Kasus pelecehan seksual yang dialami oleh Via Vallen tampaknya masih belum reda. Hal ini bahkan membuat media sosial instagram sempat down beberapa menit akibat serangan Vyanisty—panggilan untuk fans Via Vallen kepada oknum yang ditudingnya sebagai pelaku (dagelan netizen, sih). Sebab kasus ini dibicarakan oleh banyak orang, hingga akun-akun gosip, ada beberapa artis yang mulai angkat bicara.

Mereka kebanyakan perempuan yang juga mengerti bagaimana perasaan Via Vallen ketika diperlakukan seperti itu. Ada yang mengirimkan dukungan moral kepadanya, namun, tak sedikit juga dari mereka yang mengatakan aksi Via Vallen terkesan sedikit lebay. Dari sekian banyak artis di Indonesia, Ernest Prakasa, Gita Savitri Devi, Nikita Mirzani, Melly Bradley, Sandra Olga, serta DJ Dinar Candy berani buka suara terhadap kasus tersebut.

1. Ernest Prakasa, menentang mereka yang malah menyerang Via Vallen

Ernest Prakasa Buka Suara Soal Via Vallen [sumber gambar]
Stand-up comedian sekaligus sutradara dengan guyonan yang khas ini juga buka suara untuk Via Vallen. Melalui akun twitter pribadinya (@ernestprakasa) ia menyatakan “Orang2 yg menyerang Via Vallen sama aja melestarikan pelecehan. Kita seharusnya mendukung korban yg berani bicara, bukan justru membuat mereka lantas memilih diam!” Hal ini ditulis Ernest karena banyak sekali netizen yang menanggapi bahwa kasus Via Vallen ini hanya sekedar pencitraan dirinya terhadap publik.

2. Gita Savitri Devi, alami kejadian serupa

Gitasav Buka Suara Soal Via Vallen [sumber gambar]
YouTuber sekaligus influencer para wanita, Gita Savitri Devi juga berpendapat serupa. Ia—yang baru-baru ini juga mengalami pelecehan seksual oleh fake account dan kasusnya menjadi viral di media sosial menyatakan “buat wanita yang pernah kena sexual harassment, apapun levelnya, maupun wanita yang tidak pernah kena sexual harassment, aku harap mereka bisa lebih berempati lagi. Harusnya sesama wanita itu men-support, bukan saling maki, harusnya wanita itu ngebela wanita lainnya. Apalagi jika wanita (yang jadi korban) itu sedang meminta keadilan dan meminta dilindungi,” dikutip dari wolipop.detik.com.

3. Nikita Mirzani, “that’s so lebay, you know”

Nikita Mirzani [sumber gambar]
Berbeda dengan Ernest maupun Gita, Nikita Mirzani justru memiliki pendapat yang berseberangan. Dilansir dari grid.id, ia menyatakan sudah sering mendapat pelecehan seksual karena tak jarang dirinya mengenakan pakaian seksi ketika tampil di acara televisi. “Dilecehkan (kalau) dipegang, baru, kalau cuma kaya gitu (dikirimi DM berisi text untuk mengajak tidur bersama) itu biasa lah ya, namanya juga laki-laki. Tapi kalau menurut gue, that’s so lebay, you know.”

4. Melly Bradley, “harusnya kamu bersyukur”

Melly Bradley Buka Suara Soal Via Vallen [sumber gambar]
Sama seperti Nikita Mirzani, Melly Bradley juga memiliki pendapat serupa. Meski berstatus sebagai transgender dan dikenal publik melalui polemiknya dengan Lucinta Luna, ia toh berani mengungkapkan opininya terhadap pelecehan seksual yang menimpa pedangdut nomor satu di Indonesia itu. Melly menyarankan bahwa harusnya jika memang Via tidak suka dengan perlakuan pesepakbola tersebut, ia tinggal nge-block akun instagram yang bersangkutan dan tak usah diumbar ke media sosial. “Harusnya kamu malah bersyukur, sayang, di-dm oleh pesepakbola ganteng dan terkenal,” ujar Melly Bradley, dikutip dari grid.id.

5. Sandra Olga, memberikan dukungan pada Via Vallen

Sandra Olga Buka Suara Soal Via Vallen [sumber gambar]
Sesaat setelah Via mengunggah curhatannya lewat instagram story, ia kembali mengunggah foto dirinya dengan caption “don’t judge me! You know my name, but not my story,” yang berarti “jangan menilaiku, kau hanya tahu namaku tapi bukan ceritaku.” Hal ini lalu ditanggapi oleh presenter bola, Sandra Olga. Ia ikut membubuhkan komentar yang berisi dukungan, “not only you. Send my flower to you,” yang diartikan sebagai “tak hanya kamu, kukirimkan bunga untukmu.” Netizen pun berspekulasi bahwa Sandra Olga juga merupakan korban dari pesepakbola yang melakukan pelecehan terhadap Via Vallen.

6. DJ Dinar Candy, curhat malam sebelumnya sempat video call dengan sang pesepakbola

DJ Dinar Candy Buka Suara Soal Via Vallen [sumber gambar]
Seperti yang sudah beredar luas, kemungkinan besar pesepakbola yang dimaksud Via Vallen adalah Marko Simic yang bermain untuk klub Persija, Jakarta. Hal ini pun membuat DJ Dinar Candy mengungkap sebuah fakta baru. Bahwasanya, malam sebelum Via Vallen mengunggah instagram story, ia tengah melakukan video call dengan Simic dan bahkan mengunggah screenshot kontaknya. Hal ini pun membuat DJ Dinar Candy geleng-geleng kepala.

Rupanya, sebagai artis pun 6 public figure di atas masih masuk kategori netizen di mana mereka bisa menyatakan opini sebebas mungkin. Memang ada yang mendukung aksi Via Vallen mengunggah curhatannya di instagram story, tetapi ada pula yang menentangnya dan berpendapat bahwa hal tersebut cukup lebay untuk dilakukan. Nah, kalau menurut Sahabat Boombastis sendiri, bagaimana tanggapan kalian mengenai kasus pelecehan seksual Via Vallen ini?