Namanya di jalan raya, selalu saja ada kemungkinan kecelakaan yang terjadi. Entah itu karena kecerobohan kita maupun orang lain. Oleh sebab itu akan lebih baik kita lebih berhati-hati saat berkendara. Terutama  saat ingin menyalip, lebih baik kita menahan diri jika memang tidak tergesa-gesa atau memang butuh cepat.

Namun percaya atau tidak, kadang ada saja kendaraan di jalan raya yang bikin naluri menyalip kita keluar seketika. Entah itu karena memang terpaksa atau memang takut malah ada bahaya terjadi kalau tidak di salip. Lalu kendaraan apa saja sih yang selalu bikin deg-degan itu? Simak ulasan berikut ini.

Mobil pengangkut ayam potong, bete namun juga butuh

Pengangkut ayam [sumber gambar]
Jujur, bertemu dengan mobil pick up yang satu ini sejatinya adalah sebuah kemalangan tersendiri. Bagaimana tidak, pasalnya selain kadang bulu-bulu ayam yang rontok mengganggu pemandangan di depan mata, bau kotorannya sering bikin mual. Alhasil tak ada pilihan lain selain membiarkannya jalan terlebih dulu atau kita bertahan dengan penderitaan yang tiada tara. Pun demikian, dengan berat hati kita mesti mengakui kalau tanpa ada mereka ini tak mungkin ayam goreng, ayam panggang, dan segala olahan chicken yang kita cintai lainnya bisa dibeli dengan mudah.

Pengangkut tinja yang selalu bikin sreg-sreg gimana gitu

Mobil Tinja [sumber gambar]
Entah mengapa saat berada di belakang mobil tinja atau sedot WC ini sangat gak tenang. Ibarat mau nembak, namun kita tahu dia dekat dengan yang lain, takut ditolak jadinya. Sebenarnya bukan karena apa kita mengalami ketakutan tersendiri saat berada di belakang mobil yang satu ini, tapi kekhawatiran tiba-tiba isinya bocor sehingga yang terjadi setelah itu adalah sesuatu yang luar biasa. Apalagi kalau membayangkan angkutannya keluar semua, mending main gaplek bareng Kim Jong Un meskipun sama-sama ngeri. Jadi, saat tahu mobil tinja ada di depan, segera tancap gas untuk menjauhinya atau kamu adrenalinmu meningkat drastis.

Kendaraan pengangkut sampah yang kadang jadi ancaman luar biasa

Pengangkut sampah [sumber gambar]
Kalau masalah bau, mungkin kendaraan yang satu ini jadi rajanya. Lah bagaimana tidak, angkutannya saja baunya semua menyengat. Lebih ‘busuk’ dari kentut satu juta umat, truk sampah membawa bau tak sedang dengan radius 10 meter di sampingnya. Oleh sebab itu wajar kalau pengendara langsung saja berasa kayak kesurupan dan langsung ngebut ketika berada di belakangnya. Untung-untung sih kalau bisa disalip, nah kalau tidak modyar juga kita bertahan lama dengan baunya. Namun demikian kita juga mesti hargai mereka, tanpa jasanya dunia mungkin tak lagi bersih dari sampah.

Gak kalah dengan pengangkut ayam, pick up ternak pun juga berbahaya

Pengangkut Sapi dan Kambing [sumber gambar]
Kita mungkin bisa bilang kalau mobil pengakut ayam adalah penderitaan level dasar saat di jalan raya. Nah yang lebih hard dari itu, apalagi kalau bukan pengangkut ternak. Kalau masalah bau mungkin hampir sama dengan yang lain, tinggal tutup hidung saja. Tapi kalau berhadapan dengan pengangkut ternak, bersiaplah dengan segala apa pun yang dikeluarkan dari belakang truk. Mulai dari ‘ bongkahan permata hijau’ hingga ‘air kuning surgawi’ yang bisa saja keluar kapan saja dari belakang si ternak. Oleh sebab itu, mau tidak mau mending kita menyalipnya saja, tapi lihat juga keadaannya.

Ini yang paling ngeri, apalagi kalau bukan truk bermuatan berat

Truk muatan berlebih [sumber gambar]
Mau tidak mau, kendaraan-kendaraan ini memang harus dijauhi, bahkan lebih wajib ketimbang mantan. Alasannya tentu lantaran muatannya yang bikin ngeri sendiri. Pasalnya kadang truk atau pick up membawa muatan lebih dari kapasitasnya. Alhasil kemungkinan oleng atau muatan jatuh pun juga tambah besar. Yang paling bikin ngeri adalah saat berada di belakangnya dan pas naik jurang. Saat itu tentu seseorang langsung jadi alim banget lantaran full tawakal takut muatan jatuh ke belakang. Oleh sebab itu ada baiknya saat melihat kendaraan ini kita jaga jarak atau menunggu sampai kendaraannya selesai naik jurang.

Meskipun kadang bikin bete, namun mau tidak mau kita harus mengakui jasa mereka juga yang membuat kita bahagia. Intinya tetap berhati-hati saja saat berjalan raya mengingat kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Dan selalu taati peraturan yang berlaku ya agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.