Tangan mati rasa kerap disepelekan oleh banyak orang. Ya karena fenomena kesehatan satu ini hanya berjalan beberapa menit atau bahkan detik saja. Sehingga, sampai saat ini tangan mati rasa bukanlah hal yang ditakutkan layaknya serangan jantung.

Tapi Sahabat Boombastis, kejadian yang sering diremehkan ini ternyata tak boleh diabaikan begitu saja. Dilihat dari kacamata kesehatan, kalau tangan mati rasa ini bisa merupakan gejala awal penyakit berbahaya. Contohnya seperti beberapa penyakit yang ada di bawah ini.

Adanya penyakit multiple sclerosis di dalam tubuh

Multiple Sclerosis [Sumber Gambar]
Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan tangan mati rasa adalah multiple sclerosis. Itu merupakan penyakit yang menyerang sel-sel saraf pusat pada otak, mata dan juga sumsum tulang belakang. Nah, menurut Dr Sorrel Bickley dari MS Society, kalau penyakit satu ini bisa menyebabkan tangan mati rasa lantaran beberapa saraf tidak berfungsi dengan baik. Namun, biasanya fenomena mati rasa pada penyakit tersebut tak hanya terjadi di tangan saja Sahabat Boombastis. Tapi juga pada bagian kaki dan wajah.

Bisa jadi kemunculan dari penyakit carpal tunnel syndrome

Carpal Tunnel Syndrome [Sumber Gambar]
Tangan mati rasa juga bisa kita temukan pada penyakit Carpal Tunnel Syndrome. Ini merupakan kondisi yang paling umum dari penyebab tangan mati rasa. Carpal Tunnel Syndrome merupakan bentuk dari saraf medianus yang terjepit layaknya selaing air ketika diinjak. Maka berimbas pada tangan yang serasa tidak ada nyawanya sama sekali. Fenomena kesehatan satu ini dapat terjadi lantaran aktivitas yang melibatkan tangan dan dilakukan setiap hari. Menurut Tim Allardyce selaku ahli fisioterapis, contoh dari aktivitasnya adalah penggunaan keyboard yang biasanya dilakukan setiap hari oleh pekerja kantoran.

Wanita dalam masa menopause

Masa menopause [Sumber Gambar]
Bagi para wanita yang usianya sudah di atas 40 tahun, mungkin tangan mati rasa pernah dialami. Ya, ini karena tangan mati rasa merupakan suatu gejala dari wanita yang sedang mengalami masa menopause. Menurut Dr Elaine GP Tickle, kalau fenomena ini biasanya diawali dengan kesemutan pada bagian tangan dan dialami dalam jangka waktu yang cukup lama. Pada umumnya, fenomena kesehatan tersebut terjadi ketika ada perubahan pada hormonalnya.

Melihat ulasan di atas, sebaiknya tangan mati rasa tidak diremehkan lagi. Sebab, beberapa di antaranya, butuh metode penyembuhan yang cukup lama Sahabat Boombastis. Oleh sebab itu, jika kalian mengalami tangan mati rasa, alangkah lebih baik untuk secepatnya memeriksakan ke dokter. Tapi pemeriksaan ke dokter diperuntukkan bagi kalian yang mengalami tangan mati rasa berulang kali ya. Kalau tangan mati rasa terjadi hanya sekali atau dua kali, mungkin itu hanya ada gangguan kecil pada organ tubuh kalian.