Sedari muda, Presiden Joko Widodo memang dikenal sebagai pecinta sejati band metal dunia. Sebut saja Metallica, Napalm Death hingga Judast Priest. Alhasil, Presiden ke7 RI tersebut termasuk sosok pemimpin negara yang unik daripada para pendahulunya. Tak sekedar hobi mendengarkan lagu-lagu yang full dengan distorsi dan suara kencang tersebut, Jokowi juga kerap menghadiri konser mereka jika ada kesempatan.

Bahkan, salah seorang personil dari Napalm Death sempat mengirim surat pada Jokowi agar membatalkan sebuah keputusan hukuman mati. Sang anak Kaesang Pangaraep, bahkan sempat melontarkan kejenuhannya saat satu mobil dengan sang ayah. Ia merasa enggan karena harus mendengar musik rock sepanjang perjalanan. Ngomong-ngomong, band apa aja sih yang jadi favorit Jokowi?

Diundang langsung oleh band Judas Priest

Jokowi diundang Judas Priest via Twitter [sumber gambar]
Dilansir dari news.detik.com, Band metal asal Inggris, Judas Priest berencana akan menggelar konser di Jakarta pada 7 Desember 2018. Presiden Jokowi, menjadi tokoh penting di Indonesia yang diundang oleh grup musik tersebut. Personilnya bahkan mengungkapkan keinginan mereka agar presiden ke-7 itu bersedia menghadiri konser mereka. “Dear President @Jokowi – We cordially invite you to attend our show on 7th December at Echopark Ancol and will be extremely honoured by your acceptance,” tulis Judas Priest di akun Twitter yang dilansir dari news.detik.com.

Hadir langsung dan diberi hadiah oleh Metallica

Jokowi dihadiah Box Set Metalliaca [sumber gambar]
Saat James Hetfield dan kawan-kawan manggung di Gelora Bung Karno (GBK) pada 2013 lalu, Jokowi menyempatkan diri untuk menonton konser mereka secara langsung. Saking senangnya, band cadas asal Los Angeles, AS tersebut rela memberikan beberapa benda kepada Jokowi. Dilansir dari kumparan.com, bassit Robert Trujillo memberikan sebuah gitar miliknya. Selain itu, drummer Lars Ulrich juga menghadiahi Jokowi box set Metallica yang dititipkan pada PM Denmark, Lars Lokke Rasmussen.

Jokowi nonton konser langsung Guns n Rosses

Jokowi hadir langsung menonton konser Gun’s n Roses [sumber gambar]
Tak hanya menggemari lagu-lagunya, Jokowi turut hadir melihat aksi Axl Rose dan kawan-kawan saat mereka menggelar konser di gedung indoor Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol pada 2012 lalu. Dilansir dari liputan6.com, dirinya bahkan sempat melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah menyiapkan kaus metal, bergambar Guns N’ Roses. “Cuma siapin kaos saja, nih yang lagi saya pakai sekarang,” ujarnya yang dilansir dari liputan6.com.

Jokowi ternyata fans berat band Lamb of God

Jokowi dipuji vokalis Lam Of God [sumber gambar]
Memang tak salah bila vokalis band lamb of God, Randy Blythe dengan bangga menceritakan tentang sosok Jokowi. Selain menggemari lagu mereka, presiden ke-7 Indonesia itu juga pernah mengunggah foto dirinya yang mengenakan kaos band groove metal asal Virginia, As tersebut. Dilansir dari entertainment.kompas.com, dalam kolom instagramnya, Randy banyak berkomentar tentang sosok Jokowi yang menurutnya seorang presiden penggila musik Heavy Metal.

Sosok presiden yang ikut mendengarkan Megadeth

Jokowi dan Ganjar Pranowo diundang nonton konser oleh Megadeth [sumber gambar]
Setelah band Judas Priest yang ingin mengundang Presiden Jokowi, grup asal Los Angeles, AS tersebut, rupanya menginginkan hal yang serupa. Dilansir dari kumparan.com, Megadeth tak hanya mengundang Jokowi seorang, tapi juga menawarkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk ikut hadir menyaksikan konsernya. Hal ini terlihat dari cuitan akun Twitter resmi mereka. Seperti yang kita tahu, Megadeth merupakan salah satu band yang paling sering didengarkan oleh Presiden Jokowi.

Pesona musik cadas memang bisa membius siapa saja yang mendengarkannya. Seperti sosok Presiden Jokowi di atas, sang kepala negara mengukuhkan dirinya sebagai pemimpin Indonesia yang lain daripada lainnya. Apalagi kalau bukan karena musik gahar yang jadi favoritnya. Let’s rock begin!!!