Categories: Olahraga

4 Bukti Para Atlet Indonesia Tidak Hanya Jago di Lapangan Namun Juga Selalu Ingat Tuhan

Bisa dibilang tanpa doa, kadang usaha bisa jadi hal yang sia-sia. Hal seperti itu sepertinya dipegang oleh beberapa atlet yang ada di Indonesia. Alih-alih terhanyut dalam kesibukannya latihan atau bertanding, rupanya mereka masih ingat untuk selalu minta izin pada sang maha kuasa.

Ya,beberapa kali kelakuan religius para atlet Indonesia itu sempat terekam oleh kamera. Mulai sholat berjamaah lah, selebrasi lah hingga datang saat ada undangan teman yang beragama lain. Bahkan sampai-sampai beberapa media dunia sempat dibuat kagum atas aksi-aksi tersebut. Berikut bukti sikap religius para atlet Indonesia yang telah mendunia.

Tidak pernah lupa untuk berdoa dan beribadah

Meskipun memiliki kewajiban membela tim atau klubnya, namun bukan berarti kalau para pemain ini harus meninggalkan kewajibannya dalam menjalankan ibadah dan berdoa. Seperti yang dilakukan oleh para punggawa timnas beberapa waktu yang lalu di mana sebelum pertandingan berlangsung semua pemain dan staf yang beragama muslim saling berjama’ah.

Tidak lupa sholat [image source]
Ternyata setelah ditelusuri kegiatan seperti ini selalu rutin dilakukan oleh para anggota timnas mengingat kadang tidak ada waktu buat mereka untuk pergi ke musholah atau masjid, alhasil sholat berjama’ah pun harus dilakukan di tempat seadanya semisal ruang ganti pemain dan lain-lain.

Selalu bersahabat pada mereka yang beda agama

Siapa sangka kalau keharmonisan antar umat beragama dapat ditemui dalam kehidupan para pemain sepak bola. Buktinya meskipun masing-masing memang memiliki keyakinan yang berbeda, namun satu sama lain saling menghormati. Contohnya saat PSM Makassar melakukan buka bersama, para pemain non-muslim juga datang ke sana untuk ikut buka bersama.

tetap berteman baik

Ya, semua itu dilakukan untuk juga menghormati para muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Pun demikian yang terjadi di luar negeri, contohnya saat Xavi Hernandes diundang oleh salah satu anggota timnya yang beragama muslim untuk aqiqah. Kalau melihat kejadian itu, bisa dibilang kalau sepak bola memang menyatukan para pemain yang berbeda.

Selebrasi “Pancasila” wujud dari kebhinekaan

Wujud toleransi beragama ternyata tidak hanya terjadi pada kehidupan sehari-hari para pemain bola, namun juga di lapangan hijau. Seperti yang dilakukan oleh pemain Bali United, di mana mereka sama-sama menunjukkan selebresi dengan masing-masing agama yang dianutnya. Alhasil selebrasi  toleransi ini sempat membuat heboh netizen bahkan sampai diliput oleh beberapa media asing.

selebrasi pancasila

Ternyata selebrasi serupa juga sering ditemui di club-club lain di Indonesia bahkan timnas juga pernah melakukannya. Hal ini pastinya menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi negara kita, apalagi mengingat semboyan Indonesia yang “Bihneka Tunggal Ika”, seolah selebrasi pemain itu telah membuktikannya.

Tetap menjalankan aturan agama meskipun sedang bertanding

Pada SEA Games Malaysia beberapa waktu yang lalu, salah satu atlet Indonesia sempat jadi sorotan netizen. Ya pasalnya salat satu pemain bulu tangkis kita Muhammad Ahsan menunjukkan sisi religius bahkan ketika bertanding di lapangan. Buktinya dirinya memakai seragam yang menutup aurat. Tidak hanya itu, bahkan dirinya juga memelihara jenggot serta minum dengan duduk seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.

Perilaku syari [image source]
Alhasil netizen Indonesia dibuat kagum akan sikap Muhammad Ahsan dalam menjaga syariat agamanya dimanapun berada.  Akhirnya dalam ajang kejuaraan terbesar di Asia tenggara itu, Muhammad Ahsan dan partnernya berhasil menyumbangkan satu medali perak untuk Indonesia.

Dari mereka kita belajar, para atlet yang mempunyai kesibukan dan tanggung jawab luar biasa saja masih menyempatkan diri mengingat Tuhan, masa kita nggak. Yang kembali lagi, tanpa izin dari Tuhan usaha kita mungkin juga akan berakhir sia-sia.

 

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

17 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago