Fakta Kadupul, Bunga Paling Mahal Sedunia Tak Bisa Dibayar Dengan Apapun

oleh Nikmatus Solikha
13:30 PM on Feb 21, 2017

Mungkin kita masih ingat dengan fenomena “Gelombang Cinta” di Indonesia. Tanaman yang mahalnya nggak karuan ini bikin penasaran banyak penggemar tanaman, hingga mereka berbondong-bondong koleksi. Saat itu, nilai gelombang cinta bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah, nilai yang cukup fantastis untuk ukuran tanaman hias.

Namun, karena fakta bahwa tanaman tersebut mudah dikembangbiakkan membuatnya tak lagi bernilai tinggi. Bahkan mungkin beberapa orang memberikan bibitnya secara cuma-cuma. Karena memang kelangkaan yang membuat suatu tanaman bisa jadi sangat tak ternilai harganya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Sebut saja bunga Kadupul yang memiliki nama latin Epiphyllum oxypetalum, masih sodara dengan Epiphyllum anguliger yang merupakan nama latin dari Wijaya Kusuma yang marak di Indonesia. Namun, berbeda dari Wijaya Kusuma yang tak begitu mahal, Kadupul ini memiliki harga sangat tak ternilai. Berikut ini adalah fakta tentang bunga paling mahal sejagad tersebut.

Asal usul Kadupul

Tanaman berbunga putih yangbisa tumbuh hingga ketinggian 30 cm ini punya habitat alami di hutan hujan tropis. Negeri aslnya dari Sri Lanka, namun Kadupul bisa ditemukan di negara-negara lain seperti India dan Amerika. Saat ini budidaya bunga tersebut tengah dilakukan di berbagai belahan dunia.

Bunga kadupul [image source]
Bunga ini cenderung memiliki waktu mekar yang sangat singkat, hanya berkisar dua jam saja. Namun, mekarnya bunga tersebut sungguh memberikan berkah bagi sekelilingnya, sebab bunga ini memancarkan aroma wewangian yang mempesona, begitu sulit dijabarkan dengan kata-kata. Keindahan yang langka ini membuatnya jadi mahal tak karuan.

Hanya mekar setahun sekali

Selain hanya mekar dalam beberapa jam, ada lagi yang membuat bunga tersebut punya nilai jual tinggi. Kadupul kerap dijuluki “Ratu Malam”, hal itu karena bentuk bunganya terlihat seperti mahkota yang begitu elegan. Tapi, waktu mekarnya hanya satu kali dalam setahun.

kadupul mekar setahun sekali [image source]
Perkiraannya sekitar akhir Juni atau di awal bulan Juli. Dalam tiap tunas, biasanya ada beberapa bunga yang akan mekar. Tiap bunganya hanya mekar beberapa saat di malam hari. Kuncup yang tersisa akan mengalami proses yang sama secara bergantian. Mungkin kalau kita memilikinya, bisa-bisa waktu mekar tersebut bakal direkam dengan video saking berharganya.

Mitos tentang bunga

Sementara di India, bunga Kadupul mendapat julukan “Brahma Kamalam”. Masyarakat percaya bahwa hanya orang beruntung saja yang bisa menyaksikan mekarnya bunga Kadupul. Dan siapapun yang bisa menangkap momen mekar tersebut, konon doanya akan terkabul.

mitos bunga kadupul [image source]
Bunga ini juga memiliki nilai begitu tinggi di Jepang. Di mana ia lebih disebut-sebut dengan “Kecantikan di bawah bulan”. Tak peduli di manapun Kadupul berada, ia memang selalu terlihat bak bangsawan dari kaum tanaman. .

Legenda bunga Kadupul

Hingga saat ini, bunga Kadupul begitu sulit untuk diperjual belikan. Jangankan mau dijual, harganya berapa pun tak ada yang bisa menentukan. Ada yang bilang kalau bunga ini lebih mahal dari Juliet Rose, bunga mawar cantik yang harganya 200 milyar. Wuih…. Legendanya, bunga tersebut memang bukan bunga biasa. Konon ia merupakan persembahan naga dari surga untuk para dewa.

legenda bunga kadupul [image source]
Selain keindahannya yang memukau, bunga tersebut juga memancarkan keharuman saat mekar di malam hari. Di dunia, bunga tersebut begitu sulit ditemui. Bahkan dari negeri asalnya, Sri Langka, bunga tersebut masih terhitung sangat sedikit.

Tak heran jika kadupul bisa menjadi bunga paling mahal yang harganya tak ternilai, hal itu karena kelangkaan dan keindahannya yang memukau. Bercermin dari bunga mahal tersebut, barangkali manusia juga bisa menjadi pribadi yang sangat bernilai jika memiliki kepribadian yang ‘cantik’.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA