Bencana gempa dan tsunami yang mengguncang Palu dan Donggala memang memberikan efek yang luar biasa. Korban nyawa yang jatuh sudah nyaris ribuan orang. Sementara itu, kerugian materi belum bisa dihitung. Yang jelas, semua warga harus bersabar setelah kehilangan tempat tinggal dan harta benda mereka.

Harus ikhlas tinggal di balik tenda pengungsian bukanlah hal yang mudah. Terlebih, bantuan yang datang juga tak bisa dipastikan. Sulitnya medan menuju tempat pengungsian juga bikin para relawan tak bisa cepat sampai di tujuan. Di balik kisah pilu para korban bencana gempa dan tsunami, ada pula kisah keajaiban Tuhan. Seolah ingin menunjukkan kuasanya, Allah menunjukkan seorang balita yang baru ditemukan 2 minggu pasca gempa dalam keadaan selamat. Seperti apa kisahnya? Berikut ulasannya.

Awalnya dikira suara mistis

Sebelumnya, sempat viral video seorang relawan yang tengah membuat video kondisi terkini di Palu. Kondisinya begitu mengenaskan. Hanya ada tanah-tanah yang tidak rata. Relawan itu juga menjelaskan jika sebelumnya, lokasi tersebut adalah perumahan padat. Namun setelah diterjang tsunami, tak ada lagi rumah yang tersisa di sana. Beberapa saat kemudian, relawan tersebut menjelaskan jika ia mendengar suara anak-anak yang tengah menangis. Hal itu sontak membuat relawan merasa merinding. Bahkan netizen juga merasa jika hal itu memang merupakan hal mistis.

Akhirnya ditemukan dalam kondisi penuh lumpur

Sempat bikin orang merinding disko, namun pada akhirnya si bocah berhasil ditemukan. Balita tersebut ditemukan selamat meski dalam kondisi penuh lumpur. Ditemukannya bocah ini juga menjawab rasa takut warganet yang sebelumnya mengait-ngaitkan suara tangis di lokasi bencana sebagai suara mistis. Namun nyatanya, suara tangis tersebut memang benar dari korban yang berhasil selamat.

Dianggap ajaib karena bocah ini baru ditemukan setelah 2 minggu pasca tsunami

Team penyelamat [sumber gambar]
Ditemukannya bocah balita dalam keadaan selamat setelah dua minggu tentu saja bikin warga geger. Pasalnya, tak bisa dibayangkan bagaimana balita itu bisa bertahan hidup. Dibayangkan saja sulit. Kira-kira, apa yang dimakan si bocah selama dua minggu sebelum ditemukan? Seorang warga juga sempat mengabadikan momen tersebut dengan membuat video yang menunjukkan jika si anak masih sanggup berdiri, bahkan tidak terlihat lemas sama sekali. Benar-benar dianggap ajaib.

Belum jelas keadaan orangtuanya

Bocah korban tsunami Palu [sumber gambar]
Hingga saat ini, masih belum jelas siapa bocah tersebut dan dimana kedua orangtuanya. Seorang warga menjelaskan jika sampai saat ini belum ada kabar atau pencarian anak hilang. Sebab, desa tempat ditemukannya balita itu memang dalam kondisi yang tragis. Tanahnya mencair dan hanyut sampai 2 km ke bawah. Desa Petobo sudah tenggelam dan ditindas lumpur lagi dari atas. Hingga tak jelas, bagaimana kabar orangtua si balita tersebut.

Update klarifikasi tentang kejadian ajaib ini

 

Terkait video menggemparkan ini, banyak pihak yang mengatakan jika tayangan tersebut hoax. Pasalnya rasanya tidak mungkin bagi seorang bayi bisa bertahan selama itu, terlebih tanpa makan dan minum serta tertimbun oleh benda-benda. Setelah ditelusuri ternyata memang betul jika cerita yang beredar itu tidak benar. Kisah tentang diketemukannya memang sungguhan namun ternyata hanya selang sehari saja setelah bencana. Tapi bagaimana pun ini tetap membuat banyak orang merasa takjub.

Terlepas dari celetukan hoax terkait berapa lama sang bayi bertahan sampai diketemukan, tapi yang jelas kejadian tersebut adalah bukti kuasa Tuhan. Ya, ketika banyak orang dewasa yang secara fisik mampu untuk menghindar, sang bayi yang tak berdaya ini justru selamat. Semoga kejadian ini bisa kita ambil hikmahnya ya.