Adanya batu meteor yang ditemukan orang Indonesia beberapa waktu yang lalu pastinya bikin geger. Apalagi benda tersebut dijual dengan harga yang lumayan mahal tentunya bikin kita jadi iri. Seandainya bisa dapat bongkahan kecil saja sudah bikin kaya dan makmur apalagi dapat yang luar biasa besar.

Nah, bicara soal temuan langka yang bikin kaya, ada satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan. Benda ini adalah batu empedu babi yang ternyata juga bikin tajir para pemiliknya. Lalu seperti apakah info mengenai benda itu? Simak ulasan di bawah ini.

Harta karun di dalam perut seekor babi

Meskipun dikenal sebagai binatang yang malas, siapa sangka kalau seekor babi ternyata memiliki harta karun dalam perutnya. Tepatnya pada bagian empedu, jika terdapat gumpalan seperti bulu ternyata bisa bikin langsung tajir si penemunya. Benda tersebut adalah batu empedu babi yang diklaim bisa dijual sangat mahal dan tidak kalah dengan harga muntahan paus.

Batu Empedu Babi [sumber gambar]
Beberapa tahun yang lalu, seseorang di Cina berhasil menjual batu empedu babi dengan harga setara dengan Rp8,1 milyar. Benda yang juga diberi nama Benzoar ini memang sangat langka sehingga wajar kalau harga jualnya yang gak main-main.

Manfaat luar biasa dari batu empedu ini

Satu hal yang bikin Benzoar mahal bukan main selain karena kelangkaannya adalah manfaatnya yang luar biasa. Batu empedu babi ini sebenarnya berasal dari makanan dan nutrisi yang tak terserap secara baik hingga akhirnya jadi seperti itu. Namun demikian tidak semua babi memiliki batu empedu jadi wajar kalau barang ini langka.

Manfaat Benzoar [sumber gambar]
Benzoar digunakan sebagai penghilang racun dalam tubuh manusia dan sudah pernah dipakai dalam sejarah. Pada tahun 1600-an, di Inggris benda ini sempat disebut sebagai obat ajaib dan sampai sekarang masih digunakan terutama di daratan Cina. Tak peduli berapa pun harganya, akan selalu ada orang yang siap untuk menawar harga mahal.

Benzor sempat masuk dalam film Harry Potter

Bagi para penggemar film Harry Potter tentunya tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Ya lantaran banyak yang percaya akan khasiat batu empedu babi ini membuatnya jadi referensi dalam film. Dilansir dari Grid, benda ini pertama dibicarakan pada kelas ramuan yang diajar oleh Prof Snape.

Muncul di Harry Potter [sumber gambar]
Mirip dengan dunia nyata, khasiatnya juga menghilangkan racun yang ada dalam tubuh. Tak sampai di situ, Benzoar rupanya dipakai kembali dalam film saat adegan Harry menolong Ron ketika sedang keracunan minuman. Dipakainya Benzoar dalam film mungkin jadi bukti sohornya barang yang satu ini.

Lalu apakah di Indonesia ada?

Sampai saat ini masih belum ada orang Indonesia yang benar-benar terbukti berhasil menemukan barang langka yang satu ini. Seperti yang kita ketahui, muntahan paus mungkin sering ditemukan oleh orang Indonesia tapi batu empedu babi tidak. Namun demikian ada beberapa orang yang menjual batu empedu babi di toko online dengan harga yang lumayan.

Harga batu empedu babi

Batu empedu babi sebesar kepalan tangan dijual dengan harga Rp3 juta hingga ratusan ribu per gramnya, harga ini sudah lumayan mahal bukan? Meskipun begitu belum diketahui apakah barang yang dijual di toko online itu autentik, hanya para ahli yang bisa menentukan keasliannya.

BACA JUGA: Gigi hiu hingga Muntahan Paus, Bagian Tubuh Hewan Ini Banyak Dicari karena Bernilai Tinggi

Meskipun daging babi haram bagi yang beragama Islam namun ternyata batu empedunya bisa dijual buat mereka yang membutuhkan. Ya, gak cuma dapat untung tetapi juga bisa membantu sesama adalah hal yang luar biasa. Memang Tuhan menciptakan sesuatu selalu ada manfaatnya.