4 Fakta Bajing Loncat, Penjarah Lincah yang Bikin Pengguna Jalan di Jakarta Ketar-Ketir

Warga Jakarta pasti nggak asing lagi dengan penjarah satu ini

oleh Nikmatus Solikha
15:00 PM on May 10, 2017

Bagi warga Jakarta, istilah ‘Bajing Loncat’ tentu sudah nggak asing lagi. Para preman tersebut bukan cuma sangar tampang doang, melainkan segala tindak tanduknya bikin warga pusing bukan kepalang. Keberadaan mereka kerap kali bikin pengguna Jalur Pantura pada was-was. Bagaimana tidak? Para kawanan Bajing Loncat sering sekali menjarah barang korban di lokasi tersebut.

Yang lebih seremnya lagi, untuk melancarkan aksinya mereka nggak segan menggunakan senjata tajam. Itu tuh yang bikin banyak supir lebih memilih pasrah saat barang bawaan mereka digondol. Selain perampok bengis, berikut ini adalah beberapa fakta tentang ‘Bajing Loncat’ yang jadi momok masyarakat Jakarta.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Paling sering beraksi di Jalur Pantura

Ada banyak lokasi tempat di mana para bajing loncat beraksi, namun kelompok ini paling sering beroperasi di Jalur Pantura. Mereka biasanya menyatroni truk besar yang membawa banyak muatan, seperti truk sembako, truk kayu atau kendaraan yang membawa barang berharga lainnya. Cara kerjanya sendiri adalah dengan mengikuti truk korban lantas meloncat dengan gesit ke atas truk.

Bajing Loncat [image source]
Saat itulah mereka akan mengancam sang supir truk dengan senjata tajam. Dengan demikian, mereka bisa langsung menggasak barang-barang bawaan korban. Biasanya, satu kelompok bajing loncat membawa truk besar untuk memindahkan barang curian.

‘Bajing Loncat’ sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu

Beragam profesi yang bisa dipilih di Jakarta, namun banyak juga orang-orang yang memilih preman penjarah. Sebut saja Solihin alias Ikin yang sudah sekitar seperempat abad menjalani profesi sebagai bajing loncat. Namun, rupanya pepatah yang mengatakan sepandai-pandainya tumpai melompat pasti akan jatuh juga bukanlah omong doang.

Kawanan bajing loncat sudah ada sejak puluhan tahun lalu [image source]
Terbukti kakek berusia 56 tahun tersebut berhasil dibekuk karena terjatuh saat beraksi. Saat ditangkap, Ikin mengaku jika ia menjadi bajing loncat sejak berusia 32 tahun. Hmm, puas juga nih jalani hidup jadi bajing.

Biasanya memanfaatkan bocah-bocah kecil

Mirisnya lagi, biasanya kelompok bajing loncat juga terdiri dari anak-anak kecil baik laki-laki maupun perempuan yang didalangi oleh satu atau lebih preman dewasa. Anak kecil berusia sekolah tersebut membagi tugas antara mengalihkan perhatian si pengemudi, membuka penutup truk, hingga menguras isi kendaraan korban. Kendaraan yang menjadi korban dari bocah-bocah ingusan ini biasanya adalah mereka yang tengah terjebak macet.

Salah satu aksi bajing loncat kecil yang tertangkap kamera [image source]
Sebelumnya, korban terlebih dahulu diintai oleh preman dewasa yang kemudian akan memberikan kode pada pasukan kecil untuk memulai aksi. Mereka biasanya tak pilih-pilih, apa saja yang memungkinkan akan diambil, seperti sembako, makanan ringan, dongkrak sampai ban bekas.

Nggak ada habisnya

Sejak beberapa tahun silam, polisi selalu melakukan pengejaran pada kelompok-kelompok bajing loncat. Namun nyatanya, keberadaan mereka masih saja ada hingga kini. Beberapa orang ditangkap, yang lainnya masih terus beraksi dengan sigap. Bahkan, kemungkinan para kawanan terus memperbaharui kualitas dengan merekrut orang-orang baru yang jago meloncat dan berani berani melakukan tindakan nekat.

Nggak ada habisnya [image source]
Keberadaan mereka menjadi momok tersendiri bagi para pekerja, terlebih mereka para supir yang mengangkut barang bawaan. Untuk itu, disarankan lebih baik menggunakan truk yang tertutup rapat seperti mobil box. Jika tidak ada, maka pastikan barang bawaan ditutup rapat hingga para penjarah akan kesulitan untuk mengambil barang-barang bawaan.

Jika bajing loncat memang sudah menjadi bagian dari Jakarta, maka lebih baik kita yang lebih berhati-hati. Berdoa sebelum berangkat bekerja, dan memastikan melalui jalan yang ramai, hingga para bajing loncat bakal mikir seribu kali jika nggak ingin diamuk massa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA