Tak Ditanggung BPJS Kesehatan 100%, Penderita 8 Penyakit Ini Menangis Miris

Padahal bagi rakyat kecil BPJS Kesehatan merupakan penyelamat bagi mereka

oleh Harsadakara
14:00 PM on Nov 25, 2017

Selama ini kita sebagai rakyat Indonesia sangat terbantu dengan adanya BPJS. Bukan hanya kalangan menengah ke bawah saja, tapi siapapun yang memang membutuhkan bantuan dan memiliki akses BPJS Kesehatan, akan diringankan biaya perawatannya. Bisa dibilang, tak perlu khawatir lagi berlarian ke sana sini untuk pinjam uang di tengah biaya rumah sakit yang melilit.

Bicara soal BPJS Kesehatan yang sudah disinggung sedari tadi, boombers sekalian sudah tahu kah apa kepanjangan dan fungsi dari hal tersebut sebenarnya? BPJS Kesehatan adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Sebuah asuransi yang diciptakan untuk membantu para pekerja untuk meringankan beban perawatan di beberapa rumah sakit yang telah diajak bekerja sama.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

BPJS Kesehatan [image source]
Banyak pasien yang sangat terbantu dengan adanya BPJS Kesehatan ini. Selain memang penangan yang cepat tepat, biayanya juga menjadi berkali lipat lebih ringan. Namun, baru-baru ini BPJS Kesehatan mengeluarkan kebijakan baru bagi seluruh pesertanya. Hal ini dinyatakan langsung oleh Direktur Utamanya, Fahmi Idris. Ia menyatakan bahwa mulai sekarang, BPJS Kesahatan tidak akan mendanai secara utuh peserta dengan penyakit kronis versi mereka, karena selama ini anggarannya membengkak hanya untuk membiayai penyakit tersebut. Sehingga, banyak pasien di luar penyakit itu yang kurang tertangani akibat bocornya dana yang digunakan untuk fokus di 8 penyakit kronis tersebut.

Fahmi Idris [image source]
Fahmi Idris menyatakan bahwa 8 penyakit kronis yang tidak lagi ditanggung 100% oleh BPJS Kesehatan adalah jantung, gagal ginjal, kanker, stroke, sirosis hepatitis, thalassemia, leukimia, dan hemofilia. Hal ini diputuskan bukan tanpa alasan, tahun 2017 saja BPJS Kesehatan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 6,51 triliun hanya untuk penyakit jantung dengan kasus mencapai 7,08 juta. Biaya yang dikeluarkan untuk pengidap penyakit jantung saja setara dengan penanganan kasus dari bulan Januari hingga September, ungkap Fahmi Idris. Memang rasanya kurang adil jika mementingkan beberapa pasien pengidap penyakit kronis saja, tapi jika tidak ada bantuan dari BPJS Kesehatan bagimana nasib para pasien tersebut? Apalagi mereka dari kalangan menengah ke bawah.

Rumah Sakit BPJS [image source]
Untungnya BPJS Kesehatan memiliki solusi yang baik. Ternyata, pemotongan biaya itu hanya ditujukan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari golongan mampu dan peserta mandiri. Sehingga, mereka yang berasal dari golongan menengah ke bawah tetap tak perlu khawatir dengan keputusan BPJS Kesehatan yang terkesan mendadak ini. Fahmi Idris juga mengungkapkan bahwa keputusan ini memang harus disosialisasikan agar para pemegang kartu BPJS Kesehatan tidak kaget jika nanti dirinya ditolak pihak rumah sakit jika tetap memaksakan keputusannya. Hal ini juga bisa menjadi tamparan keras bagi para pasien yang selama ini meminta penanganan yang instan segera diproses kepada pihak rumah sakit menggunakan BPJS Kesehatan. Padahal, masih banyak pasien lain yang memang harus didahulukan.

Dengan sosialisasi yang digencarkan oleh pihak BPJS Kesehatan ini masyarakat bisa tahu penyakit mana saja yang kronis dan harus didahulukan, serta penyakit apa saja yang sekarang biayanya tidak tercover 100%. Bagi kalian pemegang kartu BPJS Kesehatan harus mulai siaga dari sekarang, siapa tahu nanti di tengah-tengah kalian berobat, kartu As tersebut tidak bisa digunakan dan biaya yang kalian harus bayar malah membengkak.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA