Bidang arsitektur telah memberikan kontribusi yang amat banyak dalam hal merancang sebuah bangunan besar untuk menyaingi keajaiban alam yang tak terbatas jumlahnya. Arsitektur modern juga telah banyak mewariskan banyak bangunan yang menakjubkan bagi dunia. Seperti beberapa bangunan modern yang dibangun pada abad ini, banyak bangunan unik dengan bahan material baru dan tentu berbekal desain yang ambisius.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Bangunan Dari Mata Dunia

Berbagai model bangunan pencakar langit yang sangat tinggi menjadi pemandangan yang biasa dilihat di berbagai negara. Semua karya itu berasal dari sebuah desain seorang arsitek yang pandai dalam bidang arsitektur. Desain yang nampaknya mustahil dibangun bisa disulap menjadi bangunan yang nyata. Berikut 7 bangunan paling aneh di dunia.

Artikel Lainnya
Dianggap Tim Lemah, Beginilah Kiprah Menawan Bangladesh yang Sempat Selamatkan Timnas
Lindswell Kwok Jadi Peraih Emas Kedua, 15 Netizen Twitter Ini Ndagel Tentang Dirinya

1. The Crooked House – Polandia

Dikenal dengan nama The Krzywy Domek atau dalam bahasa Inggris berarti Crooked House (Rumah Bengkok) merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang berada di pusat kota Sopot, Polandia. Crooked House disebut-sebut sebagai salah satu keajaiban arsitektur di era modern karena bentuknya yang aneh.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Crooked House sendiri sebenarnya sebuah bangunan dengan bentuk tidak teratur yang dibangun pada tahun 2004. Bangunan ini menempati lahan seluas 4.000 meter persegi dan merupakan bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent. Sang arsitek bangunan ini adalah Szotynscy & Zaleski, mereka mengaku mendapat inspirasi dari sebuah ilustrasi buku dongeng.

Crooked House terlihat seperti bangunan yang meleleh kepanasan sehingga bentuknya menjadi lentur dan terkesan bengkok tak teratur. Karena desain yang unik tersebut, bangunan ini menjadi destinasi wisata yang populer di mana di dalamnya terdapat restoran, bar, dan toko-toko. Bahkan bangunan ini menjadi tempat yang paling banyak di foto di Polandia.

2. Dancing House – Republik Ceko

Tidak hanya manusia saja yang bisa berdansa namun sebuah bangunan juga bisa dibuat seolah-olah sedang saling memeluk layaknya adegan dalam berdansa. Bangunan dengan konsep yang unik ini bisa Anda temukan jika jalan-jalan ke Republik Ceko. Di Kota Praha ada sebuah bangunan yang dibangun melengkung dan menempel pada bangunan di sebelahnya. Sepasang bangunan ini nampak romantis bersanding satu-sama lain.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

The Dancing House atau disebut juga dengan Fred and Ginger merupakan julukan yang diberikan pada gedung Nationale-Nederlanden di Praha, Republik Ceko. Ini merupakan sebuah karya arsitektur yang menakjubkan dan memiliki daya tarik romantis tersendiri. Perhatikan bagaimana gedung tersebut dibangun, mereka terlihat saling memeluk satu sama lainnya seperti dalam adegan dansa.

Bangunan unik ini diarsiteki oleh Vlado Milunic yang bekerja sama dengan Frank Gehry. Mereka berhasil membuat bangunan yang mampu menyedot perhatian banyak orang yang pada akhirnya menjadikan bangunan tersebut menjadi landmark kota Praha.

3. Niteroi Contemporary Art Museum – Brasil

Hampir semua bangunan yang memiliki desain aneh selalu menjadi landmark kota di mana bangunan tersebut berdiri. Begitu juga dengan bangunan yang satu ini, Niteroi Contemporari Art Museum telah menarik perhatian baik penduduk lokal maupun turis mancanegara yang berlibur ke Brasil. Bukan koleksinya yang membuat banyak orang terkagum-kagum melainkan bentuk bangunannya yang terbilang unik.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Niteroi Contemporary Art Museum berada di kota Niteroi, Rio de Janeiro, Brasil. Bangunan ini telah menjadi salah satu ikon utama dari kota Niteroi. Bangunan setinggi 16 meter dengan diameter kubah mencapai 50 meter ini berbentuk seperti piring terbang milik alien yang datang dari dunia lain. Dibangun pada tahun 1996 dan dirancang oleh Oscar Niemeyer dengan bantuan Bruno Contarini, bangunan menakjubkan ini telah berhasil mendapatkan hati orang-orang yang menyaksikannya.

4. Habitat 67 – Montreal, Kanada

Merancang bangunan unik sudah pasti memiliki tingkat kesulitan tersendiri pasalnya sang arsitek harus memperhitungkan betul tingkat stabilitas bangunan yang akan mereka buat. Tak heran jika mayoritas gedung di dunia didesain simetris sebab bentuk ini dianggap memiliki tingkat kestabilan yang tinggi. Namun ada sebuah gedung di Kanada yang didesain mirip tumpukan balok yang jauh dari kata simetris, yaitu Habitat 67.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Habitat 67 adalah sebuah kompleks perumahan di Montreal, Kanada. Gedung ini dirancang oleh arsitek dari Israel bernama Moshe Safdie. Lokasinya berada di 2600 Avenue Pierre-Dupuy, Marc-Drouin Quay sebelah sungai Saint Lawrence.

Secara umum kompleks perumahan Habitat 67 ini dianggap sebagai landmark arsitekturnya Kanada dan termasuk salah satu bangunan yang paling mudah dikenali baik di Montreal maupun Kanada. Meski terlihat seperti balok-balok kayu yang ditata tak beraturan namun bangunan tersebut sangat stabil dan nyaman untuk ditinggali.

5. La Pedrera – Spanyol

La Pedrera dikenal juga sebagai Casa Mila merupakan bangunan yang dirancang oleh arsitek Catalan bernama Antoni Gaudi dan dibangun selama rentang waktu enam tahun sejak 1906-1912. Bangunan ini bisa dijumpai di distrik Eixample Barcelona, Catalonia, Spanyol.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Gedung ini memiliki kisah yang unik, pada awalnya rumahtersebut dirancang oleh Gaudi untuk pasangan yang sudah menikah. Meski memiliki gaya yang unik namun saat itu bentuk bangunannya dianggap tidak konvensional. Saat ini bangunan tersebut dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Pengunjung diperbolehkan untuk naik ke atas gedung dan menikmati karya arsitektur bangunan tersebut dari dekat.

6. Forest Spiral – Jerman

Bangunan aneh berikutnya adalah sebuah bangunan yang bentuknya seperti spiral. Forest Spiral, seperti namanya merupakan sebuah bangunan berbentuk spiral yang berfungsi sebagai perumahan. Bangunan ini berada di Darmstadt, Jerman, dan dibangun pada tahun 1990-an.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Forest Spural yang memiliki nama lain Waldspirale ini didesain oleh seniman Austria, Friedensreich Hundertwasser. Pada prosesnya pembangunan gedung ini dilakukan oleh Heinz M. Springmann sebagai arsiteknya dan Bauverein Darmstadt sebagai perusahaan pelaksana pembangunan. Gedung unik beratap hijau ini benar-benar menakjubkan dan baru selesai pembangunannya tahun 2000.

7. Cubic Houses – Rotterdam, Belanda

Ketika pertumbuhan penduduk di dunia makin besar maka kebutuhan akan tempat tinggal juga meningkat. Lahan kosong menjadi sasaran utama untuk dibanguni rumah-rumah sehingga tidak ada lahan lagi di permukaan bumi kecuali tembok-tembik perumahan. Nampaknya inilah yang menjadi inspirasi arsitek rumah kubus di Belanda. Mereka ingin menciptakan hunian yang layak tanpa harus memakan banyak lahan di permukaan.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Rumah-rumah kubus adalah seperangkat perumahan inovatif yang dibangun di Rotterdam dan Helmond, Belanda. Rumah ini dirancang oleh arsitek Piet Blom berdasarkan konsep hidup adalah atap sebuah perkotaan. Artinya rumah tersebut dibangun diatas sebuah tiang penyangga sehingga menyisakan ruang yang terbuka yang cukup luas di bawahnya.

Rumah-rumah ini dibangun lazimnya rumah pada umumnya, menggunakan material batu bata dan semen namun yang unik rumah ini berada di atas dan disangga oleh tiang penyangga seperti rumah pohon hanya saja yang menyangga di sini adalah beton. Ada 38 rumah berbentuk kubus yang saling berkaitan dan menjadi hunian yang nyaman.

Baca Juga : Bangunan Bersejarah Paling Megah di Dunia

Berbagai model arsitektur telah dibuat oleh manusia di seluruh dunia. Banyak sekali karya tangan manusia yang menakjubkan dan membuat orang-orang disekitar berdecak kagum karenanya.