in

Jangan Dilakukan! Tidur Tengkurap Memiliki Efek Buruk Bagi Kesehatanmu

Setiap orang punya gaya tidur masing-masing. Mulai dari hadap kanan, kiri, telungkup sampai dengan tengkurap. Itu mereka lakukan bukan tanpa alasan, tapi karena sudah menjadi kebiasaan masing-masing sejak kecil.

Nah, salah satu gaya tidur yang paling sering digunakan adalah tengkurap. Beberapa orang melakukan gaya tersebut dengan alasan dapat memberikan kenyamanan untuk tubuh. Namun, apakah kalian tahu kalau sebenarnya tidur tengkurap itu tidak baik untuk kesehatan?

Dapat merusak pusat saraf pada tubuh

Merusak pusat saraf pada tubuh [Sumber Gambar]
Siapa yang menyangka kalau tidur dengan posisi tengkurap bisa menyebabkan berbagai macam bahaya. Salah satunya adalah bisa merusak pusat saraf di tubuh. Ini dikarenakan posisi tidur tengkurap dapat mengganggu aliran darah yang berisi oksigen ke arah pusat saraf otak. Kalau sudah begitu, pusat saraf akan mengalami penyumbatan dan aliran darah menjadi tersendat-sendat. Akibatnya, bisa menyebabkan kerusakan pusat saraf di bagian kepala. Hal tersebut dapat membuat cara berpikir seseorang menjadi lebih lamban daripada sebelumnya.

Sistem pernapasan menjadi terhambat

Nyeri dada saat bangun tidur [Sumber Gambar]
Meski tidur dengan posisi tengkurap itu mengenakkan, tapi ternyata dapat membuat sistem pernapasan terhambat. Hal ini bisa terjadi lantaran pada saat tidur tengkurap, lubang hidung tidak terbuka secara bebas akibat penyumbatan dari bantal. Alhasil, saluran pernapasan mendapat tekanan dan himpitan dari bobot tubuh yang tengkurap. Hal tersebut mengakibatkan dada terasa lebih berat dan menimbulkan nyeri ketika bangun dari tidur.

Ritme jantung menjadi terganggu

Ritem jantung tak beraturan [Sumber Gambar]
Kalau tidur dengan posisi tengkurap sudah dilakukan sejak lama, akan menimbulkan suatu efek kepada jantung. Adalah menyebabkan jaringan jantung terus menerus bekerja keras untuk memompa darah berisi oksigen yang akan disebarkan ke seluruh tubuh. Kalau hal tersebut terus menerus terjadi, kinerja jantung akan terganggu dan ritmenya tidak beraturan. Orang yang sudah mengalami hal seperti itu, akan merasakan sakit ketika sedang menarik napas panjang. Sehingga, bagi kalian yang merasakan ciri tersebut, hentikan tidur dengan posisi tengkurap mulai sekarang.

Bagian ulu hati menjadi tidak nyaman

Ulu hati menjadi tidak nyaman [Sumber Gambar]
Terlalu lama tidur dengan posisi tengkurap mengakibatkan bagian ulu hati menjadi tidak nyaman. Alasannya karena tengkurap membuat bagian tubuh terutama ulu hati posisinya menjadi terhimpit oleh badan kita. Sehingga, orang yang tidur dengan gaya tersebut akan lebih sering merasakan mual dan ingin muntah. Mungkin beberapa orang belum pernah merasakan hal ini, tapi tidak menutup kemungkinan kalau ini akan terjadi jika tidur dengan posisi tengkurap terus dilakukan.

Wajah terlihat tua meski umur masih muda

Akan muncul penuaan dini [Sumber Gambar]
Jika kalian masih saja tidur tengkurap, ada efek lain lagi yang akan diterima. Salah satunya adalah munculnya penuaan dini. Penuaan ini timbul karena tidur dengan posisi tengkurap dapat membuat aliran darah sekitar wajah menjadi tidak lancar. Bagian wajah yang menghimpit bantal akan meninggalkan jejak berupa kerutan dan garis-garis pada permukaan kulit muka. Bayangkan kalau kita masih umur 20an tapi wajah sudah seperti usia 50an, kan jadinya enggak kece badai lagi.

Kalau sudah tahu bahaya dari tidur tengkurap, jangan pernah untuk dilakukan lagi. Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan posisi tersebut, cari gaya tidur lain supaya lebih menyehatkan. Contohnya saja tidur dengan posisi menghadap kanan. Dengan gaya tidur seperti itu, dijamin kalian tidak akan merasakan efek samping buruk. Selain itu, tidur kalian akan jauh lebih berkualitas.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Barang Unik dari Jepang Ini Absurd Banget Sampai Bikin Kita Mikir Keras, Apa Faedahnya?

Bukan Inggris atau Tiongkok, Bangsa Inilah yang Dipercaya Pertama Kali Memainkan Sepak Bola