in

4 Robot Super Canggih yang Berbalik Menyerang Manusia

Semakin lama teknologi semakin canggih. Manusia sekarang sudah mampu membuat sebuah mesin dengan kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligence (AI). Robot yang memiliki kemampuan tersebut, mampu berpikir layaknya manusia.

Sebelum ada AI, kita juga sudah banyak menelorkan robot-robot yang sejatinya diciptakan untuk meringankan pekerjaan. Namun apa mau dikata, ciptaan manusia tak sesempurna milik Sang Pencipta. Error sana-sini sering terjadi pada robot biasa maupun yang sudah diatanami dengan kecerdasan artifisial.

Salah satunya terjadi di Cina. Saat dipamerkan, robot bernama ‘Little Chubby’ memecahkan tembok kaca dan menyerang seseorang. Gara-gara kelakuannya, orang tersebut sampai mengalami luka yang lumayan. Wah serem ya. Simak yuk kasus robot menyerang manusia yang nggak kalah serem berikut ini.

1. Robot Little Chubby Menyerang Pengunjung Pameran

Sebuah robot yang sudah dibekali dengan kecerdasan artifisial, Little Chubby dipamerkan pada gelaran ke 18 Hi-Tech Internasional di Shenzhen, Cina. Robot tersebut dilepas ke pasaran dengan harga yang fantastis, sekitar 27 juta rupiah. Robot berbentuk lonjong ini diciptakan sebagai sarana belajar.

Little Chubby menyerang manusia [image source]
Namun, Little Chubby tiba-tiba memukul tembok gelas yang ada di pameran dan menyerang seseorang. Serangan tersebut mengakibatkan cidera pada orang tersebut. Usut punya usut, ternyata programmer robot tersebut salah memasang kode. Saat dioperasikan, robot tersebut mulai menunjukkan perilaku yang melenceng dari program.

2. Robot Produksi Mobil VW Membunuh Seorang Karyawan

Kasus robot menyerang manusia yang satu ini sampai menghilangkan nyawa orang. Peristiwa ini terjadi di Jerman, tepatnya di Kota Frankfurt. Seorang pegawai kontrak tewas di tempat saat bekerja sama dengan sebuah robot. Robot tersebut seharusnya mengangkat material yang digunakan untuk merakit mobil, tapi ia malah mengangkat pegawai tersebut dan menabrakkannya pada pelat metal besar.

Robot perakit mobil [image source]
Kasus ini baru pertama kali terjadi di Eropa. Banyak peneliti yang berpendapat bahwa ini adalah kesalahan pemrograman. Namun, tetap saja kasus ini membuat was-was banyak orang, karena kejadian ini mirip seperti adegan film.

3. Robot Security Menyerang Balita Berusia 16 Bulan

Peristiwa miris ini terjadi di sebuah tepat perbelanjaan di California. Harwin Cheng, bocah berusia 16 bulan diserang oleh robot security Standford Shop. Robot yang tak dilengkapi dengan senjata dan kamera 360 derajat itu tiba-tiba menyerang Cheng.

Robot security menyerang Harwin Cheng [image source]
Karena serangan tersebut, Cheng terjatuh dengan wajah menghadap ke bawah. Robot tersebut kemudian memukuli kepalanya dan menginjak kaki Cheng. Karena ulah robot tersebut, Cheng mengalami pembengkakan pada kaki.

4. Tay, Robot AI Manis yang Berubah Bengis

Sebuah robot dengan kecerdasan artifisial diciptakan oleh Microsoft lewat akun twitter. Robot berjenis kelamin perempuan ini dibuat agar bisa bercakap-cakap dengan manusia. Tay adalah robot remaja gaul yang bisa diajak berbicara apa saja. Untuk berbicara Tay, kamu cukup mention ke akun twitter miliknya.

Twit Tay yang rasis [image source]
Namun, kurang dari 24 jam kemudian terjadi kesalahan pada Tay. Ia mulai menciutkan hal-hal yang nggak senonoh, berbau fitnah, dan rasis. Usut punya usut, twit Tay tersebut adalah hasil rekaman percakapannya dengan manusia. Karena rekaman tersebut, robot AI cewek remaja ini dimatikan.

Dianugerahi kecerdasan, manusia memang bisa melakukan apa saja. Namun, kalau kecerdasan tersebut kurang diolah dengan baik bisa mengakibatkan kejatuhan umat manusia sendiri. Contohnya robot-robot ini. Nggak ada salahnya memang menciptakan robot, toh juga berguna. Namun, harus dikontrol dengan teliti dan berkala. Kalau nggak bisa jadi buah simalakama.

Written by Sastranagari

Leave a Reply

5 Alasan Kenapa Kita Harus Jadi Samurai Masa Kini

Luar Biasa! Orang Ini Mengaku Temukan Cara Hentikan Tsunami