Kabar mengenai Ratna Sarumpaet kembali menghiasi lini masa jagat maya. Setelah beberapa waktu lalu marah-marah karena mobilnya diderek, minta perlindungan Gubernur DKI Jakarta, hingga “berantem” dengan Rocky Gerung, kini ibunda Atiqah Hasiholan ini dikabarkan dikeroyok sekelompok orang di Bandung. Hal ini pun dibuktikan dengan foto babak belur wajahnya yang tersebar di media sosial.

Bahkan, dedengkot Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Fadli Zon, sempat menjenguknya ke rumah sakit, loh. Wajah Ratna Sarumpaet benar-benar hampir tak berbentuk, enggak ngerti lagi seberapa parah ia dikeroyok dan digebukin segerombolan orang. Kemarin, Prabowo Subianto juga melakukan konferensi pers, menyatakan bahwa Ratna Sarumpaet benar dikeroyok oleh sekelompok orang.

Ratna Sarumpaet dikeroyok [sumber gambar]
Hal ini pun menjadi membingungkan ketika Komisaris Besar Umar Surya Fana, Direktur Rekrese Kriminal Umum Polda Jawa Barat menyatakan tidak ada nama Ratna Sarumpaet di 23 rumah sakit Bandung, dikutip dari cnnindonesia.com. Sedangkan, menurut tempo.co, nama Ratna Sarumpaet juga tidak ada di 8 rumah sakit Cimahi. Lantas, ke manakah Ratna Sarumpaet pergi berobat? Dilansir dari thread twitter @PartaiSocmed, rupanya Ratna Sarumpaet pergi ke Rumah Sakit Khusus (RSK) Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat. Polisi pun melacak data perbankan Ratna Sarumpaet dan menemukan keterangan bahwa mertua Rio Dewanto ini melakukan transaksi debet di RSK Bina Estetika dari tanggal 20 hingga 24 September. RSK Bina Estetika sendiri merupakan rumah sakit khusus bedah, yang di pintu masuknya tertulis untuk bedah plastik dan umum.

Ratna Sarumpaet operasi plastik [sumber gambar]
Rupanya, penyebab wajah Ratna Sarumpaet tampak seperti orang habis digebukin adalah operasi plastik. Selama waktu yang tercatat dalam data kepolisian, ia melakukan operasi plastik di RSK Bina Estetika, Menteng, dan bukannya dikeroyok sekelompok orang di Bandung. Selama tanggal tersebut juga dilacak dari handphone-nya, ia masih berada di Jakarta, bukannya di luar kota. Baru saja, Ratna Sarumpaet pun mengakui kebohongannya. Dilansir dari tribunnews.com, ibunda Atiqah Hasiholan ini melakukan kebohongan karena ingin menutupi dari keluarga. Ia tak ingin lebam di wajahnya diketahui keluarga karena operasi plastik.

Hal ini pun membuat netizen kesal dan simpati kepada Atiqah Hasiholan serta Rio Dewanto. Hingga muncul tagar #SaveRioDewanto sebab netizen merasa selama ini Rio Dewanto selalu sabar dan tak banyak “bacot” ketika sang mertua sedang menghadapi sebuah isu tertentu. Diketahui, kolom komentar akun instagram pribadi Rio Dewanto juga dinonaktifkan semenjak beberapa hari terakhir. Hal ini merupakan tindakan bijak, sebab banyak netizen yang terus-menerus menyerangnya akibat ulang sang mertua.

Rio Dewanto nonaktifkan kolom komentar [sumber gambar]
Tagar #SaveRioDewanto di twitter juga diramaikan oleh sejumlah netizen yang enggak habis pikir dengan aksi Ratna Sarumpaet kali ini. @vitaee mencuit: “Kata Rio Dewanto: “apa cuma gue yang punya mertua kaya gini?” Netizen twitter lainnya malah rebutan untuk menyelamatkan Rio Dewanto dan menjadikannya sebagai mantu sang mama. @DesnaMonica malah membuat kesepakatan dengan @chevendetta, Rio Dewanto untuknya dan Atiqah Hasiholan untuk @chevendetta. Dengan beredarnya tagar ini, Rio Dewanto pun mendapatkan predikat menantu paling sabar saat ini. Sudah sabar, mapan, ganteng pulak! #eaaa

Kolom komentar di instagram Atiqah Hasiholan [sumber gambar]
Sementara Atiqah Hasiholan yang diketahui tengah menjalani syuting untuk film terbarunya juga tak banyak berkomentar. Berbeda dengan beberapa selebriti yang ikut nimbrung dengan masalah orang tua, Atiqah dan Rio Dewanto lebih memilih untuk menjaga jarak. Meski kolom komentar dalam akun instagram Atiqah tidak dinon-aktifkan seperti Rio Dewanto, ia telah membatasi jumlah followers yang bisa berkomentar di sana. Namun, bisa dilihat dalam foto di atas, top comment-nya saja sudah menyebutkan bagaimana tanggapan Atiqah mengenai ulang sang ibu. Di sisi lain, netizen benar-benar memikirkan bagaimana perasaan Atiqah sekarang. Pasalnya, isu yang membawa nama Ratna Sarumpaet bukan pertama kali dialaminya.

Ratna Sarumpaet dan keluarga anaknya [sumber gambar]
Melalui isu ini kita sebagai netizen bisa belajar untuk jangan dulu menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya. Kalau sudah terlanjur menyebarkan dan kebenaran yang terungkap tak sesuai, kan malu sendiri? Ya, semoga saja Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto masih bisa menyikapi netizen dengan cara yang elegan seperti sekarang. Sabar, eaaa qaqa. #SaveRioDewanto.