in

Tindihan Sering ‘Hantui’ Saat Tidur, Ini Lho Cara Tokcer untuk Mengatasinya

Apa yang Sahabat Boombastis takutkan saat tidur? Hmm.. pasti banyak yang bilang tindihan. Yup, fenomena satu ini memang sangat ditakuti karena bikin kita susah bergerak, bernafas hingga berbicara. Maka dari itu, banyak yang mengaitkan peristiwa medis ini dengan hal-hal mistis.

Padahal nih, tindihan bisa dijelaskan secara ilmiah. Namanya adalah sleep paralysis, di mana itu adalah kondisi sebuah ketidaksiapan badan untuk bergerak. Jadi, tubuh kita terasa kaku seperti ditindihi oleh makhluk tak kasat mata. Nah, kalau kalian mengalaminya, ada cara lho untuk mengatasinya.

Jangan panik dengan atur nafasmu

Mengatur nafas [Sumber Gambar]
Kalau badan sudah merasa tindihan, tentunya kita tak bisa lepas dari yang namanya panik. Ya, tapi hal ini justru membuat kita ke kondisi yang lebih parah gengs. Seperti kesulitan dalam bernafas. Jadi ada baiknya untuk tetap tenang dan tidak banyak bergerak. Jika sudah, atur nafasmu agar teratur kembali. Memang butuh waktu, tapi enggak masalah kok, kalian harus sabar agar nafas teratur seperti semula.

Membuat badan menjadi sesantai mungkin

Merilekskan badan [Sumber Gambar]
Cara yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah dengan merilekskan tubuh. Metode ini cukup ampuh agar semua otot dan urat yang ada di dalam tubuh tidak tegang. Tapi pada intinya, sebelum melakukan poin ini kalian harus tenang, tak ada kata panik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau panik akan membuat semuanya menjadi tegang, termasuk otot, urat dan pikiranmu juga.

Gerakkan jari-jari kaki

Menggerakkan jari kaki [Sumber Gambar]
Ketika kalian sudah bisa bangun, coba deh gerakkan jari-jari kaki. Pelan-pelan saja dan sebisa kalian ya. Ini sangat berguna karena menurut beberapa penelitian, jika kaki merupakan salah satu bagian penting yang ada di dalam tubuh. Pasalnya kaki menghubungkan setiap persendian dan saraf. Jadi, harus dicoba nih setelah kalian merasa lebih baik.

Mengepalkan tangan sekuat mungkin

Mengepalkan tangan [Sumber Gambar]
Tadi jari kaki, sekarang tangan. Kalian perlu menggerakkan jari-jari tangan secara perlahan. Kalau sudah merasa lebih enakan, bisa kepalkan tangan sekuat mungkin setinggi dada. Hal ini dilakukan untuk merilekskan otot-otot tangan yang kaku akibat tindihan tadi. Lakukan pengepalan tangan ini agak lama, supaya otot bisa menjadi lemas kembali.

Berusaha batuk-batuk agar seluruh tubuh bergetar semua

Batuk-batukan diri [Sumber Gambar]
Meskipun tidak ada yang menghambat di tenggorokan, ada baiknya kalian tetap batuk-batuk. Fenomena ini penting untuk dilakukan agar dapat membuat getaran di seluruh tubuh. Nah, jika tubuh sudah bergetar, maka akan membantu kalian terlepas dari rasa sakit setelah tindihan. Terutama adalah bagian dada karena kesulitan dalam bernafas.

BACA JUGA : 6 Peristiwa ‘Tindihan’ Paling Menakutkan, Pernah Alami Salah Satunya?

Cara-cara ini bisa kalian lakukan gengs untuk mengatasi tindihan. Cukup mudah memang, tapi alangkah baiknya dilakukan secara perlahan. Pasalnya, metode-metode ini akan tidak berguna jika kalian melakukannya secara terburu-buru.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kantong Berisi Air Kerap Ampuh Usir Lalat? Ternyata Begini Penjelasan Ilmiahnya

‘Ceplok’ Telur di Kepala Pejabat ‘Rasis’, Pemuda Nekat ini Malah ‘Kebanjiran Hadiah’