Pernahkah kamu mendapat pengalaman melihat sekilas teman lama saat sedang berada di suatu tempat tertentu? Atau merasa diikuti ketika perjalanan pulang sendirian? Jika kamu pernah mengalami hal ini, jangan berasumsi hal yang tidak-tidak dulu ya, karena setiap kita punya teman pendamping yang disebut Qorin.

Qorin ini disebutkan dalam kitab suci Al-quran maupun hadits nabi. Namun, bagaimanakah kita mengetahui tentang qorin ini? Itulah yang akan Boombastis.com bahas kali ini, Sahabat. Kita akan mengetahui apakah bisa melihat qorin, perilaku, serta wujudnya. Simak terus ulasannya berikut ya!

Siapakah qorin ini?

Ilustrasi qorin [Sumber gambar]
Disebutkan dalam Al-quran, qorin adalah bangsa jin yang tercipta dari api dan cahaya. Ia bertugas mendampingi manusia ke manapun mereka pergi. Dalam Paranormal Experience Raditya Dika Bersama dengan tim Kisah Tanah Jawa, salah seorang yang disapa Mas Hau, ia mengatakan bahwa dalam budaya jawa sendiri ada yang namanya ‘Dulur Papat Limo Pancer’. Pernyataan tersebut digunakan untuk melukiskan bahwa manusia punya empat jin (qorin) yang menemani sejak mereka lahir ke dunia.

Sifat qorin yang sama seperti pemiliknya

Sifat qorin sama seperti pemiliknya [Sumber gambar]
Qorin ini adalah jin yang memiliki banyak kesamaan dengan orang yang ia dampingi, mulai dari wajah, sifat serta perilaku. Saat seorang melakukan hal yang kurang baik, maka dipastikan jin qorinnya juga melakukan hal yang sama. Jin ini juga ikut ke manapun pemiliknya pergi. Layaknya jin, qorin ini juga bertugas untuk mengajak manusia menyeleweng, menggoda manusia untuk melakukan kesalahan. Jika manusia kemudian patuh dan mendengar apa yang mereka bisikkan, maka misi mereka sudah selesai.

Cara melihat jin qorin

Dalam video Paranormal Experience unggahan Raditya Dika yang berdurasi hampir satu jam tersebut. Tim Kisah Tanah Jawa juga mengungkapkan bahwa manusia sebenarnya bisa melihat qorin mereka masing-masing. Mas Hau memberikan tips, bagi Sahabat yang mungkin berani melakukannya. Untuk melihat si qorin, seseorang harus tertidur lebih dahulu, kemudian bangun tengah malam dan langsung bercermin. Ketika bercermin kamu bisa melakukan sesuatu seperti menempelkan tangan di kaca atau menyisir rambut. Saat sedang beraktivitas seperti di atas, coba berhenti sejenak, jika kemudian yang di cermin masih melanjutkan menyisir atau masih menempelkan tangan, berarti dia adalah qorinmu.

Kapan qorin meninggalkan tubuh yang ia ikuti

Qorin pergi saat seseorang meninggal dunia [Sumber gambar]
Nah, seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa qorin ini adalah jin yang juga bertugas menggoda manusia. Menurut Syaikh Ibnu Utsaimin dalam Majmu’ Fatawa, qorin akan pergi meninggalkan tubuh yang ia ikuti saat seseorang meninggal dunia. Di sisi lain, qorin yang meninggalkan manusia yang ia dampingi saat manusia tersebut hidup bisa saja membuat seseorang menjadi hilang kewarasannya. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang gila karena ingin menguasai ilmu tertentu. Mengapa demikian? Salah satu atau lebih dari keempat jin yang mendampingi kadang tak mampu menerima ilmu yang seharusnya masuk ke dalam tubuhnya, sehingga seseorang menjadi gila.

BACA JUGA: Mengenal 5 Jenis Jin yang Kerap Bertamu ke Dunia Manusia Secara Diam-diam

Jadi, qorin atau yang sering orang bilang dengan kembaran gaib ini memang ada dan nyata. Perilakunya juga sama seperti kita. Hanya saja, sebagai bangsa jin, ia kadang juga ingin menjerumuskan manusia ke dalam hal yang kurang baik.