Inilah 5 Mitos Ngawur Tapi Berhasil Saat Ngerental PS, Pasti Sempat Kamu Percayai

Hayo siapa yang main ps kabelnya digulung sambil mesinnya diganjal

oleh Arief Dian
15:00 PM on Nov 25, 2017

Playstation 1 dan 2 ibarat sebuah pendobrak hiburan di era 90-an. Di mana kegiatan bermain biasanya menggunakan fisik saja, hadir lah sebuah hiburan baru tanpa mengeluarkan tenaga. Alhasil merebaklah rental PS sebagai simbol kebangkitan era permainan modern.

Namun siapa sangka saat era keemasan rental PS dulu, ternyata banyak mitos-mitos mengenai bermain PS yang sempat dipercayai banyak orang. Mulai dari memiringkan mesin hingga menggulung stik saat bermain sempat dilakukan. Meskipun tidak teruji secara ilmiah, namun  nyatanya hal itu berhasil. Lalu mitos apa saja itu?

Baca Juga
11 Foto Ini Tunjukkan Betapa Kocaknya Emak-emak Ketika Baru Pakai WhatsApp
Sudah Lama Bubar, Begini Kabar Personil Trio Kwek-Kwek yang Dulu Jadi Pujaan Kids ’90an

Stik PS digulung agar kontrol gak ke mana-mana

Stik PS digulung saat main [image source]
Zaman dulu, namanya PS adalah barang yang termasuk mewah, mungkin sekelas iPhone X sekarang. Oleh sebab itu, bocah dulu, ketimbang harus beli mahal-mahal, lebih memilih menyewa di rentalan. Namun sayang namanya ngerental, pasti ada kendala, salah satunya ya stik error. Alhasil karakter yang diarakan ke mana, jalannya malah sebaliknya, kita pun sering dibuat jengkel gak karuan. Apalagi kalau sedang main winning eleven atau moto GP bareng teman, akhirnya kita yang dianggap gak becus karena sering kalah. Padahal kan semua salah stik. Kadang buat mengakalinya sering kali menggulung stik agar bisa dimainkan. Mungkin kelihatannya hanya mitos biasa, tapi nyatanya berhasil juga.

Tiupan pada memory card akan memperlancar kinerja PS yang nyandet

Memory Card [image source]
Entah sejak kapan kebiasaan ini ada, namun ternyata cukup banyak orang yang sempat melakukannya, kamu mungkin salah satunya. Ya, pasti ingat dong dulu saat CD tiba-tiba nyandet saat asyik-asyiknya main. Saat itu pula lah temen kita nyaranin untuk mencabut memory card, meniupnya dan memasangnya kembali. Sebenarnya, sampai saat ini masih belum ditemukan korelasi antara kinerja PS meningkat dengan memory card ditiup. Namun anehnya, ternyata  benar ada yang bisa lancar kembali PSnya, namun juga banyak yang masih nyandet.

Minyak angin sebagai pelancar CD, pelumas stik dan banyak kegunaan lainnya

Membersihkan CD [image source]
Bagi yang pernah merasakan nikmatnya main di rental PS, pasti sangat akrab dengan barang yang satu ini. Bukan untuk ditempelkan pada tubuh yang sedang meriang, namun buat membersihkan CD yang sering nyandet. Memang benar sih, alhasil lapisan kaset PS tadi jadi bersih bahkan goresannya hilang seketika, namun sayang kadang kalau dipakai permainannya ikut lenyap juga, nasib-nasib. Tidak hanya sebagai pembersih CD, minyak angin juga digunakan pelumas stik hingga pembersih memory card. Entah siapa orang pertama yang mempopulerkannya, namun yang jelas banyak orang juga ikut memakainya.

Kemiringan sebuah PS akan mempengaruhi kinerjanya dalam memutar kaset

Mengganjal atau memiringkan PS [image source]
Teori absurd lain yang sempat ada adalah di mana kita sering memiringkan PS ketika permainan lagi nyandet atau mesin panas. Bahkan tak jarang yang sampai membaliknya hingga membuat berdiri mesinnya untuk memperoleh posisi yang tepat agar permainan berjalan. Namun siapa sangka teori ngawur ini juga sering berhasil. Ya, permainan yang tadinya tidak bisa dilanjutkan tiba-tiba langsung bisa kembali. Bahkan tak jarang pemilik rentalnya pun memakai cara ini, meskipun tidak teruji di ITB dan IPB.

Hembusan cinta pada optik membuat kinerja mesin meningkat

Tiupan saat PS [image source]
Hal ngawur terakhir yang juga sering dilakukan oleh para pengguna rental PS ini adalah meniup optik PS saat mesin tidak bekerja seperti sewajarnya. Tipuan demi tipuan pun dihembuskan demi melanjutkan permainan. Namun jika tidak terjadi apa-apa, maka kaset lah yang perlu diberi hembusan cinta, kemudian dibersihkan dengan kapas atau minyak angin tadi. Namun kalau tidak bisa juga, maka tinggal berdoa saja pada yang maha kuasa atau berharap keberuntungan lain.

Nah itulah sekian mitos ngawur saat main PS namun juga sering berhasil. Mungkin ini sebuah bukti kalau memang anak zaman dulu itu selalu punya cara kreatif dalam menyelesaikan masalah, meskipun kadang malah lebih parah. Tapi yang penting kan sudah berusaha.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA