Terkuaknya kasus Vanessa Angel dan Avriellya Shaqqila membuat jagad maya heboh. Ada yang tak menyangka, ada pula yang malah memanfaatkan momen tersebut untuk mengeluarkan jokes-jokes lucu di berbagai media sosial. Pasalnya, Tarif 80 juta yang katanya dibayar buat mengencani Vanessa terbilang jumlah yang banyak untuk sekali pakai. Walaupun ada yang dibayar lebih mahal hingga 150 juta.

Nah, sejumlah uang yang diberikan kepada para pelaku pekerjaan ini sebenarnya dibagi-bagi loh, Sahabat. Ya, kepada siapa lagi kalau bukan muncikari yang menjadi induk semang dan melindungi mereka. Walaupun pekerjaannya ringan dan sebatas mengurus keperluan yang ‘jualan’, menjadi muncikari bisa mendapatkan fulus menjanjikan.

Pengakuan Eks Muncikari Robby Abbas [Sumber gambar]
Dalam sebuah talkshow bersama Hotman Paris, mantan muncikari Robyy Abbas mengatakan bahwa kasus prostitusi online di dunia artis ini tak akan pernah selesai. Penyebabnya adalah gaya hidup si artis yang hedon, sehingga butuh uang terus menerus. Jalan satu-satunya yang ditempuh dan tanpa modal yaitu prostitusi online.

Sebagai orang yang pernah mendekam di jeruji besi, Robby juga mengatakan bagaimana peranan seorang muncikari. Muncikari ini berperan sebagai orang yang menghubungkan artis dengan pelanggan. Tak melulu pelanggan yang meminta, kadang artisnya sendiri yang meminta diberi pekerjaan tersebut. Bagaimana dengan keuntungan yang mereka peroleh?

Mendapat untung 30 persen [Sumber gambar]
Lebih jauh Robby Abbas mengatakan bahwa semakin artis terkenal, punya nama besar, maka akan semakin mahal harga mereka. Nantinya, muncikari menaikkan harganya saat akan dibooking oleh pemesan. Dari sana-lah para germo ini mendapat keuntungan untuk masuk kantong mereka. Dalam kasus Vanessa Angel, sang muncikari mematok harga 25-80 juta, di mana ia mengambil keuntungan  sebesar 30%. Itu berarti dari Vanessa Angel saja, ia mendapatkan 24 juta Rupiah.

Cara kerja para germo ini tentu berbeda lagi jika yang digaet bukan dari kalangan artis. Mereka merekrut para wanita muda dari mulut ke mulut atau melalui aplikasi. Para gadis muda akan ditawarkan pekerjaan menjadi model, tentu bukan model seperti yang sering terpampang di majalah, melainkan model yang melayani lelaki hidung belang.

Memakai jasa engel atau tangan kanan [Sumber gambar]
Dalam menjalani bisnisnya, germo biasanya tidak bertindak sendiri, ia memiliki karyawan yang menyebut dirinya sebagai angel. Para angel inilah yang menjadi jembatan sebelum pelanggan datang kepada germo. Mereka juga mendapatkan bagian dari kerja kerasnya. Dibayar per pelanggan dan juga mendapat gaji bulanan. Menjadi seorang angel memungkin seseorang mendapatkan gaji 10-15 juta per bulan. Btw, lebih besar daripada gajinya seorang PNS.

BACA JUGA: Vanessa Angel dan Artis-artis Lain yang Terlibat Prostitusi Online

Ya, menjadi seorang muncikari alias germo memang menjanjikan. Cukup ongkang kaki dan telepon sana-sini, sebulan bisa dapat uang puluhan juta. Tapi, hal ini juga sepadan dengan konsekuensi yang harus diterima jika ketahuan seperti muncikari Vanessa Angel.