Berita tentang benda langit yang akan menabrak bumi seolah membuat para penghuni dunia jadi ketakutan sendiri. Sebab hantaman benda langit ke bumi seperti asteroid itu mampu membuat dunia hancur seketika. Apalagi ditambah dengan ukurannya yang cukup besar, bisa-bisa jadi kiamat kecil nih.

Nah, kabar tentang asteroid yang bisa menghantam bumi sewaktu-waktu ternyata bukan isapan jempol belaka. Di mana NASA telah meneliti dan menemukan beberapa asteroid yang kemungkinan besar akan bersentuhan dengan planet manusia. Apa saja ya asteroid yang dimaksud?

Asteroid 2002 NT7 yang kabarnya akan menghantam bumi di tahun 2019

Benda langit yang diperkirakan akan berkunjung ke bumi adalah Asteroid 2002 NT7. Asteroid yang ditemukan pada tanggal 5 Juli 2002 tersebut cukup membuat manusia khawatir karena kabarnya akan datang di Bulan Februari 2019 mendatang. Pernyataan ini semakin diperkuat dengan adanya sebuah artikel yang dimuat di Spacedaily pada 25 Juli 2002. Di sana dituliskan bahwa peneliti asal Inggris dan AS sudah memperkirakan jika asteroid berdiameter sekitar dua hingga empat kilometer tersebut akan menghantam bumi di 1 Februari 2019.

Asteroid 2002 NT7 [Sumber Gambar]
Tapi melihat berita ini beredar, NASA pun memberikan sebuah bantahan yang sangat meresahkan tersebut. Menurut NASA, 2002 NT7 menghantam bumi pada 2019 kemungkinannya sangat kecil. Sehingga hal ini tidak perlu dikhawatirkan oleh seluruh penduduk dunia, tutur Manajer Program Near-Earth Object untuk Jet Propulsion Laboratory NASA, Don Yeomans.

Asteroid super besar kemungkinan akan hantam bumi di tahun 2023

Beberapa tahun lagi dunia dikabarkan bertemu dengan asteroid yang ukurannya dua kali lipat lebih besar dari Lonceng Big Ben, London. Badan Antariksa Amerika Serikat berujar jika Asteroid yang dinamakan 2018 LF16 tersebut berpotensi menabrak bumi pada 8 Agustus 2023. Dilansir dari Mirror, apabila tabrakan ini benar-benar terjadi bisa menyebabkan kerusakan besar-besaran.

2018 LF16 [Sumber Gambar]
Alasannya karena benda langit tersebut memiliki kekuatan hingga 50 megaton yang setara dengan ledakan nuklir Tsar Bomba milik Uni Soviet. Akan tetapi, NASA juga memperkirakan kemungkinan asteroid menabrak bumi sangatlah rendah. Sebab, perkiraan populasi asteroid di tata surya agak kecil dan 90% di antaranya telah ditemukan.

Asteroid sebesar rumah diperkirakan menabrak bumi di tahun 2079

Sepertinya manusia harus bersiap dari sekarang karena kabarnya asteroid sebesar rumah akan hantam bumi di tahun 2079. Ya meskipun waktunya masih sangat lama, asteroid bernama 2012 TC4 tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi bumi.

2012 TC4 [Sumber Gambar]
Menurut Rudiger Jehn seorang analis di Badan Antariksa Eropa, jika asteroid di tahun 2079 benar-benar menabrak bumi bisa mengakibatkan banyak korban berjatuhan dan gedung-gedung rusak. Peristiwa tersebut digadang-gadang akan lebih parah dari tabrakan asteroid yang terjadi di Kota Chelyabinsk, Rusia di tahun 2013 lalu. Dari kejadian tersebut, ada 1500 orang terluka dan 7ribu lebih bangunan mengalami rusak parah.

BACA JUGA : 5 Hal Mengejutkan ini Akan Terjadi Jika Asteroid Tak Menghancurkan Bumi dan Dinosaurus Tidak Punah

Deretan asteroid yang disebutkan di atas memang cukup membuat kita khawatir. Di samping ukurannya yang sangat besar, benda langit tersebut dapat membuat kiamat sementara bagi planet kita. Tapi, sebaiknya kita tidak perlu takut akan hal ini lantaran NASA pastinya sudah memikirkan segala cara untuk menghalau asteroid jika benar-benar datang.