6 Cara Survive Mudik Naik Bus Atau Travel

oleh Maya Galuh
11:30 AM on Jul 15, 2015

Indonesia sangatlah luas, salah satu alat transportasi yang pasti ada di hampir seluruh kota yang ada di negara kita adalah bis. Selain jumlahnya yang sangat banyak, juga Anda bisa memilih jam keberangkatan lebih fleksibel daripada kereta api. Begitu juga dengan travel. Bahkan banyak yang mudik antar pulau juga menggunakan bus lho.

Tips mudik menggunakan bus
Tips mudik menggunakan bus [ImageSource]
Bagi Anda yang telah berencana untuk mudik menggunakan bus ataupun travel, tidak ada salahnya untuk menyimak tips-tips di bawah ini. Agar mudik lebaran lancar dan nyaman:
Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

1. Bis rawan terkena macet di jalan apalagi jika sudah sangat dekat dengan lebaran. Jadi Anda harus mempersiapkan mental agar jangan sampai emosi jika terjebak macet berkepanjangan.
2. Karena hal itu, Anda juga harus persiapkan stamina yang prima dan juga bekal makanan dan minuman yang cukup. Misalnya saja terjebak macet di jalur pantura hingga hampir satu hari penuh, Anda tentu tidak bisa seenaknya mampir beli makan bukan? Siapkan perbekalan yang memadai dan awet seperti roti dan jus buah kotak.
3. Bawalah bantal kecil jika diperlukan. Ini membantu untuk menyangga punggung agar tidak terlalu capek akibat duduk terlalu lama. Lakukan juga peregangan jika bis berhenti agar tubuh tidak kaku semua.
4. Jika membawa anak kecil, jaga kesehatan mereka ya. Anak-anak mudah sakit jika kecapekan dan juga jika mabuk perjalanan, cukup merepotkan. Tidak ada salahnya membawa persiapan jika sampai buah hati mengalami hal tersebut.
5. Naik bis atau travel sudah cukup capek jadi minimalisir membawa barang yang banyak luar biasa. Ini bisa disiasati dengan membawa baju-baju dari bahan yang ringan dan cocok digunakan di beberapa suasana. Serta bisa juga Anda cukup membawa sedikit saja dan sisanya beli di kota asal.
6. Jangan lupa untuk membeli tiket berangkat dan pulang dengan jam keberangkatan yang sesuai dengan kenyamanan Anda dan keluarga. Namun direkomendasikan memilih bis malam karena selain menghemat waktu (bisa digabung dengan jam tidur) juga kemacetan tidak terlalu menggila.

Sekian tips untuk transportasi umum darat via bis dan kereta api. Selanjutnya akan dikupas tuntas transportasi umum laut yaitu kapal, untuk Anda yang akan mudik ke luar pulau. Klik saja artikel berikutnya ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas
BACA JUGA