Trending

Cerita Pilu Abdul Jana, Driver Ojol yang Kariernya Hancur Hanya karena Plat Nomer

Setiap pekerjaan memang memiliki risikonya sendiri. Terlebih jika pekerjaan tersebut harus berhadapan dengan banyak orang, termasuk tukang ojek online. Selama ini, mungkin sudah bukan rahasia lagi jika sosial media digunakan untuk tempat menumpahkan keluh kesah. Demikian yang dilakukan oleh Abdul Jana. Pria muda yang sehari-hari mengais rezeki dari mengojek online ini tengah mengalami masalah besar yang disebabkan oleh penumpangnya.

Dari curhatan pendeknya di Facebook, Jana berhasil menarik perhatian puluhan ribu netizen. Pasalnya, meski curhatan tersebut singkat, namun begitu menyesakkan. Berikut ini adalah kronologis yang dialami oleh Abdul Jana, ojek driver yang pekerjaannya dihancurkan karena masalah sepele.

Diawali oleh nomor plat yang bebeda

Modern ini, banyak tindak kriminal di mana-mana. Barangkali, tidak satu dua kali terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan dilakukan oleh driver ojek online. Mungkin si penumpang hanya was-was jika Abdul Jana berniat melakukan tindak kriminal karena nomor plat pada motornya berbeda, hingga akhirnya Jana dilaporkan pada kantor Grab.

Abdul Jana [sumber foto]
Seketika, Jana langsung kena suspend. Dengan demikian, ia pun langsung kehilangan pekerjaannya. Nyatanya, bukan hanya Jana yang kecewa atas keputusan me-report, beberapa netizen juga berkomentar bahwa nomor plat bukanlah hal yang perlu dibesar-besarkan. Jika khawatir, masih ada pilihan untuk meng-cancel pesanan, bukan melaporkan.

Kehilangan pekerjaan untuk menafkahi anak

Kehilangan pekerjaan untuk menafkahi anak

Satu hal lain yang membuat netizen tergerak untuk memviralkan kisah sedih Abdul Jana, adalah foto yang disematkan bersama keluh kesahnya. Dalam foto tersebut, terlihat anak kecil berponi yang tengah bersimpuh dengan muka sedih di dekat makam. Dari nisan, terlihat nama Erni Ernawati. Ya, makam tersebut merupakan peristirahatan terakhir dari istri Jana.

Anak Jana [sumber foto]
Dengan kata lain, Jana merupakan orangtua tunggal yang harus merawat, serta menafkahi putrinya yang masih kecil. Dengan kehilangan pekerjaan sebagai driver ojek online, Jana hanya bisa berdoa agar segera menemukan pekerjaan pengganti. Menanggapi itu, banyak pula netizen yang memberikan komentar berisi doa dan harapan agar Jana terus bersemangat, menganggap segala cobaan yang datang merupakan bagian dari sinetron, yang akan berakhir manis nantinya.

Dianggap pembohong

Dianggap pembohong

Tak semua orang percaya dengan keluhan Jana yang baru kehilangan pekerjaan. Ada juga beberapa netizen yang menganggap jika kisah yang dibagikan oleh Jana merupakan kebohan, bagian dari mencari sensasi. Menanggapi itu, toh Jana hanya mengucapkan terima kasih. Bahkan membalasnya dengan doa, agar orang tersebut dijauhkan dari sifat tercela.

Jana dan anak [sumber foto]
Dan lagi-lagi, kalimat singkat yang diucapkan oleh Jana di sosial media mendapat ribuan respon dari netizen. Doa tak henti-hetinya mengalir. Namun ada juga yang memberikan komentar menghentak, seperti yang diungkapkan oleh Safar Safir, ia mengatakan jika sebagai orang Islam tidak boleh cengeng, harus segera alih profesi karena itu bagian dari iman.

Nomor plat beda, pelanggaran berat?

Nomor plat beda, pelanggaran berat?

Banyak kepala di sosial media, tak heran banyak pendapat juga yang terlontar dalam menanggapi masalah yang menimpa Abdul Jana. Pasalnya, beberapa pihak netizen juga kurang setuju jika Jana terlalu menyalahkan customer. Mengingat banyaknya tukang ojol palsu belakangan ini.

ilustrasi korban kriminal ojol [sumber foto]
Beberapa netizen juga mengaku kalau pernah mendapat tukang ojek online palsu, alias mengaku-ngaku sebagai tukang ojek yang dipesan, bahkan ada yang dilecehkan. Makanya, tak sedikit pihak yang menganggap jika nomor plat berbeda dengan yang tertera di aplikasi merupakan pelanggaran berat. Harusnya, driver mengetahui itu hingga tak lagi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Terkulai di Samping Motor, Driver Ojol Ini Meninggal Dunia saat Sedang Mencari Nafkah

Itulah sedikit kisah Abdul Jana. Dari kisah di atas, ada baiknya jika berpikir sejenak sebelum memutuskan sesuatu. Karena hal kecil yang kita lakukan bisa berpengaruh besar terhadap hidup seseorang. Semoga tak lagi ada driver yang mengalami hal sepedih Jana, apalagi kalau mereka menanggung hidup keluarga dan Ojol adalah satu-satunya pekerjaan.

Share
Published by
Nikmatus Solikha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

20 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago