pagi Pasti Happy dengan host Uya Kuya dan Nikita Mirzani, milik stasiun Trans TV, serta Dangdut Academy. Hal tersebut dikarenakan acara Pagi Pagi Pasty Happy terlalu mengikut campuri urusan pribadi seseorang dan Dangdut Academy memiliki durasi yang panjang tetapi kurang berfaedah bagi khalayak. Untungnya belum ada peringatan dari KPI pusat terkait dua program televisi yang mendapat kritikan netizen. Nah, Sahabat Boombastis, adakah tayangan televisi yang merupakan favoritmu di antara daftar di atas?