Resep Ayam Goreng Kremes untuk Lebaran

oleh Maya Galuh
11:29 AM on Jul 15, 2015

Mungkin Anda sudah bosan dengan menu-menu yang standar? Ayam goreng kremes bisa jadi pilihan. Remah-remah crispinya bikin ketagihan, ayamnya yang empuk cocok dimakan bersama apa saja. Apalagi jika disajikan dengan sambal goreng kentang hati ayam.

Resep ayam goreng kremes
Resep ayam goreng kremes [ImageSource]
Untuk Anda yang ingin membuat sajian dalam jumlah banyak tapi waktu terbatas, ayam goreng kremes bisa jadi pilihan lho. Apalagi saat masih hangat, sedap! Simak resepnya di bawah ini:
Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Bahan:
Bahan dan bumbu ayam goreng :
1 ekor ayam kampung utuh, potong menjadi 15 bagian kecil. Kemudian lumuri dengan perasan dari setengah buah lemon ukuran besar selama 15 menit.
1 batang serai, geprek.
Minyak goreng untuk menggoreng ayam
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
garam secukupnya
2 lembar daun salam
250 ml santan kental
750 ml air

Bumbu Halus:
4 cm lengkuas
4 cm jahe
1 sdt ketumbar
10 buah bawang merah
6 siung bawang putih
6 butir kemiri

Bahan Kremesan
100 ml kuah rebusan ayam berbumbu
70 gr tepung beras
100 ml santan kental
200 ml air

Langkah membuat:
1. Ulek bumbu-bumbu halus lalu tumis bersama dengan daun salam dan serai yang telah digeprek pipih.
2. Setelah tercium wangi, tuangkan air, santan, kaldu ayam bubuk dan garam. Aduk hingga merata dan bumbu tercampur.
3. Masukkan seluruh potongan daging ayam yang telah dibersihkan untuk diungkep. Biarkan hingga seluruh bumbu terserap sempurna, aduk sesekali saja.
4. Jika proses ungkep sudah selesai, tiriskan dan goreng hingga matang.

Langkah Membuat Kremes:
1. Campurkan seluruh bahan kremesan dan aduk rata. Kemudian tuangkan ke dalam minyak panas dan digoreng dalam api sedang.
2. Bolak-balik hingga tidak ada cipratan minyak dan kering sempurna. Tandanya, kremesan berwarna kuning keemasan.

Mungkin proses memasaknya agak rumit. Tapi itu semua sebanding dengan hasilnya. Sajikan bersama sambal tomat segar atau sambal bawang matang. Jika suka, tambahkan terong goreng atau penyetan tempe. Sedap!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules
BACA JUGA